Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G)

Performa tinggi yang ditawarkan laptop gaming membuatnya tidak hanya ideal sebagai perangkat untuk bermain semata, tetapi juga untuk kebutuhan yang lebih serius seperti kreator konten. ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G) melihat potensi pasar tersebut dan tampil sebagai laptop gaming yang ramping dan cocok diajak beraktivitas.

Harga 34 juta rupiah yang dibanderol oleh ASUS memang tidak murah. Itulah mengapa dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan apa saja yang menurut kami menjadi kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G), sehingga mungkin bisa membantu Anda untuk memutuskan apakah laptop ini memang cocok dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G):

Kelebihan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G)

1. Desain ringkas dan ringan untuk ukuran laptop gaming

svg%3E

ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming yang ringkas, ringan, serta mudah dibawa bahkan dimasukkan ke dalam sling bag sekalipun. Ketebalannya hanya 1,79cm dengan panjang dan lebar 32,4 x 22,4cm. Bobotnya 1,6 kilogram saja. Ukuran dan berat yang menurut kami masih bisa bersaing dengan laptop tipis mainstream.

2. AniMe Matrix mampu menyajikan tampilan yang keren

svg%3E

ROG Zephyrus G14 memiliki sebuah fitur unik bernama AniMe Matrix. Fitur tersebut terdiri dari 1.215 mini LED yang dapat menampilkan animasi, teks, dan berbagai efek menarik di bagian belakang layar ROG Zephyrus G14. Serunya lagi, Anda juga bisa mengatur dan memodifikasi apa yang ingin ditampilkan lewat AniMe Matrix melalui aplikasi Armoury Crate. Anda bisa memasukkan gambar, animasi, hingga notifikasi baterai atau mode equalizer yang akan singkron dengan audio.

3. Layar WQHD PANTONE Validated Display

svg%3E

ASUS meracik layar pada ROG Zephyrus G14 agar ideal digunakan tidak hanya oleh para gamer, tetapi juga kreator konten. Ukurannya 14 inci dan tersedia dalam dua opsi sesuai dengan tipenya. Yang kami review adalah yang mengusung layar QHD 2560 x 1440 pixel dengan refresh rate 60Hz saja. Yang lebih menggiurkan, layar tersebut telah dikalibrasi untuk akurasi warnanya dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

4. Performa kencang, cocok untuk gaming dan editing video

ASUS ROG Zephyrus G14 yang kami ulas di artikel ini adalah yang mengandalkan prosesor AMD Ryzen 9 4900HS (dengan Radeon Graphics). Untuk kebutuhan kinerja grafis yang lebih berat dipercayakan kepada GPU Nvidia RTX 2060 Max-Q GDDR6 6 GB 192-bit. Sekadar mengingatkan, GPU ini telah mendukung fitur real-time Ray Tracing. RAM yang dibenamkan sebesar 16 GB DDR4, sementara storage-nya SSD 1TB M.2 NVMe PCIe3.0.

svg%3E

svg%3E

Game-game populer seperti Shadow of The Tomb Raider, Red Dead Redemption 2, hingga Call of Duty: Warzone dapat dimainkan dengan lancar dan nyaman. Seberapa tinggi frame rate-nya tentunya sesuai dengan setting grafis yang Anda pilih. Untuk kebutuhan seperti editing video di Adobe Premiere Pro ASUS ROG Zephyrus G14 juga bisa diandalkan.

5. Baterai tergolong awet

Soal baterai, ASUS ROG Zephyrus G14 punya daya tahan yang cukup baik saat sedang diajak melakukan pekerjaan ringan. Bagi kami yang berprofesi sebagai penulis dan tidak terlalu butuh aplikasi yang menuntu kinerja kinerja tinggi, menggunakan laptop ini untuk menyelesaikan tugas terasa menyenangkan. Daya tahan baterainya tergolong lama. Pengujian dengan PCMark 10 (work mode) mampu menembus 9 jam.

6. Armoury Crate memudahkan gamer mengakses berbagai fitur

svg%3E

Lewat Armoury Crate Anda bisa mengakses berbagai fitur selain AniMe Matrix. Anda pun bisa memilih mode performa sesuai dengan kebutuhan, mulai dari Silent, Performance, hingga Turbo. Tentunya jika menginginkan performa gaming yang maksimal, Anda wajib memilih mode Turbo.

Kekurangan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G)

1. Bodi panas di area tertentu, terkadang mengganggu kenyamanan bermain

Kami menilai ada saatnya sistem pendingin pada laptop ini kurang mampu menyebarkan panas dengan optimal saat diajak menjalankan game-game berat. Pada bagian antara touchpad dengan tombol space panasnya lumayan berlebihan. Di keyboard area WASD dan sisi sebelah kiri maupun kanan keyboard juga terasa panas hingga mampu membuat tangan kami berkeringat. Kabar baiknya, performanya cenderung stabil.

svg%3E

2. Akan lebih menarik jika dibekali webcam

Ya, tidak ada webcam di laptop ini. Padahal, beberapa gamer juga masih membutuhkan webcam untuk keperluan seperti video conference.

3. Tidak ada card reader

svg%3E

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G) memang cocok untuk para kreator konten. Itulah mengapa menurut kami akan lebih lengkap jika dibekali card reader untuk memudahkan para kreator memindahkan foto atau video dari kamera ke laptop.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401IV-R9R6F8G). Walaupun mungkin belum sempurna,langkah ASUS untuk menghadirkan laptop gaming berperforma gahar dalam kemasan desain yang ringkas dan mudah dibawa bepergian patut mendapat apresiasi tinggi.