Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Realme Narzo 20

Reader Rating0 Votes
0
7.6
Cek Harga

Selain realme 7 dan realme c series yang baru, realme juga meluncurkan seri narzo terbaru yang masih ditujukan bagi anak muda.

Realme Narzo 20 hadir dengan harga 2,2 juta rupiah, atau terpaut sekitar sejuta rupiah dengan realme narzo 20 pro. Dengan harganya, Narzo 20 akan berada di posisi antara realme C15 dan C17.

Lalu apa saja keunggulan Narzo 20? Baca review realme narzo 20 YANGCANGGIH.COM sampai selesai.

Desain realme Narzo 20
Konsep desain Realme Narzo 20 terinspirasi dari gesture V atau Victory. Ini sejalan dengan konsep realme yang menempatkan narzo 20 sebagai ponsel gaming pemula.

Bingkai layar tidak terlalu tipis, tapi malah memberikan kenyamanan saat bermain game karena tangan tidak selalu menyentuh layar.

Dengan teknik tekstur khusus, bodinya mendapatkan sentuhan premium dengan efek visual yang berubah seiring sinaran cahaya. Dibandingkan ponsel lain di kelas harganya, desain realme narzo 20 termasuk mewah. Selain warna Blue Blade yang kami dapatkan, realme narzo 20 juga tersedia dalam warna Silver Sword.

Layar realme Narzo 20

Realme Narzo 20 hadir dengan layar 6,5 inci yang lega, sesuai dengan positioningnya sebagai ponsel gaming dan hiburan. Resolusi masih HD+ atau 720p, tapi tetap memiliki reproduksi warna dan tingkat brightness yang baik. Tingkat ketajaman juga tetap oke, dengan kerapatan pixel hingga 270 ppi( pixel per inci).

Kami mencobanya untuk main game, nonton film dan membaca teks di laman web, dan layarnya mampu menampilkan kualitas visual yang baik. Bagi sebagian besar pengguna, kualitas layar narzo 20 ini tidak akan dikeluhkan.

Kinerja realme Narzo 20

Dari sisi spesifikasi, Realme Narzo 20 mengandalkan chipset MediaTek Helio G85 dengan fabrikasi 12nm, yang dirancang untuk gaming. Berikut hasil benchmark untuk bahan perbandingan.

Dari pengujian, ternyata realme narzo 20 memang asyik diajak main game. Selama Anda tidak mengharapkan dapat bermain pada setting tertinggi.  Kami sudah mencoba memainkan beberapa judul game yang sedang populer seperti League of Legends: Wild Rift, Call of Duty dan PUBG Mobile.

Pada game Wild Rift, kami bisa memainkan pada setting grafik mode 60fps diaktifkan, permainan sangat lancar, grafik amat jelas dan pergerakan sangat halus. Saat bermain COD kami bisa memainkan di setting grafik medium dengan lancar. Sedangkan PUBG Mobile dapat dimainkan di setting grafis HD High dengan lancar. Selama bermain, tidak ada lag atau frame drop yang mengganggu. Respons layar terhadap sentuhan juga normal dan tidak terdeteksi delay atau jeda yang mengganggu.

Kami juga mencoba main game Genshin Impact yang butuh kinerja prima, dan narzo 20 bisa menjalankannya dengan setting terendah. Jadi boleh dibilang, narzo 20 masih dapat diandalkan untuk main game pada setting menengah ke  bawah.

Kamera realme Narzo 20

realme narzo 20 kamera

Di bagian belakang, Realme Narzo 20 mengandalkan kamera utama 48 megapixel yang cukup lumayan. Dari pengujian di siang hari, hasil fotonya cukup tajam dengan warna-warna matang khas realme. Exposure cukup baik dan akurat, dengan rentang dinamis yang cukup baik jika kondisi cahaya tidak kompleks.

Berikut hasil foto realme Narzo 20 tanpa penyuntingan di kondisi cahaya ideal.

IMG20201109155347

IMG20201111172402

Sensitivitas pada cahaya termasuk kurang, tapi masih wajar dan tidak lebih buruk dibandingkan ponsel lain di kelas harganya. Ini terlihat dari hasil foto malam hari yang penuh noise dengan rentang dinamis terbatas. Tapi setidaknya ada mode malam yang cukup membantu menghasilkan foto low-light lebih baik seperti terlihat di berbagai foto yang kami ambil berikut ini.

IMG20201111190220

IMG20201111190131

IMG20201111180658

IMG20201111183007

Sama seperti kamera ponsel di kelasnya, hasil foto dalam setting ultra lebar tidak sebaik kamera utama. Selain kurang tajam, detil gambar berkurang dan terlihat jelas jika foto diperbesar atau dilihat di layar besar. Berikut perbandingan kamera ultra lebar dan kamera normal realme Narzo 20.

IMG20201111180012

IMG20201111180005

IMG20201111172024

IMG20201111172018

Secara keseluruhan, dari pengujian kami, kualitas kamera realme Narzo 20 hanya termasuk lumayan saja. Tapi sekali lagi, kemampuan kamera memang bukan dijadikan nilai jual utama realme Narzo 20.

Baterai dan fitur realme Narzo 20

pcmark battery realme narzo 20Karena Narzo 20 sudah ditujukan bagi para gamer, daya tahan baterainya juga perlu diperhatikan. Dan memang baterainya punya daya tahan yang panjang, lebih dari 18 jam menurut pengujian PCMark.

Untuk main game terus menerus, narzo 20 akan bisa bertahan minimal 8 jam, tergantung dari kualitas sinyal di lokasi dan tipe game yang dimainkan.

Selain mengandalkan baterai berkapasitas besar, narzo 20 juga punya beberapa fitur menarik untuk memperpanjang umur baterai. Misalnya; ada App Quick Freeze yang dapat menghentikan aplikasi yang jarang digunakan di latar. Kemudian ada screen battery optimization untuk menurunkan efek tampilan.  Lalu ada Power Saving mode yang dapat mengatur layar agar tidak menyala terlalu sering.

Jika masih kurang, ada Super Power Saving Mode. Di sini Anda bisa memilih 6 aplikasi yang ingin tetap aktif, dan ponsel akan mematikan aplikasi lain.

Hasilnya; Anda bisa menggunakan Whatsapp selama hampir 2 jam dengan kondisi baterai 5%. Pengisian baterai bisa dilakukan cukup cepat, berkat teknologi quick charging 18W yang dimilikinya.

Masih banyak fitur lain yang dimiliki narzo 20, seperti mode fokus yang membantu pengguna fokus berkonsentrasi pada satu tugas. Ada juga Dark mode untuk menjaga mata agar nyaman saat menggunakan ponsel dalam kondisi lampu redup. Bahkan Dark mode bisa diatur agar mati secara otomatis saat matahari terbit dan menyala otomatis saat matahari terbenam.

Realme Narzo 20 juga hadir dengan dua slot kartu SIM dan satu slot memory card terpisah, yang bisa menggunakan kartu memori microSD hingga 256GB.

Smartphone bagus, harga merakyat

Konsumen selalu menyukai produk dengan fitur baik yang dijual relatif murah. Dan itulah yang ditawarkan realme dengan Narzo 20. Memadukan performa yang cukup lumayan dengan baterai tahan lama, realme Narzo 20 layak jadi pilihan pengguna yang memiliki dana 2 jutaan rupiah.

realme narzo logo

Di luar performa, kemampuan kamera realme Narzo 20 cukup dapat diandalkan. Tentunya belum dapat menyamai seri realme di atasnya seperti realme 7i, tapi tidak terpaut jauh jika hasil foto hanya terbatas dilihat di smartphone.

Dengan fitur dan harganya, realme Narzo 20 ini akan cocok digunakan mereka yang memiliki beragam kebutuhan, tapi tidak ingin mengeluarkan dana banyak.

Kelebihan realme Narzo 20

+ Desain menarik untuk harganya
+ Layar berukuran lega dengan tampilan cukup tajam
+ Baterai tahan lama
+ Performa cukup memadai untuk gaming ringan
+ Hasil foto bagus di kondisi cahaya ideal
+ Slot kartu SIM tidak berbagi dengan memory card
+ Sensor sidik jari cepat dan akurat
+ Harga relatif terjangkau

Kekurangan realme Narzo 20

– Hasil foto kamera ultra lebar kurang oke, terutama di kondisi minim cahaya
– Warna pada hasil foto akan terlalu matang bagi sebagian pengguna
– Ukuran sensor sidik jari agak mungil

Lumayan untuk main game
Konsumen selalu menyukai produk dengan fitur baik yang dijual relatif murah. Dan itulah yang ditawarkan realme dengan Narzo 20. Memadukan performa yang cukup lumayan dengan baterai tahan lama, realme Narzo 20 layak jadi pilihan pengguna yang memiliki dana 2 jutaan rupiah.Di luar performa, kemampuan kamera realme Narzo 20 cukup dapat diandalkan. Tentunya belum dapat menyamai seri realme di atasnya seperti realme 7i, tapi tidak terpaut jauh jika hasil foto hanya terbatas dilihat di smartphone.Dengan fitur dan harganya, realme Narzo 20 ini akan cocok digunakan mereka yang memiliki beragam kebutuhan, tapi tidak ingin mengeluarkan dana banyak.
Desain
7.5
Fitur
7
Performa
7.5
Hasil Foto
7
Harga
9
Reader Rating0 Votes
0
7.6
Cek Harga
Back to top button