Quantcast
Mobile GadgetKolomNewsPilihanSmartphone

[Exclusive] Tren Smartphone di Tahun 2021 Menurut realme Indonesia

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat, termasuk bagi semua brand smartphone di Indonesia. Salah satunya adalah realme yang mengakhiri tahun 2020 dengan prestasi cemerlang. Meski menjalani tahun yang amat berat dengan adanya pandemi COVID-19, realme Indonesia tidak pernah ragu dalam meluncurkan produk terbaru dan hampir selalu mendapat sambutan yang amat positif dari masyarakat.

realme C17 Lake Green 5

Lalu, apa sebenarnya rahasia realme di tahun 2020 dan bagaimana rencana mereka dalam mengawali tahun 2021? YANGCANGGIH.COM berkesempatan melakukan tanya jawab jarak jauh dengan Palson Yi selaku Marketing Director realme Indonesia, untuk membahas lebih dalam mengenai hal tersebut.

Palson Yi Marketing Director realme Indonesia 2
Palson Yi – Marketing Director realme Indonesia
1. Tahun 2020 merupakan tahun yang menantang. Apa saja yang dilakukan realme di Indonesia untuk tetap menjaga momentum penjualan realme di Indonesia? Teknologi & produk penting apa yang sudah dirilis realme di tahun 2020?

realme sebagai Merek Favoritnya Anak Muda memahami bahwa banyak anak muda yang menahan diri dari rencana awal. Di akhir tahun 2020 ini, berita tentang vaksin-pun sudah mulai terdengar. Hal itu lah yang mendasari mengapa realme ingin membagikan pesan “The Best is Coming” untuk senantiasa memiliki mindset positif dan selalu mengharapkan yang terbaik.

Bagaimana realme mengatasi situasi:

  • Secara cepat menyesuaikan kebiasaan baru pelanggan, yaitu berbelanja secara online dengan mengoptimalkan e-commerce, layanan belanja dari WhatsApp dan callme Service untuk memperbaiki unit realme yang rusak dari rumah.
  • Secara cepat menyesuaikan strategi pemasaran dengan melakukan peluncuran produk secara online dan menyesuaikan materi pemasaran yang berfokus pada visual sehingga mudah menarik perhatian.
  • Tetap menawarkan produk trendsetting technology dan trendsetting design dengan harga terbaik di setiap segmen. Di tahun 2020, realme berhasil menghadirkan 65W SuperDart Charge di kisaran harga Rp 3 jutaan, merupakan langkah berani di tengah kondisi saat ini yang cukup menantang.
  • Terkait acara tahunan bersama para penggemar, kami dengan cepat menyelenggarakan #realmeVirtualFanFest 2020 di Zoom beralih dari yang sebelumnya secara offline.
realme 7 pro superdart
realme 7 Pro dengan 65W SuperDart Charge

Kami juga berhasil mempertahankan posisi sebagai Top 5 smartphone brand di Indonesia dengan pangsa pasar 14% di tengah kondisi yang tidak menentu. Karena kami mengikuti aturan ini:

  • Produk. Kami menghadirkan berbagai produk baik perangkat smartphone maupun AIoT yang selaras dengan filosofi produk kami, yakni trendsetting technology dan trendsetting design, serta mengikuti beberapa saran lainnya dari realme Fans. Karena sebelum meluncurkan suatu produk, biasanya kami melakukan penelitian dengan melibatkan penggemar tentang spesifikasi apa yang mereka harapkan pada smartphone realme mendatang dan kami berusaha mewujudkannya.
  • Harga. Produk-produk dengan trendsetting technology dan trendsetting design tersebut kami rumuskan sedemikian rupa untuk mencapai harga yang paling terjangkau bagi anak muda di Indonesia.
  • Promosi. Untuk menunjang harga, kami mengadakan banyak sekali kampanye seperti realme untuk Pelajar guna memfasilitasi belajar dari rumah, realme Carnival untuk menyambut festival belanja online, realme Crazy Flash Sale setiap hari selasa di website realme.com/id.
  • Tempat. Kami memperluas saluran penjualan secara online dan offline. Secara online, realme official store ada di hampir semua platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, Blibli, Akulaku dan Tokopedia. Sedangkan secara offline kami mengelola 15 gerai eksklusif realme dan 1700 point of sales di seluruh Indonesia dan kami menargetkan memiliki 100 gerai eksklusif di tahun 2021.
realme Watch S 1
realme Watch S

Karena di tahun 2020 ini realme memasuki era AIoT, kami secara agresif memperkenalkan produk AIoT mulai dari smart audio, smart wearable hingga smart TV. Ini adalah 3 dari 4 tahapan strategi produk AIoT kami (1 + 4 + N) yang terdiri dari:

  • 1 Core/Inti: Bagi kami, smartphone selalu menjadi inti dari seluruh portofolio produk kami dan akan menjadi pusat utama ekosistem AIoT realme. Jadi, semua produk AIoT kami akan terhubung dan dapat diakses oleh smartphone realme melalui Aplikasi realme Link.
  • 4 Smart Hubs: Ide ini adalah untuk membantu konsumen mengelola dan mengontrol lebih banyak produk AIoT bersama dengan smartphone. Oleh karena itu, kategori ini telah dibagi menjadi sub-kategori lainnya seperti Smart Audio, Smart Wearable, Smart TV dan Smart Speaker.
  • Smart Audio (realme Buds Air, realme Buds Air Neo, realme Buds Q, realme Buds Air Pro). realme Buds Air, merupakan produk AIoT pertama yang dibawa oleh realme ke Indonesia yang dilengkapi dengan ENC dan ditawarkan dengan harga yang menarik. Terbukti dengan rekor penjualan 10.000 unit dalam 5 menit di bulan Januari. Kemudian sebagai brand tech trendsetter, realme menghadirkan realme Buds Air Pro dengan fitur ANC seharga Rp 1 jutaan ke Indonesia. realme Buds Air Pro digemari anak muda karena teknologi ANC yang biasanya hadir di TWS mahal kini ditawarkan di segmen harga Rp 1 jutaan. Selain ANC, realme Buds Air Pro juga dibekali Transparency Mode. Jika ANC dimaksudkan agar lebih kedap terhadap suara, saat mode transparansi diaktifkan, ANC secara cerdas akan memasukkan sedikit suara sehingga pengguna tetap dapat mendengar suara di sekitarnya. Produk ini mencatatkan rekor penjualan sebagai Best-Selling Smart Audio AIoT berdasarkan GMV dan unit yang terjual pada 11.11 di Shopee.

Dua opsi warna realme Buds Air Pro

  • Smart Wearable (realme Band, realme Watch, realme Watch S). Semua perangkat pintar yang dapat digunakan dari realme ini mencakup fungsi pemantauan detak jantung dan oksigen dalam darah serta pengingat minum dan bergerak. Namun di realme Watch S, selain fungsi utamanya, bentuknya yang bulat memberikan kesan trendi, juga terdapat 16 mode olahraga untuk menemani pengguna berolahraga. realme Watch S mencatatkan rekor penjualan sebagai Best-Selling Smart Wearable AIoT pada 11.11 berdasarkan GMV dan unit yang terjual pada 11.11 di Shopee
  • Smart TV. realme Smart TV secara mengejutkan mendapat sambutan hangat dari anak muda di Indonesia berkat spesifikasi mumpuni dengan harga terbaik di segmennya. Terbukti dengan catatan rekor penjualan realme Smart TV yang terjual 1000 unit pada bulan Agustus dan hingga saat ini pelanggan masih mencari realme Smart TV.
    oSmart Speaker. Nantikan detail selengkapnya tentang kategori ini

Produk N AIoT: Huruf ‘N’ di sini mewakili komitmen realme untuk menghadirkan banyak produk AIoT dan gaya hidup baru bagi para penggemar kami, termasuk berbagai aksesoris mulai dari realme Smart Cam 360°, realme electric Toothbrush, realme Adventurer Backpack, realme Adventurer Luggage dan realme Power Bank 2i.

Palson Yi Marketing Director realme Indonesia 3

Selama tahun 2020, kami telah meluncurkan 16 smartphone dan 14 perangkat AIoT sesuai rencana. 16 smartphone tersebut berasal dari empat segmen produk antara lain:

  • C Series merupakan Entry-level King dengan baterai besar, memori lega, dan layar lebar dan menjadi produk paling populer karena harganya yang terjangkau, namun tetap dilengkapi dengan trendsetting technology di segmennya.
  • narzo Series yang berfokus pada smartphone hiburan dan penjualan secaran online yang menargetkan pengguna smartphone yang lebih muda dengan performa cepat dan fitur hiburan yang baik seperti kamera, kualitas suara, tampilan layar yang nyaman, serta trendsetting design.
  • Number Series merupakan yang produk terpopuler dengan trendsetting technology dan trendsetting design serta harga yang kompetitif sebagai produk andalannya anak muda.
  • X Series adalah flagship andalan kami dengan menghadirkan semua yang terbaik di dalamnya, seperti chipset, pengisian cepat, kamera, tampilan layar, fitur, dan trendsetting design.
2. realme juga mengeluarkan produk AiOT. Bisa diceritakan lagi di 2020 AiOT realme dan apa tren di 2021 untuk AiOT?

Strategi realme di tahun 2020 selain menghadirkan trendsetting technology dan trendsetting design melalui smartphone adalah secara bertahap memperkenalkan produk AIoT dengan Strategi 1 + 4 + N yang akan membantu kami meningkatkan portfolio produk smartphone dan AIoT kami dalam berbgai skenario, yaitu personal, family and travel. Produk AIoT yang kami luncurkan tahun ini mulai dari smart audio, smart wearable hingga smart TV. 3 dari 4 tahapan dari strategi produk AIoT telah diluncurkan pada tahun 2020, yaitu:

1 Core/Inti: Bagi kami, smartphone selalu menjadi inti dari seluruh portofolio produk kami dan akan menjadi pusat utama ekosistem AIoT realme. Jadi, semua produk AIoT kami akan terhubung dan dapat diakses oleh smartphone realme melalui Aplikasi realme Link.

realme narzo 20 Pro White Knight 4

4 Smart Hubs: Ide ini adalah untuk membantu konsumen mengelola dan mengontrol lebih banyak produk AIoT bersama dengan smartphone. Oleh karena itu, kategori ini telah dibagi menjadi sub-kategori lainnya seperti Smart Audio, Smart Wearable, Smart TV dan Smart Speaker.

  • Smart Audio (realme Buds Air, realme Buds Air Neo, realme Buds Q, realme Buds Air Pro).

realme Buds Air, produk AIoT pertama yang dibawa oleh realme ke Indonesia yang dilengkapi dengan ENC dan ditawarkan dengan harga yang menarik. Terbukti dengan rekor penjualan 10.000 unit dalam 5 menit di bulan Januari. Kemudian sebagai brand tech trendsetter, realme menghadirkan realme Buds Air Pro TWS dengan fitur ANC seharga Rp 1 jutaan ke Indonesia. realme Buds Air Pro digemari anak muda karena teknologi ANC yang biasanya hadir di TWS mahal kini ditawarkan di segmen harga Rp 1 jutaan. Selain ANC, realme Buds Air Pro juga dibekali Transparency Mode. Jika ANC dimaksudkan agar lebih kedap terhadap suara, saat mode transparansi diaktifkan, ANC secara cerdas akan memasukkan sedikit suara sehingga pengguna tetap dapat mendengar suara di sekitarnya. Produk ini mencatatkan rekor penjualan sebagai Best-Selling Smart Audio AIoT berdasarkan GMV dan unit yang terjual pada 11.11 di Shopee.

  • Smart Wearable (realme Band, realme Watch, realme Watch S).

Semua perangkat pintar yang dapat digunakan dari realme ini mencakup fungsi pemantauan detak jantung dan oksigen dalam darah serta pengingat konsumsi air putih dan bergerak. Namun di realme Watch S, selain fungsi utamanya, bentuknya yang bulat memberikan kesan trendy, juga terdapat 16 mode olahraga untuk menemani pengguna berolahraga. realme Watch S mencatatkan rekor penjualan sebagai Best-Selling Smart Wearable AIoT pada 11.11 berdasarkan GMV dan unit yang terjual pada 11.11 di Shopee.

realme smart tv 2

  • Smart TV.

realme Smart TV secara mengejutkan mendapat sambutan hangat dari anak muda di Indonesia berkat spesifikasi mumpuni dengan harga terbaik di segmennya. Terbukti dengan catatan rekor penjualan realme Smart TV yang terjual 1000 unit pada bulan Agustus dan hingga saat ini pelanggan masih mencari realme Smart TV.

  • Smart Speaker.

Nantikan detail selengkapnya tentang kategori ini

Produk N AIoT: Huruf ‘N’ di sini mewakili komitmen realme untuk menghadirkan banyak produk AIoT dan gaya hidup baru bagi para penggemar kami, termasuk berbagai aksesoris mulai dari realme Smart Cam 360°, realme electric Toothbrush, realme Adventurer Backpack, realme Adventurer Luggage dan realme Power Bank 2i.

Ambisi realme untuk produk AIoT adalah mempopulerkan AIoT dan menjadi merek AIoT No. 1 di Indonesia. Itulah mengapa kami secara agresif memperkenalkan lebih banyak portofolio pada tahun 2021.

Portofolio AIoT kami juga akan menghadirkan beberapa peningkatan dalam skenario pengguna personal, family, dan travel, dan saya berjanji kepada Anda, kami akan memiliki produk yang lebih menarik di masa mendatang. Kami akan memiliki perangkat smart wearable untuk olahraga, kami juga akan memiliki smart audio generasi kedua dan produk smart home yang menurut saya sangat menarik. Jadi, stay tuned!

Palson Yi Marketing Director realme Indonesia 1

 

3. Apa saja tren smartphone 2021 menurut realme dan ada teaser apa nih untuk 2021?

Karena berita tentang 5G sudah semakin dekat, kami masih berhubungan erat dengan pembuat chipset dan operator untuk untuk membantu mempercepat uji coba jaringan 5G di sini. Dalam hal kesiapan produk, kami sangat siap untuk memfasilitasi stakeholder dengan solusi 5G kami yang terjangkau.

Tren lain di tahun 2021 adalah kami yakin industri smartphone akan bangkit kembali setelah dihantam berbagai tantangan di tahun 2020. Menemukan kemampuan baru dalam hal fotografi dan pengisian cepat adalah dua fitur penting. Tak lupa menyebutkan ambisi realme untuk menjadi Top 3 Smartphone Brand di Indonesia.

Dalam hal AIoT, kami secara cepat akan memperkenalkan perangkat AIoT yang lebih canggih di mana smartphone akan menjadi inti yang menghubungkan produk AIoT dengan aplikasi realme Link.

Back to top button