Review realme Buds Air Pro

Tahun 2020 menjadi periode yang sibuk bagi realme. Bukan hanya karena jadwal peluncuran smartphone terbarunya yang terbilang sangat padat, di tahun ini realme juga memboyong sederet perangkat dari ranah AIoT. Salah satu produk tersebut adalah realme Buds Air Pro, TWS 1 jutaan yang dibekali teknologi Active Noise Cancellation (ANC).

Anda yang selalu mengikuti perkembangan realme pastinya tahu bahwa realme Buds Air Pro bukanlah TWS pertama mereka. Lalu, apa bedanya dan apa kelebihannya dibanding produk realme sebelumnya dari kategori serupa? Kalau Anda penasaran, yuk, langsung saja simak ulasan kami.

Desain realme Buds Air Pro

Berbeda dengan Buds Air yang dirilis sebelumnya, realme Buds Air Pro kini mengedepankan desain in-ear yang memiliki eartip berbahan silikon. Dalam paket penjualannya, realme tidak lupa menyediakan beberapa eartip ekstra dengan ukuran yang berbeda agar bisa disesuaikan dengan telinga.

svg%3E

realme Buds Air Pro adalah TWS yang ringan dan tahan percikan air dengan sertifikasi IPX4. Bobotnya hanya 5 gram saja untuk masing-masing earbud. Bentuk bodinya dibuat agar pas di telinga dan tidak mudah lepas. Terbukti, selama pengujian kami merasa TWS ini cukup nyaman untuk digunakan dalam durasi yang lama.

Meski begitu harus diakui bahwa kenyamanannya di telinga kami masih belum se-level dengan produk brand sebelah yang harganya sama. Mungkin karena ukuran earbud ini juga sedikit lebih besar. Tentunya semua itu kembali kepada Anda karena kontur telinga setiap orang bisa jadi berbeda-beda.

svg%3E

 

Sama seperti TWS pada umumnya, realme Buds Air Pro hadir bersama dengan casing yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekaligus mengisi daya. Ukuran casing ini juga ringkas dan memudahkan kami ketika membawanya bepergian, bahkan untuk dimasukkan ke dalam saku celana.

Satu hal yang menurut kami agak mengganggu adalah desain penempatan earbud-nya. Kami yang bertangan agak besar sering merasa kesulitan untuk mengeluarkan kedua earbud dari dalam casing. Apalagi kalau tangan kami agak licin atau berkeringat.

svg%3E

Perlu diketahui bahwa realme Buds Air Pro didukung Smart Wear Detection. Jadi ketika Anda melepas earbud, lagu yang sedang diputar otomatis akan di-pause. TWS ini juga sudah mendukung touch control untuk mengendalikan beberapa fitur seperti play/pause, mengaktifkan ANC dan fitur lainnya, menjawab panggilan telepon, serta lompat ke lagu berikutnya.

Fungsi pengaturan volume? Sayangnya tidak ada. Tapi kabar baiknya, Anda bisa melakukan modifikasi fungsi touch control melalui aplikasi realme Link yang bisa diunduh secara gratis di smartphone. realme Buds Air Pro tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Soul White dan Rock Black.

svg%3E

Performa audio realme Buds Air Pro

Membahas performa audionya, realme Buds Air Pro mengandalkan Bass Boost Driver 10mm. Sesuai namanya, jelas terlihat bahwa realme ingin mengedepankan TWS ini untuk Anda yang menyukai bass bertenaga. Bahkan, pada aplikasi realme Link Anda bisa mengaktifkan fitur Bass Boost+.

Karena ingin mendongkrak bass tentunya karakter suara yang ditawarkan oleh realme Buds Air Pro tidak balance. Tuning audionya sedikit lebih menonjolkan Low, dengan Mid yang terasa agak redup dan High yang terkadang terasa cukup tajam pada pengaturan volume tinggi.

svg%3E

Saat dicoba mendengarkan lagu For The First Time dari The Script, kami merasa pemisahan setiap instrumen terdengar dengan jelas. Sound stage-nya lumayan. Vokal dan gitar terdengar cukup jernih, bass terasa lebih dinamis, dan hentakan kick drum juga lebih punchy.

Beralih ke lagu Daft Punk – Get Lucky, realme Buds Air Pro cukup mampu menyajikan setiap instrumen dari lagu ini dengan baik. Sound stage-nya juga cukup jelas. Sementara untuk genre rock seperti lagu Alter Bridge – Metalingus, kualitas audionya menurut kami sekadar lumayan saja. Menikmati dengan volume yang lebih keras akan mulai menimbulkan distorsi.

svg%3E

Fitur Bass Boost+ sendiri menurut kami tidak terlalu signifikan mengangkat tenaga dari bass-nya. Yang pasti Mid dan High akan turun jauh ketika fitur ini aktif. Cocok untuk mendengarkan lagu-lagu dari genre musik dengan bass yang lebih dominan.

ANC dan Game Mode realme Buds Air Pro

realme Buds Air Pro dilengkapi dengan chip S1 noise cancellation yang diklaim punya konsumsi daya rendah. Selain itu, perangkat ini memiliki fitur Transparency Mode yang memungkinkan pengguna dapat mendengarkan suara disekelilingnya, hanya dengan melakukan tap selama sekitar dua detik pada earbud. Fitur ini cukup ideal ketika Anda sedang berjalan di tempat umum, saat harus mendengarkan pengumuman di bandara, atau ketika harus berbicara dengan seseorang.svg%3EMenurut realme, kemampuan ANC pada TWS terbarunya itu bisa meredam suara hingga 35dB. Ketika fitur tersebut diaktifkan memang suasana seketika langsung senyap. Gaung ruangan, suara AC, suara angin atau kipas, dan suara menderu lainnya otomatis hilang. Namun untuk suara dengan pitch dan volume tinggi masih terdengar jelas.

Yang tidak kalah menarik, realme Buds Air Pro menggunakan dua microphone untuk mendukung noise cancellation saat melakukan panggilan telepon. Dengan begitu, suara-suara bising yang mengganggu dari luar bisa langsung diredam dan komunikasi pun bisa terdengar lebih jelas.

Satu kelebihan yang juga patut kami apresiasi adalah soal konektivitas. Berbekal Bluetooth 5.0, koneksi realme Buds Air Pro terasa amat stabil. Sejauh pengujian kami belum terasa masalah seperti lagging yang membuat suara sedikit terputus-putus. Selain itu proses pairing dengan smartphone pun mudah dan cepat.

svg%3E

Soal Game Mode, ketika fitur ini diaktifkan latency pada realme Buds Air Pro akan lebih rendah hingga 94ms. Efeknya, delay antara visual dan audio saat menonton video atau bermain game pun menjadi lebih minim. Ingat, bukan berarti tidak ada delay dan belum bisa disejajarkan dengan headset kabel.

Yang pasti dengan Game Mode, realme Buds Air Pro menjadi perangkat audio yang ideal untuk bermain games sehari-hari. Cukup memuaskan asalkan Anda tidak berekspektasi terlalu tinggi dan tidak berharap kualitas koneksinya ideal untuk bertanding di level yang kompetitif.

Aplikasi realme Link

Bagi kami yang memakai smartphone Android, aplikasi realme Link bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Pada aplikasi ini, Anda bisa melihat informasi seperti sisa baterai pada masing-masing earbud maupun pada casing-nya. Dengan sekali pairing saja, seterusnya realme Buds Air akan langsung terhubung dan terdeteksi di aplikasi realme Link saat Anda membuka casing.

svg%3E

Lewat aplikasi realme Link Anda juga bisa melalukan kustomisasi pada fungsi touch control. Bukan cuma itu, Anda pun dapat mengaktifkan beberapa fitur melalui aplikasi seperti Bass Boost+, Game Mode, Transparency Mode, ANC, Game Mode, hingga Volume Enchancer.

Baterai realme Buds Air Pro

Chip realme S1 yang hemat daya dikombinasikan dengan kapasitas baterai besar berkapasitas 486 mAh, hasilnya adalah masa pakai yang panjang selama 25 jam. Ketika ANC dihidupkan, Anda dapat mendengarkan musik hingga 20 jam. Total durasi pemakaian tersebut sudah termasuk baterai pada casing.

Soal pengisian daya, realme Buds Air Pro didukung teknologi Quick Charge. Mengisi daya hingga penuh 100 persen hanya butuh waktu sekitar 1 jam saja melalui port USB-C. Tapi seperti disebutkan sebelumnya, sayangnya TWS ini belum mendukung wireless charging.

Kesimpulan

Dengan harga Rp1.299.000, realme Buds Air Pro termasuk salah satu opsi terbaik di kelasnya untuk Anda yang menginginkan TWS dengan dukungan ANC. Kualitas audionya tergolong cukup baik, desainnya ringan dan nyaman dipakai dalam durasi yang lama, dan daya tahan baterainya cukup memuaskan.

Kelebihan realme Buds Air Pro:

  • Bobot ringan dan nyaman di telinga
  • Kualitas audio cukup baik dengan bass yang bertenaga
  • Pairing mudah
  • ANC cukup efektif meredam suara bising
  • Ada Game Mode untuk latency yang lebih rendah
  • Voice Assistant
  • Ada aplikasi realme Link untuk mengakses semua fitur
  • Paket penjualan sudah termasuk ekstra eartip dengan ukuran berbeda-beda

Kekurangan realme Buds Air Pro:

  • Touch Control belum ada pengaturan volume
  • Mid terasa agak redup, High kadang terdengar tajam di volume agak tinggi
  • Akan lebih menarik jika sudah mendukung wireless charging

realme Buds Air Pro ideal untuk: Pengguna yang gemar mendengarkan musik sambil beraktivitas. Casual game. Pengguna yang menyukai tuning dengan bass yang sedikit lebih menonjol.

realme Buds Air Pro kurang ideal untuk: Gamer yang membutuhkan perangkat audio untuk bermain di level kompetitif. Pengguna yang lebih menyukai karakter balance.

 

 

svg%3E
realme Buds Air Pro
realme Buds Air Pro termasuk salah satu opsi terbaik di kelasnya untuk Anda yang menginginkan TWS dengan dukungan ANC
8
Verified by MonsterInsights