Review Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Reader Rating2 Votes
7.4
8.4

Meneruskan statusnya sebagai seri smartphone tercanggih dari Samsung, Galaxy Note 20 Ultra tampil dengan fitur terbaru yang menarik. Salah satunya tentu di sektor kamera, yang sedikit lebih baik dari kamera Samsung Galaxy S20 Ultra.

Tidak seperti S20 Ultra yang menjual Space Zoom 100x, Note 20 Ultra “hanya” menjagokan Super Resolution Zoom 50x yang disempurnakan oleh AI.  Fitur jagoan lain dari kamera Note 20 Ultra juga masih sama seperti S20 Ultra, seperti hasil foto 108 megapixel, video dengan resolusi 8K, Super Steady, mode Pro Video serta setting mikrofon yang bisa diatur.

Melihat betapa banyaknya fitur yang dimiliki kameranya, kami sengaja fokus mengulas Samsung Galaxy Note 20 Ultra dari sisi kameranya saja.

Cemerlang di kondisi cahaya ideal

Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi sebagai berikut:

  • Kamera utama dengan sensor 108 megapixel dan lensa 26mm f/1.8
  • Kamera ultra-wide dengan sensor 12 megapixel dan lensa 13mm f/2.2
  • Kamera telephoto dengan sensor 12 megapixel dan lensa periskop zoom 120mm f/3.0

Untuk kamera utama dan kamera telephoto, terdapat fitur O.I.S atau Optical Image Stabilisation agar hasil foto tetap tajam walaupun ada guncangan tangan. Bicara soal zoom, setting lensa antara 1.1x zoom hingga 4.9x zoom adalah hybrid digital zoom.

Seperti yang sudah diduga dan diharapkan dari sebuah smartphone kelas flagship, hasil foto kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra di kondisi cahaya ideal sangat baik. Warna terlihat cemerlang, dengan rentang dinamis yang baik. Hasil foto juga tajam, dengan noise yang minimal. Berikut hasil foto kamera utama Samsung Galaxy Note 20 Ultra tanpa penyuntingan.

20201014_133058

20201015_063251

normal zoom

Kualitas foto agak menurun saat kami menggunakan zoom, tapi masih amat pantas untuk dicetak hingga 10R. Hasil foto dengan kamera ultra-wide cukup baik, walau masih di bawah kamera utama. Distorsi lensa ultra lebarnya agak terasa pada sudut-sudut pengambilan yang ekstrim. Tapi pada foto dengan sudut pengambilan lurus ke depan, distorsinya hanya terlihat di samping-sampingnya saja.

Berikut hasil foto Note 20 Ultra dalam berbagai setting zoom di kondisi cahaya ideal.

Ultra wide

ultra wide

Normal 1x zoom

normal 1x zoom

10x zoom

zoom 10x

50x zoom

zoom 50x

Normal 1x zoom

normal 1x zoom

Ultra wide

ultra wide

Normal 1x zoom

normal 1x zoom

Telephoto 5x zoom

zoom 10x

Bagi yang ingin mencetak foto dalam ukuran besar, bisa memanfaatkan mode 108 megapixel. Detil foto sedikit meningkat, tapi perlu diingat bahwa efek guncangan tangan akan terlihat lebih jelas pula dalam mode ini. Berikut hasil foto 108 megapixel Note 20 Ultra tanpa penyuntingan.

20201015_091918

20201013_075536

Hasil foto kamera Note 20 Ultra saat memotret dari jarak dekat juga cukup baik. Sayangnya area fokus juga menyempit jika memotret dari jarak dekat. Ini berarti hanya bagian tengah frame yang akan terlihat tajam. Bagian pinggir kanan, kiri, atas, dan bawah akan terlihat kabur seperti contoh foto berikut.

20201018_094133

close up

Agar hasil foto terlihat tajam di hampir seluruh frame (untuk obyek yang flat seperti kertas), bidik obyek dari jarak lebih jauh dan lakukan cropping. Berikut contoh foto close-up dari jarak yang tidak terlalu dekat.

20201013_075504

20201018_145753

Karakteristik ini hanya mengganggu jika Anda ingin memotret obyek 2 dimensi seperti brosur atau obyek lain dari atas. Untuk obyek lain, hasil fotonya mampu menampilkan efek bokeh yang menarik walaupun tidak menggunakan mode Live Focus. Berikut contoh foto close-up Note 20 Ultra tanpa penyuntingan.

20201015_092259

Anda juga bisa menggunakan zoom untuk mengisolasi obyek saat memotret, walaupun hasilnya tidak sebaik kamera utama dengan setting 1x zoom. Efek penajaman cukup terlihat dan detil juga berkurang, namun hanya jika dilihat di layar besar. Berikut contoh hasil foto Note 20 Ultra dalam setting zoom 2x.

zoom 2x

Sedangkan hasil foto dari kamera depan ternyata cukup menjanjikan. Selama di kondisi cahaya yang ideal, foto selfie yang dihasilkan terlihat penuh detil dengan ketajaman yang baik seperti terlihat pada contoh berikut.

selfie

Beralih ke dalam ruangan atau kondisi minim cahaya, hasil foto selfie cenderung kabur dan penuh noise.

Handal dalam kondisi low-light

Beralih ke mode low-light atau minim cahaya, kamera Note 20 Ultra tetap tangguh. Hasil foto dalam mode Auto akan terlihat lebih gelap, sejalan dengan kecenderungan Note 20 Ultra untuk meminimalisir noise sehingga tidak menaikkan exposure. Kestabilan tangan amat berpengaruh untuk hasil foto di kondisi minim cahaya, dan itu juga berlaku untuk Note 20 Ultra. Untuk hasil foto malam terbaik, ada Night Mode dan Pro Mode.

Dengan Night Mode, rentang dinamis dan detil di area gelap akan terlihat lebih baik. Tidak seperti ponsel lain, Night Mode pada Note 20 Ultra tidak akan menghasilkan foto yang amat terang dan sangat berbeda dengan kondisi di pandangan mata. Namun hasil foto Night Mode Note 20 Ultra akan terlihat lebih alami dengan noise yang cukup minim. Detail tetap terlihat baik dengan Night Mode. Tapi pada obyek yang kompleks, seperti pohon, kumpulan daun di ranting akan terlihat kurang detil.

Di bawah ini adalah hasil foto Note 20 Ultra dalam mode malam, tanpa penyuntingan.

Night mode

Night mode

Bagi yang suka memotret subyek manusia, terdapat mode Live Focus yang bisa menyajikan efek bokeh unik. Selain dapat dipilih, efek bokeh yang dihasilkan juga bisa diganti-ganti setelah foto dihasilkan. Separasi antara subyek dan latar juga cukup rapi.

Berikut contoh hasil foto Samsung Galaxy Note 20 Ultra dalam mode Live Focus.

20201006_114703

Sebagai informasi, hasil foto dalam mode Live Focus akan lebih baik jika jarak subyek dan latar cukup jauh, rambut subyek rapi serta subyek tidak banyak bergerak saat difoto.

Fitur video superior

svg%3E

Satu keunggulan kamera Note 20 Ultra terletak pada kemampuan videonya yang lengkap. Ada begitu banyak opsi yang bisa diatur di Note 20 Ultra, mulai dari aspect ratio video, mikrofon yang aktif merekam hingga pengaturan setting manual video. Untuk pengguna awam, fitur-fitur tersebut mungkin kurang berguna. Tapi bagi yang ingin mendalami videografi atau videografer, fitur tersebut akan bermanfaatkan untuk menghasilkan rekaman video yang optimal.

Kualitas rekaman video 4K yang dihasilkan Note 20 Ultra amat baik, dengan kualitas suara yang baik pula. Berikut beberapa contoh video dari kamera depan maupun kamera belakang Note 20 Ultra langsung dari kamera.

Kamera depan
20201013_064701

Super Steady aktif

Steady

Selain ada mode Pro Video yang bisa mengatur setting kamera saat merekam video secara manual, juga ada opsi mengatur penangkapan suara pada mikrofon. Berikut contoh hasil rekaman video Samsung Galaxy Note 20 Ultra menggunakan Pro Mode.

20201013_064238

Sama seperti kamera S20 series, ada juga fitur Hyperlapse dan Super Slow Motion yang hasilnya cukup baik. Untuk slow motion, kami lebih menganjurkan setting 240 fps yang lebih baik hasilnya terutama di kondisi minim cahaya.

Slow Motion
slow motion

Hyperlapse
20201015_054227

Salah satu ponsel dengan kamera terbaik saat ini

Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan dari kamera Samsung Galaxy Note 2020. Dari sisi fotografi, depth of field yang terlalu tipis saat foto jarak dekat merupakan keluhan yang paling terasa selama memakainya. Saturasi yang agak terlalu tinggi untuk beberapa warna primer seperti biru dan merah juga perlu diperhatikan.

Hasil foto dengan zoom lebih dari 1x cukup baik, walaupun detil dan ketajamannya menurun cukup kentara. Di malam hari, hasil foto dengan Night Mode yang tidak seterang kompetitornya juga perlu dicermati, walaupun ini diimbangi dengan hasil foto malam hari yang minim noise.

Untuk video, kualitas rekamannya amat baik. Apalagi ditunjang dengan performa mikrofon internal yang superior. Fitur Super Steady juga amat membantu saat merekam video sambil bergerak.

Fitur slow-motion juga berguna dan cukup baik, walaupun fitur Super slow-motion 960fps hanya efektif di kondisi cahaya terang.

Setelah mencoba Samsung Galaxy Note 20 Ultra selama lebih dari satu bulan, kami berani menyimpulkan bahwa ini adalah salah satu smartphone dengan kualitas foto dan video terbaik di tahun 2020. Ditunjang dengan fitur yang canggih dan berguna, ponsel ini akan cocok digunakan bagi pencipta konten media sosial atau pengguna yang gemar memotret dan membuat video dengan ponsel.

Kelebihan kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra

  • Hasil foto kamera utama amat baik di kondisi cahaya terang dan temaram
  • Hasil foto kamera ultra-wide hampir sebagus kamera utama di kondisi cahaya terang
  • Respons kamera cepat dengan fokus otomatis yang cukup akurat
  • Hasil foto zoom 5x cukup baik di kondisi cahaya terang
  • Fitur Super Steady efektif meredam guncangan
  • Hasil video dengan kamera depan dan belakang amat baik
  • Video dengan efek slow motion punya kualitas baik
  • Foto selfie amat baik di kondisi cahaya ideal

Kekurangan kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra

  • Hasil foto selfie di dalam ruangan dan cahaya temaram kurang tajam
  • Foto dari jarak dekat hanya tajam di area tengah
  • Hasil foto dengan zoom lebih dari 1x terlihat kurang detil dengan efek penajaman yang kentara jika dilihat di layar komputer
  • Video 8K terlalu besar ukurannya dan susah disunting
  • Super slow motion hanya baik pada kondisi cahaya amat terang
  • Mode foto 108 megapixel agak mudah kabur jika tangan kurang stabil
svg%3E
Keren untuk video & foto
Setelah mencoba Samsung Galaxy Note 20 Ultra selama lebih dari satu bulan, kami berani menyimpulkan bahwa ini adalah salah satu smartphone dengan kualitas foto dan video terbaik di tahun 2020. Ditunjang dengan fitur yang canggih dan berguna, ponsel ini akan cocok digunakan bagi pencipta konten media sosial atau pengguna yang gemar memotret dan membuat video dengan ponsel. 
Fitur
9
Kamera utama
9
Kamera depan
8
Kamera ultra-wide
8
Kamera telephoto
7.5
Hasil foto
8.5
Hasil video
9
Reader Rating2 Votes
7.4
8.4
Verified by MonsterInsights