5 Alasan Mending Beli Sony PS5 Dibanding Rakit PC Gaming

Sony sudah memberikan tanggal pre-order konsol terbarunya, PlayStation 5, untuk pasar Indonesia. Para gamer yang sudah tidak sabar mencicipi PS5 wajib menyiapkan dana setidaknya Rp7.299.000 untuk model Digital Edition. Kalau ingin model dengan 4K Blu-ray Drive untuk memainkan game fisik, harganya Rp8.799.000.

Dengan dana yang sekilas cukup menguras kantong, sebagian orang ada yang berpendapat bahwa lebih baik merakit PC ketimbang membeli PlayStation 5. Padahal, menurut kami merakit PC untuk gaming membutuhkan dana yang lebih besar, mengingat harga komponen PC saat ini juga tinggi.

Ya, kita sama-sama tahu bahwa PC memiliki banyak fungsi lainnya selain untuk hiburan semata. Tapi karena konteksnya adalah antara PS5 atau rakit PC, mari kita fokuskan pembahasan ke ranah gaming saja. Dengan besaran dana yang sama, kami lebih memilih membeli PS5 dibanding merakit sebuah PC gaming.

Ada 5 alasan yang menurut kami mampu mewakili opini kami untuk mengatakan “mending beli PS5 dibanding merakit PC gaming”. Apa saja alasannya? Yuk, langsung saja simak!

1. Harga PS5 lebih murah

Oke, mungkin harga PS5 di angka 7 jutaan rupiah bagi sebagian gamer masih tergolong mahal. Namun jika harus diadu dengan dana yang Anda keluarkan untuk merakit PC gaming, sangat sulit menyaingi penawaran yang diberikan oleh PS5. Kami yakin banyak gamer yang setuju bahwa dengan spesifikasi yang setara, PS5 jelas jauh lebih murah dari PC.

Dengan membeli PS5 Anda sudah mendapatkan sebuah perangkat gaming komplit yang performanya tidak perlu diragukan lagi. PlayStation 5 dipersenjatai CPU 8-core AMD Zen 2 CPU and GPU custom AMD RDNA 2. Storage yang digunakan sudah SSD dengan performa 5.5 GB/s berkapasitas 825 GB, dan memory-nya 16 GB GDDR6.

Sebaliknya, dana 7-8 jutaan rupiah sendiri menurut kami pas-pasan untuk merakit PC gaming. Alokasi paling besar pastinya akan mengarah ke CPU dan GPU (VGA). Anda juga harus memikirkan soal pemilihan motherboard, berapa keping RAM yang ingin dipasang, storage baik SSD maupun HDD, power supply, casing, kipas pendingin, peripheral seperti keyboard dan mouse, hingga sistem operasi. Harga Windows 10 juga tidak murah lho!

Khusus untuk GPU, karena PS5 mampu menyuguhkan Ray Tracing, maka menurut kami cukup pas jika membandingkannya dengan VGA yang juga sudah mendukung fitur tersebut. Saat ini opsi yang paling ideal untuk disejajarkan adalah RTX 2060 yang harganya berada di kisaran 5-6 jutaan rupiah. Ya, itu baru VGA saja.

Acer Predator Orion 3000, PC gaming desktop untuk kelas menengah.

2. PS5 tidak perlu upgrade

Membeli PS5 artinya Anda memiliki konsol untuk bermain game-game keluaran terbaru selama beberapa tahun ke depan (setidaknya 5-7 tahun sampai generasi selanjutnya dirilis). Anda tidak perlu pusing soal upgrade jika ada game baru dengan kebutuhan grafis lebih berat. Untuk keperluan gaming jangka panjang jelas PS5 lebih oke. Mungkin jika Anda ingin menyimpan game lebih banyak, Anda cukup memikirkan untuk memperbesar storage PS5 saja.

3. Kinerja optimal dan mudah digunakan

Mungkin alasan yang satu ini cocok untuk Anda yang kurang memiliki banyak pengalaman dalam memainkan game di PC. Sama seperti konsol lainnya, PS5 menawarkan kemudahan penggunaan dan kinerja yang cenderung optimal dalam menjalankan semua game. Anda tidak perlu khawatir soal masalah kompatibilitas, update driver, apakah PC saya kuat untuk memainkan game A atau game B, dan sebagainya.

4. PS5 banyak game eksklusif

Source: Gamespot.com

Harus diakui bahwa PC memiliki satu sisi menarik karena disuguhi ribuan game yang tersedia di platform raksasa seperti Steam. Beberapa game di antaranya juga berstatus eksklusif. Namun kalau bicara soal eksklusivitas, PlayStation memiliki banyak seri game super keren yang sayang untuk dilewatkan. Sebut saja God of War, Uncharted, The Last of Us, Horizon series, Marvel’s Spider-Man, dan masih banyak lagi. Sederet judul populer tersebut hanya tersedia di PlayStation.

5. PS5 bisa memainkan game-game PS4

Untuk Anda yang belum berkesempatan memiliki PS4, kabar baiknya adalah: dengan PS5 Anda tetap bisa memainkan game-game dari konsol generasi sebelumnya itu. Fitur yang disebut backward compatibility ini memungkinkan Anda menjalankan game PS4 bahkan dengan framerate yang lebih baik. Ibarat memiliki dua konsol dari dua generasi dalam satu perangkat saja.

Itulah beberapa alasan kami lebih memilih PS5 dibanding merakit PC gaming. Ingat, konteks perbandingannya adalah untuk urusan bermain game saja. Bukan untuk produktivitas seperti mengakses Office, editing foto/video, dan sebagainya. Jika Anda berminat meminang PS5, konsol ini siap dirilis di Indonesia pada 22 Januari 2021 mendatang dan pre-order dibuka mulai 18 Desember 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain