[Tips] Konferensi Video dan Siaran Langsung Menggunakan Kamera Canon

Konferensi video saat kerja dari rumah menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para pekerja di masa pandemi COVID-19. Tapi, tidak semua laptop punya webcam dengan kualitas gambar yang baik. Solusinya bisa menggunakan webcam tambahan atau bisa juga menggunakan kamera mirrorless atau DSLR. Setiap pabrikan kamera saat ini sudah menyiapkan aplikasi khusus untuk mengubah kameranya menjadi webcam untuk konferensi video atau siaran langsung.

Nah, di tips kali ini kami akan memberikan panduan bagaimana langkah-langkah mengubah kamera Canon Anda menjadi webcam menggunakan software bernama EOS Webcam Utility. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh aplikasi Canon EOS Webcam Utility dari situs Canon di sini.
2. Buka file .zip Canon EOS Webcam Utilty kemudian pilih Setup.exe
3. Klik ok dan ikuti semua langkah instalasi hingga instalasi selesai
4. Siapkan kamera Canon Anda, atur posisinya dan pasang ke tripod. Di tips kali ini kami menggunakan kamera mirrorles EOS M6 Mark II.

Untuk kamera Canon yang kompatibel dan bisa diubah menjadi webcam sebagai berikut.

5. Hubungkan kamera Canon EOS M6 Mark II ke laptop atau desktop PC menggunakan kabel USB. Untuk Canon EOS M6 Mark II bisa menggunakan USB Type C.

6. Kemudian, nyalakan Canon EOS M6 Mark II
7. Pilih modus video di Canon EOS M6 Mark II. Menariknya, Anda juga masih dimungkinkan untuk memanfaatkan teknologi Autofocus di kamera sehingga wajah atau mata Anda akan tetap fokus.

wajib diperhatikan juga pengaturan kamera seperti ISO, bukaan diafragma dan kecepatan rana kamera. Sesuaikan pengaturan ISO, bukaan diafragma dan kecepatan rana kamera dengan kondisi pencahayaan di ruangan. Untuk ruangan dengan kondisi pencahayaan yang cukup terang bisa pilih ISO 800 atau ISO 1600, kemudian atur bukaan diafragma ke bukaan terbesar dan sesuaikan kecepatan rana kamera dengan bukaan diafragma.

8. Jalankan aplikasi konferensi video. Untuk tips kali ini kami menggunakan aplikasi Zoom.
9. Di pengaturan Zoom kemudian pilih video. Di opsi kamera kemudian pilih EOS Webcam Utilty.

Berikut perbandingan antara kamera webcam laptop dengan kamera EOS M6 Mark II:

Webcam di laptop

Canon EOS M6 Mark II

10. Kamera Canon Anda langsung siap untuk digunakan konferensi video dengan kualitas gambar yang jauh lebih jelas, terang dan tajam jika dibandingkan webcam laptop.

Selama menggunakan Canon EOS M6 Mark II menjadi webcam di Zoom, kami juga masih dimungkinkan untuk memanfaatkan fitur latar virtual dari Zoom.

Untuk melakukan siaran langsung di platform Youtube, langkah-langkahnya juga sama. Setelah masuk di beranda Youtube Studio, di menu Webcam Anda hanya perlu memilih opsi EOS Webcam Utility dan kamera bisa langsung digunakan untuk siaran langsung tanpa perlu lagi menggunakan software broadcasting seperti OBS.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain