MediaTek Umumkan Dimensity 700, SoC 7nm Untuk Smartphone 5G Kelas Menengah

MediaTek kembali mengumumkan kehadiran SoC atau chipset terbarunya yang sudah mendukung jaringan 5G. Disebut Dimensity 700, chipset yang dirancang untuk smartphone kelas menengah ini dibekali sederet fitur canggih selain tentunya performa yang bertenaga. Seperti apa?

Spesifikasi MediaTek Dimensity 700

svg%3E

Dalam acara MediaTek Summit 2020 yang digelar secara online, Selasa (10/11) waktu Indonesia, MediaTek menjelaskan bahwa Dimensity 700 merupakan chipset dengan fabrikasi 7nm yang dijanjikan punya efisiensi daya hingga 18 persen lebih baik dibanding chipset 8nm.

Dimensity 700 dipersenjatai CPU octa-core dengan 2-core Cortex-A76 berkecepatan 2.2 GHz dan 6-core Cortex-A55 yang hemat daya, berkecepatan 2.0GHz. Soal grafis, MediaTek mengandalkan GPU ARM Mali-G57 MC2 berkecepatan 950MHz. Chipset ini juga mendukung penggunaan layar dengan refresh rate 90Hz di resolusi Full HD+, sehingga mampu menyajikan gambar yang tajam dan mengurangi blue dalam animasi, scrolling, hingga saat bermain games.

Untuk urusan kamera, Dimensity 700 merupakan pasangan yang ideal untuk sensor utama 48MP atau 64MP dengan AI-bokeh, AI-color, dan AI-beauty. Yang lebih menarik, MediaTek menyebut chipset anyarnya itu memiliki pengurangan noise multi-frame sehingga pengguna bisa mengambil gambar berkualitas tinggi dengan noise rendah, bahkan di malam hari.

svg%3E

Dimensity 700 memiliki fitur-fitur konektivitas tingkat lanjut termasuk 5G Carrier Aggregation (2CC 5G-CA) dan 5G dual SIM dual standby (DSDS). Itu artinya, pengguna dapat mengakses kecepatan tertinggi dan layanan-layanan ekslusif 5G seperti Voice over New Radio (VoNR) dari koneksi manapun di antara dua kartu SIM.

“Dimensity 700 memiliki gabungan fitur-fitur konektivitas 5G, kemampuan kamera tingkat lanjut seperti night shot, dan dukungan untuk lebih dari satu asisten suara, seluruhnya dalam desain yang sangat irit daya,” kata Dr. JC Hsu, Corporate VP dan GM Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

Tidak ketinggalan Dimensity 5G juga didukung teknologi MediaTek 5G UltraSave. Bagi yang belum tahu, fitur ini menghadirkan berbagai teknologi penghemat daya untuk meningkatkan umur baterai, termasuk UltraSave Network Environment Detection, MediaTek 5G UltraSave OTA Content Awareness, Dynamic BWP dan Connected Mode DRX.

Teknologi tertanam ini secara cerdas mengelola koneksi 5G perangkat sehingga pengguna bisa melakukan lebih banyak hal dan tidak perlu mengisi daya terlalu sering.

Jadwal ketersediaan MediaTek Dimensity 700

Dengan segala kemampuannya yang cukup menarik itu, sayangnya MediaTek belum mau memberi bocoran kapan perangkat pertama dengan Dimensity 700 akan tiba di pasaran. Kita tunggu saja!

Verified by MonsterInsights