Berminat dengan OPPO Enco W51? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

OPPO Enco W51 hadir di Indonesia sebagai penantang serius di ranah perangkat audio nirkabel. Bahkan dalam daftar pribadi kami, TWS 1 jutaan rupiah ini termasuk dalam jajaran yang terbaik di kelasnya berkat kenyamanan dan kualitas audio yang ditawarkannya.

Sekadar informasi, OPPO Enco W51 merupakan headphone nirkabel pertama di bawah naungan OPPO Acoustics yang dibekali fitur Active Noise Cancellation. Untuk Anda yang berminat meminang TWS ini dalam waktu dekat, berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari OPPO Enco W51:

Kelebihan OPPO Enco W51

1. Desain nyaman di telinga dan bobotnya amat ringan

svg%3E

Ada cukup banyak headset nirkabel yang punya kualitas audio mumpuni. Meski begitu, tidak semuanya memiliki desain yang terasa nyaman ketika dikenakan di telinga, terutama untuk durasi pemakaian yang lama. OPPO Enco W51 adalah salah satu yang punya kelebihan di sektor ini.

Pada kontur telinga kami, OPPO Enco W51 yang mengusung konstruksi ala kapsul dengan eartip berbahan silikon terasa begitu pas dan tidak mudah terlepas. Bobotnya juga amat ringan. Kami sering menggunakan TWS ini selama berjam-jam, dan sama sekali tidak terasa sakit di telinga.

2. Kualitas audio tergolong mantap di kelasnya

OPPO Enco W51 mengandalkan diafragma graphene komposit TPU ganda 7mm untuk memberikan respon audio yang lebih baik. Ada pula dukungan AAC audio dengan definisi tinggi dan format audio SBC. Karakter suara yang ditawarkan oleh OPPO Enco W51 lebih ke arah Balance alias seimbang.

Tuning audionya tidak menonjolkan salah satu frekuensi. Semua terasa pas untuk memutar lagu dengan genre apapun. Treble-nya jernih, mid-nya sedap didengar, dan bass-nya pun cukup bertenaga tapi masih pada level yang empuk di telinga.

svg%3E

3. Pairing mudah, latency cukup rendah

Dari segi konektivitas, TWS ini sudah mengadopsi chip Bluetooth 5.0 yang selain menjanjikan sambungan yang stabil, secara teori juga bisa menghubungkan Enco W51 dengan perangkat lainnya hingga jarak 10 meter. Proses pairing terasa amat mudah baik ketika menggunakan smartphone OPPO maupun ponsel dari brand lainnya.

Latency-nya pun rendah. Ketika dicoba untuk menonton video di YouTube atau film di Netflix, sinkronisasi antara audio dan visual tampak cukup baik dan tidak terasa adanya delay yang mengganggu. Bahkan untuk bermain games pun masih ideal. Kami mencoba COD Mobile dan hasilnya keterlambatan suaranya tidak signifikan.

4. Teknologi ANC cukup efektif meredam suara sekitar

Sejauh pengujian kami, ANC pada OPPO Enco W51 mampu meredam suara frekuensi rendah seperti kipas angin, indoor AC, fan dari PC, mesin mobil, dan suara-suara sejenisnya dengan amat baik. Begitu ANC diaktifkan, seketika suara dari lingkungan sekitar langsung hilang.

svg%3E

5. Panggilan suara jernih

Untuk menunjang panggilan suara atau video pun OPPO Enco W51 bisa diandalkan berkat keberadaan ANC. Microphone-nya mampu menangkap suara dengan jernih dan Anda pun dapat mendengar lawan bicara dengan baik, bahkan ketika berada di luar ruangan dengan kondisi berangin sekalipun.

6. Baterai cukup awet dan sudah mendukung wireless charging

Ditambah dengan baterai pada casing-nya, OPPO Enco W51 dapat digunakan selama 24 jam, atau selama 20 jam jika ANC selalu aktif. Pengisian dayanya juga cepat. Charging selama 15 menit memungkinkan pengguna mendengarkan musik selama 3 jam. OPPO Enco W51 juga sudah dipersenjatai fitur Qi wireless charging, walaupun charging pad-nya dijual terpisah alias tidak termasuk dalam paket penjualan.

7. Paket penjualan sudah termasuk ekstra eartip dengan ukuran berbeda-beda

Tidak perlu khawatir apabila ukuran eartip yang terpasang kurang sesuai dengan bentuk lubang telinga Anda. Pasalnya, dalam paket penjualan Enco W51 OPPO sudah menyediakan beberapa pasang eartip ekstra dengan ukuran yang berbeda-beda, selain juga terdapat kabel charging USB Type-C.

svg%3E

Kekurangan OPPO Enco W51:

1. Fungsi Tap Controls agak terbatas, tidak mendukung pengaturan volume

OPPO Enco W51 memang sudah mendukung Tap Controls. Meski begitu, sayangnya fungsinya agak terbatas dan Anda tidak bisa mengatur volume langsung dari earphone. Anda dapat mengaktifkan dan mematifkan Active Noise Cancelling hanya dengan mengetuk earphone sebelah kiri dua kali. Selain itu, ada pula fungsi lainnya seperti menghentikan koneksi, mengganti lagu, menerima atau menutup panggilan telepon, serta memanggil asisten suara.

2. Kustomisasi Tap Controls hanya didukung oleh ponsel OPPO

Satu fitur menarik yang dimiliki OPPO Enco W51 adalah kemampuan untuk memodifikasi fungsi Tap Controls. Meski begitu, fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna ponsel OPPO. Tentunya akan lebih menarik jika disediakan aplikasi pendamping yang bisa digunakan oleh pengguna ponsel brand lain.

svg%3E

3. Terkadang masih terdapat lag (seperti terputus) sepersekian detik, khususnya ketika digunakan bermain games

Ada kalanya kami merasakan adanya lag sepersekian detik saat bermain games. Meski tidak terlalu signifikan, akan lebih baik jika OPPO memperbaiki hal ini melalui update di masa depan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari OPPO Enco W51. TWS ini cocok untuk Anda yang sedang mencari TWS untuk kebutuhan mendengarkan musik, berkomunikasi, hingga menikmati konten lainnya seperti film. OPPO Enco W51 saat ini sudah tersedia di Indonesia baik secara online maupun offline, dan dijual dengan harga Rp1.299.000.

Verified by MonsterInsights