Quantcast
ReviewKomputerLaptop

Review MSI Modern 14 B10R

Laptop Penunjang Produktivitas untuk Pengguna dengan Mobilitas Tinggi

MSI Modern 14 B10r 3
7.5
Cek Harga

MSI memiliki sebuah kategori laptop yang menarik untuk para profesional yang selalu mobile, yakni Business & Productivity. Salah satu produk andalannya yang telah hadir di Indonesia adalah MSI Modern 14 B10R. Karena ditujukan sebagai perangkat penunjang bisnis dan produktivitas, tentunya Anda bisa berharap akan mendapatkan performa yang oke, desain yang elegan, serta dimensi dan bobot yang ideal untuk bekerja secara mobile.

Ya, beberapa poin itulah yang coba ditawarkan oleh MSI Modern 14 B10R. Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami di artikel review kali ini!

Desain MSI Modern 14 B10R

Seperti disebutkan di atas, sebagai laptop kelas bisnis dan penunjang produktivitas, tentunya MSI Modern 14 B10R wajib tampil menawan. Faktanya memang demikian. Laptop ini mengusung material aluminium dengan build quality yang amat baik dan premium.

MSI Modern 14 B10R Bluestone 5

Desainnya juga minimalis dan elegan dengan hanya menyertakan ornamen seperlunya saja, misalnya logo MSI di bagian belakang yang tidak terlalu kentara pada varian warna Bluestone. Begitu dibuka, Anda akan mengetahui bahwa engsel pada MSI Modern 14 B10R akan mengangkat sedikit bodinya, sehingga tidak menempel sepenuhnya ke permukaan. Engsel ini juga memungkinkan untuk membuka layar hingga 180 derajat.

Perlu diketahui bahwa selain warna Bluestone yang kami ulas di sini, MSI juga menyediakna varian warna Onyx Black. Selain itu, bodi kokoh dari MSI Modern 14 B10R telah mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810G berstandar militer, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal durabilitasnya.

MSI Modern 14 B10R Bluestone 3

MSI Modern 14 B10R tampil modern dengan bodi yang tipis dan ramping. Bobotnya juga cukup ideal untuk dibawah bepergian, yakni hanya 1,29 kilogram saja dengan ketebalan 16,9mm. Anda yang berprofesi sebagai pebisnis atau kreator konten bisa mengandalkan laptop ini untuk bekerja kapanpun dan di manapun.

Sedikit membahas keyboard, MSI Modern 14 B10R mampu memberikan kenyamanan dan akurasi yang cukup menyenangkan saat digunakan untuk mengetik dalam durasi yang lama dan kecepatan sedang. Keyboard ini memiliki key travel 1.5mm, serta telah didukung tiga level backlit untuk mendukung bekerja di tempat yang agak gelap.

MSI Modern 14 B10R Bluestone 2

Untuk kelengkapan port, MSI Modern 14 B10R memiliki dua buah port USB 2.0 di sebelah kanan bersama dengan audio jack combo 3.5mm. Sementara di sisi sebelah kiri, selain port untuk charging ada juga port HDMI, USB 3.2 Gen 2 Type-C, dan microSD card reader. Sistem keamaan seperti sensor sidik jari? Sayangnya belum ada.

MSI Modern 14 B10R Bluestone 4

Layar MSI Modern 14 B10R

Lini laptop dengan layar IPS-level 14 inci Full HD ini diklaim mampu menyajikan reproduksi warna mendekati 100 persen sRGB. Ya, IPS-Level. Artinya bukan IPS, tapi mampu menghasilkan kualitas yang kurang lebih setara dengan IPS. Akurasi warnanya juga amat baik.

Dengan penawaran seperti itu, wajar jika MSI Modern 14 B10R ideal untuk mendukung kebutuhan pekerjaan seperti editing foto maupun video. MSI pun tidak lupa membenamkan teknologi True Color garapannya yang memungkinkan kehadiran beberapa mode berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

MSI Modern 14 B10R Bluestone 1

Selain bisa dibentangkan hingga 180 derajat (flip-n-share), bezel di sekeliling layar juga tampak cukup tipis dengan rasio screen-to-body nyaris 90 persen, dan masih menyisakan sedikit ruang untuk menampung webcam 720p di sebelah atas. Fitur flip-n-share sendiri semakin menarik dengan menekan F12 yang akan merotasi tampilan layar 180 derajat. Fitur yang ideal untuk Anda ketika ingin mempresentasikan sesuatu ke klien atau rekan kerja.

Performa MSI Modern 14 B10R

Beralih ke urusan performa, varian Modern 14 B10R yang kami review kali ini mengusung prosesor Intel Core i5-10210U, yang ditemani kartu grafis Nvidia GeForce MX330 2GB GDDR5. Selain itu, Anda juga akan menemukan RAM 8 GB DDR4 dan storage berkapasitas 512 GB NVMe PCIe SSD. Meski RAM hanya satu slot (single-channel), Anda bisa melepas memori bawaannya dan upgrade ke yang lebih baik.

PCMark 10 2

Kombinasi hardware yang bisa dibilang standar saja, tapi tentunya tetap dapat diandalkan dalam menunjang berbagai kebutuhan pekerjaan dengan tuntutan komputasi yang ringan hingga sedang. Yang pasti, MSI Modern 14 B10R terasa begitu responsif dan cukup gesit. Storage kencangnya amat membantu memberikan pengalaman penggunaan yang mengasyikkan untuk menemani pekerjaan kami.

Crystaldiskmark Copy

Ketika diajak bekerja yang lebih intens, misalnya untuk editing foto atau video menggunakan software seperti Adobe Photoshop dan Premiere Pro, MSI Modern 14 B10R masih lumayan oke berkat MX330. Jelas tidak bisa disejajarkan dengan laptop yang memang dirancang khusus untuk kreator konten, tapi setidaknya masih ideal untuk editing ringan.

Perlu diketahui bahwa MSI Modern 14 B10R dibekali software bernama Creator Center garapan MSI sendiri. Dari software ini, Anda bisa mengubah mode performa mulai dari High Performance untuk kinerja maksimal, Balanced, Silent (cocok untuk penggunaan di tengah meeting), dan Super Battery (paling irit daya).

MSI Creator Center

Untuk gaming? Keberadaan MX330 memungkinkan Anda untuk memainkan game-game yang tidak terlalu berat seperti Counter Strike: Global Offensive dan DOTA 2, dengan frame rate yang tinggi (tergantung setting grafis) dan stabil. Jadi ketika sedang jenuh saat mengerjakan sesuatu, Anda bisa rehat sejenak dan menghibur diri dengan bermain games.

Satu hal yang juga kami sukai, selama pengujian kami merasa MSI Modern 14 B10R merupakan laptop yang cukup senyap dengan manajemen suhu yang juga bagus. Sistem pendinginnya mampu menyebarkan panas dengan baik sehingga tidak terjadi peningkatan suhu yang berlebihan di titik-titik tertentu.

Soal baterai, MSI Modern 14 B10R dijanjikan dapat menyala selama 10 jam. Pada pengujian yang kami lakukan, ketika digunakan untuk menemani bekerja secara casual (bukan yang menuntu kinerja berat), laptop ini dapat bertahan sekitar 7-8 jam. Waktu charging-nya sekitar 2,5 jam untuk dapat terisi penuh.

MSI Modern 14 B10r 3

Kesimpulan

MSI Modern 14 B10R merupakan laptop yang cukup menarik di kelasnya. Perpaduan desain yang ringkas dan menawan dengan performa yang bisa diandalkan menjadikannya sebagai perangkat yang memadai untuk Anda yang mobilitasnya selalu tinggi.

Bagi para kreator konten yang tidak terlalu membutuhkan raw performance super tinggi, laptop ini juga bisa dijadikan pilihan karena dari segi harga juga kompetitif. Bahkan, untuk kebutuhan hiburan pun cukup menyenangkan. MSI Modern 14 B10R dijual di angka Rp11.999.000 (garansi 2 tahun), lengkap dengan OS Windows 10 Home.

Kelebihan MSI Modern 14 B10R:

  • Desain elegan, ramping, dan cukup ringan
  • Kualitas rancang bangun amat baik, berstandar militer MIL-STD-810G
  • Tampilan layar oke dengan sRGB 100 persen
  • Performa memadai untuk pekerjaan ringan hingga sedang
  • Kinerja sistem pendingin cukup baik
  • Storage kencang, SSD 512 GB
  • Keyboard nyaman

Kekurangan MSI Modern 14 B10R:

  • Akan lebih menarik jika mendukung RAM dual-channel
  • Port USB Type-A masih 2.0
  • Belum ada sistem pengaman seperti sensor sidik jari

MSI Modern 14 B10R ideal untuk: Pebisnis. Para profesional atau kreator konten yang sering bekerja secara mobile. Mahasiswa.

MSI Modern 14 B10R kurang ideal untuk: Gamer yang ingin memainkan judul-judul AAA. Kreator konten yang membutuhkan perangkat untuk editing video berat.

SpesifikasiMSI Modern 14 B10R
LayarIPS-level 14 inci Full HD
Prosesorhingga Intel Core i7-10510U
Kartu GrafisNVIDIA GeForce MX330
Storage512 GB NVMe PCIe SSD
RAM8 GB DDR4
KonektivitasIntel Wireless-AC 9560 (2*2 a/c) + BT5
Port1x USB-C 3.2 Gen2, 2x USB-A 2.0, 1x HDMI, 1x MicroSD Card (UHS-I), 1x Audio Combo Jack
Sistem OperasiWindows 10 Home
WarnaBluestone dan Onyx Black

 

MSI Modern 14 B10r 3
MSI Modern 14 B10R
Perpaduan desain yang ringkas dan menawan dengan performa yang bisa diandalkan menjadikannya sebagai perangkat yang memadai untuk para pengguna yang mobilitasnya selalu tinggi.
7.5
Cek Harga

Artikel terkait

Back to top button