Apple M1: Chipset Mac Pertama yang Berbasis ARM

Apple akhirnya resmi mengumumkan chipset pertamanya untuk Mac. Chipset berbasis ARM tersebut diberi nama Apple M1 dan diklaim membawa sederetan teknologi terdepan, termasuk inti CPU yang tercepat, GPU integrasi yang sangat kencang dan hemat daya.

svg%3E

Spesifikasi Apple M1

Apple M1 hadir dengan fabrikasi 5nm yang membawa 16 milyar transistor. Apple M1 adalah chipset 8 core atau inti yang terdiri dari empat core performa tinggi dan empat core efisiensi tinggi. Dengan kombinasi tersebut Apple M1 menawarkan performa yang lebih baik dan sangat hemat daya.

svg%3E

Secara arsitektur chipset ini mirip dengan chipset A14 yang digunakan iPhone. Pasalnya, Apple M1 juga mengusung arsitektur unified memory (UMA). Keunggulan dari UMA memungkinkan Apple M1 untuk melakukan pemrosesan data lebih cepat. Ini karena masing-masing komponen seperti CPU, GPU, I/O Controller dan kompenen lain bisa mengakses memori yang sama secara langsung. Lebih detilnya Apple mengungkapkan peningkatan ini akan sangat terasa saat penyuntingan foto dan video dengan performa yang lebih cepat.

svg%3E

Lalu seberapa kencang Apple M1? Menurut klaim Apple, chipset Apple M1 menawarkan total performa CPU dan GPU yang dua kali lipat lebih cepat jika dibandingkan prosesor dari pabrikan lain yang memimpin industri saat ini. Apple juga mengklaim kemampuan machine learning Apple M1 bahkan 15x lebih cepat.

Terakhir adalah soal konsumsi daya. Apple M1 sangat efisien soal konsumsi daya. Chipset ini menjanjikan waktu guna hingga 17 jam untuk web browsing dan hingga 20 jam untuk memutar video di MacBook Pro 13 terbaru. Sementara, untuk MacBook Air terbaru bisa hingga 15 jam dan hingga 18 jam untuk web browsing dan memutar video.

Kabar baiknya lagi Apple M1 juga akan mendukung konektivitas USB 4 dan Thunderbolt. Jadi, meski tidak diotaki prosesor Intel pengguna tetap bisa menikmati keunggulan Thunderbolt yang sangat cepat.

Ketersediaan Chipset Apple M1

Chipset Apple M1 saat ini sudah tersedia dan bisa ditemukan di Apple Mac Mini, MacBook Pro 13 dan MacBook Air terbaru.

Verified by MonsterInsights