Inilah Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33

OPPO A33 hadir sebagai alternatif yang lebih terjangkau bagi pengguna yang ingin mencicipi smartphone yang memiliki layar dengan refresh rate tinggi. Harganya yang tidak sampai 2,5 juta rupiah mencatatkan OPPO A33 sebagai salah satu smartphone layar 90Hz termurah yang ada di pasaran Indonesia saat ini.

Selain layar 90Hz, OPPO A33 jelas masih memiliki sederet fitur menarik lainnya. Nah, untuk Anda yang berminat membeli smartphone tersebut dalam waktu dekat, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari OPPO A33.

Kelebihan OPPO A33

1. Desain oke dan nyaman digenggam

svg%3E

Sebagai sebuah smartphone seharga 2 jutaan rupiah, menurut kami desain OPPO A33 sudah termasuk oke di kelasnya. OPPO A33 mengadopsi desain yang kurang lebih mirip dengan A53. Yang paling membedakan keduanya adalah pilihan warna. Varian A33 yang ada di artikel review kami kali ini disebut Mint Cream. Selain itu, OPPO juga menyediakan satu varian lainnya yaitu Moonlight Black.

Dari segi operasional, OPPO A33 adalah perangkat yang cukup nyaman digenggam dengan build quality yang juga sangat baik. Dimensinya pas dengan ketebalan 8,4mm. Walaupun baterainya besar, bobot smartphone ini juga masih tergolong ideal. Bagi kami yang ukuran tangannya cukup lebar, tidak ada masalah mengoperasikan A33 dengan satu tangan.

2. Layar sudah mendukung refresh rate 90Hz

svg%3E

Layar Neo-Display 90Hz berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ pada OPPO A33 sudah dilapisi perlindungan Gorilla Glass 3. Bukan cuma refresh rate-nya yang tinggi, layar punch-hole ini punya 120Hz touch sampling rate untuk pengalaman game dan multimedia yang lebih halus dan responsif.

3. Baterai awet

OPPO A33 memiliki baterai 5.000 mAh yang dilengkapi dengan pengisian daya cepat 18W. Tidak ketinggalan, fitur yang tergolong baru seperti Super Power Saving Mode yang mampu memperpanjang masa pakai perangkat meski baterai tersisa 5 persen juga tersedia.

4. ColorOS 7.2 yang kaya fitur

OPPO A33 hadir dengan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini dilengkapi banyak fitur bawaan yang menarik dan pastinya berguna untuk pemakaian sehari-hari, mulai dari Dark Mode, Focus Mode, hingga Pull-Down Gesture untuk mempermudah pengoperasian dengan satu tangan.

5. Kinerja gesit, sudah mengusung storage UFS 2.1

svg%3E

OPPO A33 termasuk dalam jajaran perangkat pertama di Indonesia yang mengusung chipset anyar dari Qualcomm yakni Snapdragon 460. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 460 mampu memberikan performa tinggi di kelasnya dan memiliki efisiensi daya yang cukup baik. Chipset tersebut ditemani dengan RAM LPDDR4X 3 GB dengan storage internal UFS 2.1 yang punya kinerja cepat.

svg%3E

6. Kamera lumayan di kondisi cahaya yang ideal

OPPO A33 menawarkan konfigurasi kamera belakang yang sama dengan OPPO A53, yaitu 13 MP kamera utama, 2 MP kamera makro, dan 2 MP kamera bokeh. Sementara untuk urusan selfie, pengguna bisa mengandalkan kamera 8 MP di depan. Hasil pemotretan dengan mode Auto menurut kami cukup bagus di kondisi cahaya yang memadai. Detail yang ditangkap tajam dengan reproduksi warna yang cenderung natural serta dynamic range yang lumayan di kelasnya.

Portrait Mode OPPO A33

Mode Auto OPPO A33 (3)

Kekurangan OPPO A33

1. Foto low light masih perlu ditingkatkan

Sayangnya kamera OPPO A33 belum dibekali dengan Night Mode. Hasil foto di kondisi cahaya yang minim terlihat kurang tajam dan ada noise. Menurut kami OPPO masih bisa meningkatkan kualitas foto low light dari OPPO A33 melalui update software.

2. Performa gaming di bawah para pesaingnya

Meski kinerjanya mulus untuk menunjang penggunaan sehari-hari, dari segi kemampuan gaming performa OPPO A33 masih sedikit di bawah pesaingnya di kelas harga yang sama.

svg%3E

3. Akan lebih menarik jika dibekali kamera ultra-wide

Dibanding kamera makro, menurut kami akan lebih menarik jika OPPO A33 mengusung kamera ultra-wide. Kamera sudut lebar amat bermanfaat ketika kita ingin mengabadikan momen secara luas, misalnya pemandangan atau foto grup.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A33. Bagi yang berminat, OPPO A33 dijual dengan harga Rp2.299.000. Untuk saat ini hanya ada satu model, yakni dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB. Tidak menutup kemungkinan di masa depan OPPO akan memboyong model dengan memori yang lebih besar ke Indonesia.

Verified by MonsterInsights