Quantcast
ReviewHome ApplianceHome GadgetSMART Home

Review Xiaomi Mi Air Purifier 3C

Air Purifier Sejutaan dengan Fitur Cerdas dan Desain Minimalis

9
Cek Harga

Udara bersih di dalam rumah penting untuk mendukung gaya hidup yang lebih sehat. Oleh karena itu untuk memastikan udara di rumah selalu bersih menggunakan air purifier atau pemurni udara bisa jadi solusi. Melengkapi ekosistem perangkat IoT miliknya, Xiaomi beberapa waktu lalu meluncurkan perangkat Air Purifier yang diberi nama Mi Air Purifier 3C. Penasaran bagaimana keunggulan air purifier dengan harga jual yang cukup ekonomis ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Mi Air Purifier 3C 1

Desain Xiaomi Mi Air Purifier 3C

Xiaomi Mi Air Purifier 3C adalah air purifier kedua besutan Xiaomi di Indonesia. Sebelumnya di bulan April 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan lebih dulu Mi Air Purifier 2H.

Secara desain kedua perangkat ini tampil sangat mirip. Fitur dan fungsinya pun sama. Mi Air Purifier 3C tampil minimalis dengan bodi berwarna putih. Desainnya ini sangat mudah selaras dengan semua gaya interior di rumah. Bedanya dengan Mi Air Purifier 2H, Mi Air Purifier 3C kini dilengkapi dengan sebuah layar LCD berbentuk bulat di bagian mukanya.

xiaomi display screen

Layar LCD ini berfungsi untuk menampilkan mode yang sedang digunakan dan indikator kualitas udara dalam ruangan. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot melihat dari aplikasinya di smartphone. Layarnya ini juga bisa diredupkan atau dimatikan. Jadi, tidak akan menganggu saat digunakan di kamar tidur yang gelap.

xiaomi button

Beralih ke bagian atas bodi bisa ditemukan kipas dan dua buah tombol. Tombol di sebelah kiri untuk mematikan atau meredupkan layar, dan tombol di sebelah kedua untuk memilih mode.

Secara keseluruhan desain Mi Air Purifier 3C ini sangat fungsional. Dimensinya yang ringkas sangat mudah ditempatkan di mana saja dari ruang tamu hingga kamar tidur. Melakukan penggantian filternya juga mudah. Anda hanya perlu melepas modul bagian atas bodinya dengan menekan tombol di samping kiri kanan bodinya untuk mengakses filter HEPA yang dibawanya.

Mi Air Purifier 3C 3

Fitur Xiaomi Mi Air Purifier 3C

Sebagai pemurni udara Mi Air Purifier 3C mengandalkan filter HEPA seperti kebanyakan Air Purifier pada umumnya. Filter HEPA berbentuk silindris yang dibawanya ini mampu menghilangkan 99,99 persen partikel berukuran hingga 0,1 mikron yang melayang di udara seperti debu, asap rokok, bulu hewan peliharaan, bakteri, virus, dan bau-bauan.

xiaomi filter 1

Dari penelusuran kami di beberapa situs e-commerce untuk harga filter HEPA tersebut ada di kisaran 400 hingga 600 ribu Rupiah. Harga filternya ini memang relatif mahal. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena filternya ini wajib diganti setiap 6 hingga 12 bulan.

Untuk membersihkan udara, Mi Air Purifier 3C mengusung fitur Clean Air Delivery Rate yang bisa memasok udara bersih sebanyak 320 meter kubik per jam tanpa mengeluarkan suara bising.

xiaomi sensor 1

Untuk mendeteksi tingkat kebersihan udara di ruangan Mi Air Purifier 3C mengandalkan serangkaian sensor laser yang tersemat di belakang bodinya. Sensor lasernya ini bisa mendeteksi kebersihan udara dengan cepat.

Tingkat kebersihan udara bisa ditampilkan di aplikasinya di smartphone atau langsung di layarnya. Indikatornya berupa garis berwarna dan angka untuk menunjukkan tingkat polutan atau partikel udara PM 2.5 di dalam ruangan. Ada tiga warna garis yang menandakan tingkat kebersihan ruangan. Hijau sangat bersih, oranye polusi ringan/sedang, dan merah untuk kualitas udara yang buruk.

Mi Air Purifier 3C juga telah dilengkapi koneksi WiFi. Pengaturan dan kendalinya pun bisa lebih mudah lewat aplikasi Xiaomi Home di smartphone. Berkat koneksi WiFi, bahkan Mi Air Purifier 3C bisa terhubung ke ekosistem perangkat pintar Google Home. Saat kami sambungkan ke Google Home, Mi Air Purifier 3C langsung bisa dikendalikan oleh asisten virtual Google Assistant lewat perintah suara. Selain dengan Google Assistant, Mi Air Purifier 3C juga kompatibel dengan asisten virtual Alexa.

Untuk mode pengoperasian Mi Air Purifer 3C mengandalkan tiga mode yaitu Auto, Sleep dan Manual. Di mode Manual ini Anda bisa mengatur kecepatan kipasnya esuai dengan kebutuhan lewat aplikasinya di smartphone. Di aplikasinya Anda juga bisa mendapatkan info kapan filternya harus diganti.

Performa Xiaomi Mi Air Purifier 3C

Untuk mencoba Mi Air Purifier 3C kami memasangnya di ruangan apartemen yang berukuran 42 m2. Dari pengujian kami, Mi Air Purifier 3C bisa menghilangkan bau asap dari dapur dan mengembalikan udara bersih di ruangan sekitar 25 menit dengan kecepatan kipas paling optimal di mode manual.

Mi Air Purifier 3C 2

Secara real time kami juga bisa melihat sensornya mampu mendeteksi kualitas udara dari ruangan dari indikator warna merah dengan angka PM 2.5 100 turun secara bertahap dan konsisten ke angka 001. Ini menandakan sensornya mampu mendeteksi kualitas udara dengan cepat dan tingkat akurasi yang tinggi. Walau begitu, di mode kecepatan kipas paling optimal ini suara kipasnya memang tergolong relatif berisik. Kipasnya tersebut juga bisa menghasilkan hawa adem seperti kipas angin pada umumnya.

Untuk kecepatan kipas yang lebih rendah bisa memilih mode Auto atau Sleep. Bahkan, di mode sleep kipasnya tersebut nyaris tidak terdengar sama sekali. Untuk penggunaan sehari-hari kami lebih memilih mode Auto yang lebih tidak berisik tapi tetap bisa menyuplai udara segar dan bersih di dalam ruangan. Daya yang dibutuhkan juga relatif rendah. Hanya sekitar maksimum 0,7 kWh untuk 24 jam.

Kesimpulan

Sebagai pemurni udara Xiaomi Mi Air Purifier 3C memang terbukti bisa diandalkan untuk membersihkan udara di rumah. Desain yang fungsional, mudah digunakan, konsumsi daya yang rendah dan kinerja yang senyap juga menjadikannya sangat ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Seperti produk Xiaomi yang lain harga jual yang murah menjadi daya tarik dari Xiaomi Mi Air Purifier 3C. Dengan harga jual di kisaran 1,699 Juta Rupiah, Mi Air Purifier 3C, membawa beberapa fitur yang bisa ditemukan di Air Purifier dengan harga jual lebih mahal. Termasuk, kemampuan mendeteksi kualitas udara secara real time yang umum dijumpai di air purifier kelas premium. Jika mengincar air purifier di bawah 2 juta Rupiah, Mi Air Purifier sangat wajib untuk masuk daftar belanja Anda.

Kelebihan Xiaomi Mi Air Purifier 3C
+ Harga relatif murah
+ Mudah digunakan
+ Desain ringkas
+ Fitur cukup komplit di kelas harganya
+ Bisa mendeteksi kualitas udara secara real time
+ Mendukung ekosistem Google Home
+ Dilengkapi layar LCD

Kekurangan Xiaomi Mi Air Purifier 3C
– Harga filter HEPA relatif mahal
– Kinerja kipas di pengaturan maksimal relatif bising

Jika mengincar air purifier di bawah 2 juta Rupiah, Mi Air Purifier sangat wajib untuk masuk daftar belanja Anda.
9
Cek Harga
Back to top button