Quantcast
NewsMobile GadgetSmartphone

Gandeng nendo, OPPO Pamerkan Desain Konsep Gadget Masa Depan di CIIDE 2020

OPPO memamerkan beberapa desain konseptual baru berdasarkan filosofi desain yang berpusat pada manusia di China International Industrial Design Expo (CIIDE) ke-4. Desain konseptual ini dibuat untuk OPPO oleh studio desain Jepang terkemuka, nendo, yang didirikan oleh Oki Sato. Hasil dari kerjasama erat antara OPPO dan nendo ini mengeksplorasi kemungkinan desain perangkat canggih di masa depan. Selama pameran, OPPO juga memamerkan serangkaian desain produk klasiknya, yang menampilkan wawasan dan eksplorasi unik ke dalam desain bentuk, material, dan interaksi yang telah terjadi sejak awal berdirinya perusahaan.

oppo nendo conceptual design slide phone 01oppo nendo concept music link 1

 

Pameran Desain Industri Internasional China adalah acara tingkat nasional yang berfokus pada desain industri di China. Dengan tema tahun ini yaitu “Desain Baru, Tren Baru, Momentum Baru”, OPPO menampilkan eksposisi retrospektif, menampilkan desain produk klasik terkemuka di industri dari seluruh sejarahnya.

Berikut beberapa pencapaian desain smartphone OPPO:

  • Tahun 2008, OPPO meluncurkan smartphone pertamanya, “Smiley Face” A103, menandai awal dari pencapaian sinergi sempurna antara estetika dan inovasi tertinggi. Inovasi ini telah terbukti banyak selama 12 tahun terakhir.
  • Tahun 2012, OPPO meluncurkan Finder – salah satu ponsel tertipis di dunia – yang dirancang agar lebih mudah dan nyaman untuk digenggam pengguna.
  •  Tahun 2014, OPPO memperkenalkan desain lengkung 2.5D pada Find 5 serta smartphone dengan kamera putar bermotor pertama di dunia, N3.
  •  Tahun 2016, OPPO meluncurkan R9 yang mengambil inspirasi dari pegunungan yang tertutup salju untuk memberikan tampilan yang lebih baik pada smartphone.
  • Tahun 2018, smartphone dengan tampilan layar penuh, Find X, menghadirkan desain geser perintis yang memungkinkan kamera untuk keluar dari dalam perangkat saat diaktifkan. Inovasi ini mengintegrasikan 11 komponen, termasuk kamera dan sensor depan – belakang, dan menghasilkan rasio screen-to-body sebesar 93,8%.
  • Tahun 2019, OPPO memperkenalkan Reno3 sebagai ponsel 5G paling tipis di dunia saat itu. Di tahun yang sama, OPPO juga memperkenalkan Reno 10x Zoom dengan struktur kamera pivot.
OPPO X 2021 Layar Gulung
OPPO X 2021
  • Bulan November 2020 kemarin, OPPO telah mendemonstrasikan eksplorasi terbarunya dengan OPPO X 2021 di acara OPPO INNO DAY 2020. OPPO X2021 merupakan perangkat konseptual yang dilengkapi layar gulung. Menariknya, ukuran layar yang dapat digulung dari perangkat konseptual dapat disesuaikan tanpa batas dalam rentang yang ditentukan, menawarkan perspektif baru tentang masa depan perangkat dan bagaimana manusia dapat berinteraksi dengannya.

Slide phone konseptual

Di China International Industrial Design Expo, OPPO memamerkan desain konseptual “slide-phone” dan “music-link” yang telah dikerjakan bersama dengan studio desain industri terkemuka Jepang, nendo.

Ide ini bermula dari penemuan OPPO dan nendo bahwa fungsionalitas smartphone yang semakin bertambah juga membuat ukuran layarnya membesar. Namun meningkatnya ukuran layar juga membuat ponsel lebih sulit digenggam tangan dengan nyaman.

 

Berbekal wawasan ini, konsep “ponsel geser” dirancang dengan tiga layar lipat yang dipasang dengan engsel yang bisa dilipat ke arah yang sama. Dengan memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengubah bentuk telepon sesuai kebutuhan, pengguna dapat memanfaatkan kemampuan untuk mengubah ukurannya agar sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, stylus yang dimasukkan ke dalam telepon memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas mereka dengan menggunakan telepon untuk bekerja atau tugas lain yang lebih kompleks.

Music-Link

Desain konseptual OPPO dan nendo lainnya, “music-link”, adalah kumpulan perangkat yang berpusat pada sepasang earphone TWS yang juga mencakup jam tangan pintar, speaker AI, pengisi daya portabel, dan pengisi daya nirkabel. Semua perangkat dirancang dalam bentuk organik yang ramping, mengadopsi desain afinitas yang mencerminkan nilai estetika pengguna saat ini.

Saat earphone TWS dan wadah pengisi daya portabel ditempatkan pada speaker, pengguna dapat menikmati pengalaman musik yang mulus saat beralih dari headphone ke speaker. Desain simbiosis antar perangkat ini, dan penekanan pada portabilitas dan kenyamanan, mencerminkan integrasi teknologi OPPO dan human-centricity dalam filosofi desainnya.

Mengomentari kemitraan ini, CEO dan desainer kepala nendo, Oki Sato, berkata: “Saya terkesan dengan filosofi OPPO, yang lebih dari sekadar memanfaatkan teknologi terbaru dan mengejar hubungan yang nyaman antara orang-orang dan produk mereka melalui pendekatan desain yang berpusat pada manusia. Saya menantikan untuk melihat konsep baru dari tim OPPO serta melihat bagaimana mereka berhasil mencapai keseimbangan lebih lanjut antara teknologi dan keterlibatan emosional. “

 

Back to top button