Quantcast
NewsTipsWindows 10

[Tips] Cara Mengubah Default Apps di Windows 10

Di Windows 10 Microsoft sudah menyediakan beragam aplikasi bawaan yang secara langsung bisa digunakan untuk membuka file atau mendukung kebutuhan komputasi Anda. Seperti misalnya, aplikasi Groove Music sebagai media pemutar musik, Photos untuk membuka file foto, Microsoft Edge sebagai peramban untuk berselancar di internet dan masih banyak lagi.

Windows 10 1

Sayangnya, tidak semua pengguna suka atau terbiasa dengan aplikasi bawaan Microsoft tersebut. Sebagai contoh, misalnya untuk berselancar di internet banyak pengguna yang lebih terbiasa dengan peramban Google Chrome, Mozilla Firefox ataupun Opera ketimbang peramban bawaan Windows 10 yakni Microsoft Edge. Nah, jika ingin merubah default apps di Windows 10 berikut panduan yang bisa Anda ikuti dengan sangat mudah.

1. Pastikan aplikasi yang Anda ingin gunakan sudah terinstall di PC. Sebagai contoh, di panduan ini kami akan mengganti peramban Microsoft Edge menjadi Google Chrome. Jadi, pastikan Google Chrome sudah terinstall dulu di PC.

2. Buka menu Settings Windows 10
3. Pilih Apps
tips default apps 1a
4. Pilih Default Apps
tips default apps 2
5. Di jendela Defaut Apps Anda bisa menemukan enam aplikasi bawaan Windows 10 yang bisa diganti yaitu Email, Maps, Music Player, Photo Viewer, Video Player, dan Web Browser.
6. Pilih salah satu yang ingin diganti. Di sini kami akan mengganti web browser Microsoft Edge menjadi Google Chrome. Jadi, klik di Microsoft Edge, kemudian akan muncul deretan aplikasi peramban penggantinya dan pilih Google Chrome.
tips default apps 3

Jika ingin mengembalikan default apps ke pengaturan semula sesuai bawaan Windows 10, langkah yang dilakukan hanya perlu dengan memilih opsi Reset yang ada di Default Apps.

Selamat mencoba!

Back to top button