Quantcast
Mobile GadgetNewsPilihanSmartphone

[OPPO INNO DAY 2020] Mengintip Kecanggihan Teknologi Layar Gulung OPPO X 2021

OPPO INNO DAY 2020 digelar sebagai ajang bagi OPPO untuk memperkenalkan rangkaian konsep teknologi terbaru garapan mereka yang mungkin akan diimpelementasikan pada produk di masa depan. Dari tiga hal utama yang dipamerkan di acara tersebut, OPPO X 2021 merupakan konsep teknologi canggih yang bisa dibilang paling menarik perhatian.

OPPO X 2021 dengan layar gulung

Bagaimana tidak? OPPO X 2021 mengedepankan teknologi layar gulung yang belum pernah ditemui pada smartphone manapun sebelumnya. Seperti diketahui, belakangan format smartphone dan tablet di dalam satu perangkat baru bisa disajikan dengan layar lipat saja.

Nah, yang bikin penasaran, sesungguhnya bagaimana cara kerja dari layar gulung di perangkat konsep OPPO X 2021?

Teknologi layar gulung OPPO X 2021

Bagi yang belum tahu, OPPO X 2021 adalah konsep ponsel masa depan OPPO dengan layar yang bisa diatur ukurannya antara 6,7 inci dan 7,4 inci. Dengan begitu, pengguna bisa menyesuaikan besaran layar ketika menikmati konten multimedia, bermain games, atau melakukan multitasking.

OPPO X 2021 Rollable Concept Handset Gaming 1

Yang membuat OPPO X 2021 terlihat futuristik adalah caranya dalam menghadirkan layar lebih besar dari kondisi normal 6,7 inci. Cukup dengan menyentuh salah satu bagian ponsel, layar akan melebar dan menyesuaikan aspect ratio secara otomatis.

Lewat beragam video yang diunggah oleh mereka yang hadir langsung di OPPO INNO DAY 2020, terlihat perubahan ukuran layar pada OPPO X 2021 berjalan amat mulus. Menariknya lagi, proses membuka layar ke ukuran yang lebih besar pun sama sekali tidak membut konten yang ditampilkan pada layar terganggu.

Dalam acara temu pers online yang digelar oleh OPPO Indonesia, Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan bahwa OPPO X 2021 didukung oleh Powertrain Roll Motor yang merupakan teknologi baru milik OPPO, pelat 2-in-1 yang mendukung kehadiran layar tanpa celah, dan laminasi layar Warp Track.

Yuk, kita bahas satu per satu!

Powertrain Roll Motor

Powertrain Roll Motor berperan untuk membuat tampilan yang secara otomatis memendek dan memanjang dengan mulus. Teknologi dibekali dua motor penggerak yang terpasang di perangkat, dan menghasilkan keluaran gaya konstan yang digunakan untuk menarik layar dan menyajikannya dalam ukuran yang lebih besar.

OPPO X 2021 Powertrain Roll Motor

OPPO memastikan bahwa dengan rancangan seperti ini tekanan dapat didistribusikan secara merata, serta tarikan atau dorongan yang tiba-tiba tidak akan merusak layar. Jadi intinya, teknologinya berbeda dengan mekanisme engsel sederhana yang bisa jadi lebih berpotensi terhadap kerusakan apabila menerima tenaga yang terlalu berlebihan.

Pelat 2-in-1

Pelat 2-in-1 pada OPPO X 2021 terdiri dari penempatan dua substrat pendukung pada kedua sisi di bagian dalam perangkat, yang memiliki struktur seperti sisir untuk menopang layar. Ketika layar ditarik, kedua media pendukung akan saling berdekatan untuk membentuk satu permukaan.

Pelat 2 in 1 OPPO X 2021

Sementar ketika gulungan layar dibuka, satu media akan meluncur keluar untuk menopang layar. Substrat pada kiri dan kanan mendukung layar seperti pada keadaan tidak digulung dengan celah segmen nol untuk menjaga tampilan tetap terlihat mulus.

Laminasi Warp Track

Terakhir soal Warp Track. Menurut OPPO, layar gulung memang sangat kokoh ketika ditekuk. Tapi peningkatan ketebalan pada keseluruhan layar akan mempengaruhi sejauh mana layar tersebut dapat ditekuk. Pada tantangan inilah OPPO menggunakan laminasi Warp Track.

Singkatnya, laminasi Warp Track dibuat dengan material baja berkekuatan sangat tinggi sebagai bahan utama. Tingkat ketebalan laminasi paling tipis hanya 0,1 milimeter saja. Dirancang dengan pola linier, laminasi Warp Track bisa diandalkan untuk meningkatkan ketahanan layar terutama saat layar menekuk.

OPPO X 2021 gif

Smartphone masa depan OPPO!

Itulah gambaran singkat tentang bagaimana cara kerja layar gulung pada OPPO X 2021. Intinya, OPPO X 2021 yang masih berupa konsep perangkat merupakan wujud eksplorasi OPPO untuk mengejar bentuk baru sebuah smartphone masa depan. Kapan dan produk apa yang nantinya akan mengusung teknologi layar gulung masih menjadi tanda tanya.

Dalam proses pengembangan perangkat OPPO X 2021, OPPO telah mengumpulkan berbagai pengalaman termasuk hak paten. Khusus untuk OPPO X 2021, OPPO telah mengajukan 122 paten dan 12 di antaranya terkait dengan mekanisme pada layar gulung.

Back to top button