Review OPPO Enco W51

TWS dengan dukungan ANC dan Wireless Charging



8.7

Melengkapi ekosistem produknya di ranah IoT (Internet of Things), OPPO belum lama ini kembali meluncurkan perangkat audio dari kategori TWS, yakni Enco W51. Satu hal yang membuatnya menarik, OPPO Enco W51 merupakan headphone nirkabel pertama di bawah naungan OPPO Acoustics yang dibekali fitur Active Noise Cancellation.

Karena sebelumnya sudah mengetahui lebih dulu spesifikasi dan fitur-fiturnya, kami cukup antusias ketika TWS ini pertama kali hadir di meja pengujian Yangcanggih.com. Lalu, apakah OPPO Enco W51 mampu menyajikan performa audio yang sesuai ekspektasi kami? Yuk, langsung saja simak ulasannya:

Desain OPPO Enco W51

OPPO Enco W51 hadir dengan dominasi warna putih (disebut Floral White) yang akan Anda temui baik pada perangkat earphone-nya maupun casing-nya. Secara keseluruhan dimensi casing-nya tergolong kecil dan ringan, sehingga amat mudah untuk dibawa bepergian termasuk dimasukkan ke saku celana.

Bagian casing-nya menggunakan finishing glossy, dan yang kami cukup suka, menurut kami tidak mudah terlihat kotor. Casing-nya dibuat minimalis dan ergonomis. Anda akan mendapati logo OPPO serta port USB Type-C untuk mengisi daya. Pada bagian dalam casing ada sebuah tombol untuk memudahkan Anda melakukan pairing, serta lampu LED yang juga berfungsi sebagai indikator baterai.

Soal earphone-nya sendiri, dari segi desain pada dasarnya tidak terlalu tampak perbedaan dengan Enco W31 yang dirilis lebih dulu. Pada kontur telinga kami, OPPO Enco W51 yang mengusung konstruksi ala kapsul dengan eartip berbahan silikon terasa begitu pas dan tidak mudah terlepas. Bobotnya juga amat ringan dan nyaman digunakan untuk durasi yang lama.

Tidak perlu khawatir apabila ukuran eartip yang terpasang kurang sesuai dengan bentuk lubang telinga Anda. Pasalnya, dalam paket penjualan Enco W51 OPPO sudah menyediakan beberapa pasang eartip ekstra dengan ukuran yang berbeda-beda, selain juga terdapat kabel charging USB Type-C.

OPPO Enco W51 sendiri sudah pendukung fitur Tap Controls. Anda dapat mengaktifkan dan mematifkan Active Noise Cancelling hanya dengan mengetuk earphone sebelah kiri dua kali. Selain itu, ada pula fungsi lainnya seperti menghentikan koneksi, mengganti lagu, menerima atau menutup panggilan telepon, serta memanggil asisten suara.

Di bagian dalam earphone juga terdapat sensor yang akan mendeteksi dan menghentikan lagu secara otomatis ketika Anda melepasnya dari telinga. Perlu diketahui pula bahwa OPPO Enco W51 telah memiliki rating IP54 yang artinya tahan terhadap debu serta percikan air.

Performa audio OPPO Enco W51

OPPO Enco W51 mengandalkan diafragma graphene komposit TPU ganda 7mm untuk memberikan respon audio yang lebih baik. Ada pula dukungan AAC audio dengan definisi tinggi dan format audio SBC. Sekilas, apa yang disuguhkan oleh OPPO dari segi audio tampak cukup meyakinkan.

Karakter suara yang ditawarkan oleh OPPO Enco W51 lebih ke arah Balance alias seimbang. Tuning audionya tidak menonjolkan salah satu frekuensi. Semua terasa pas untuk memutar lagu dengan genre apapun. Treble-nya jernih, mid-nya sedap didengar, dan bass-nya pun cukup bertenaga tapi masih pada level yang empuk di telinga.

Saat dicoba mendengarkan lagu For The First Time dari The Script, kami merasa semua instrumen terdengar dengan jelas dan staging-nya pun cukup luas. Vokal Danny O’Donoghue terdengar warm dengan posisi yang agak ke depan (tidak terpendam di belakang), hentakan kick drum Glen Power mantap, dan gitar Mark Sheehan pun terasa detil.

Beralih ke lagu Daft Punk – Get Lucky, kami cukup terkejut ketika mengetahui ternyata OPPO Enco W51 mampu menyajikan setiap instrumen dan vokal dari lagu ini dengan baik. Sound stage-nya jelas. Posisi gitar, ketukan hi-hat, kick drum, suara sang vokalis, hingga alunan bass-nya semua terasa pas.

Sementara untuk lagu yang lebih ‘keras’, kami mencoba OPPO Enco W51 untuk mendengarkan band-band seperti Slipknot, System of A Down, dan Disturbed. Intinya tetap terasa enak, asalkan Anda tidak mengatur volume ke level yang terlalu tinggi. Apabila terlalu berlebihan, barulah mulai terdengar adanya distorsi suara yang menurut kami masih cukup wajar untuk sebuah TWS mungil seharga 1 jutaan rupiah.

Konektivitas dan ANC OPPO Enco W51

Dari segi konektivitas, TWS ini sudah mengadopsi chip Bluetooth 5.0 yang selain menjanjikan sambungan yang stabil, secara teori juga bisa menghubungkan Enco W51 dengan perangkat lainnya hingga jarak 10 meter. Proses pairing terasa amat mudah baik ketika menggunakan smartphone OPPO maupun ponsel dari brand lainnya.

Latency-nya pun rendah. Ketika dicoba untuk menonton video di YouTube atau film di Netflix, sinkronisasi antara audio dan visual tampak cukup baik dan tidak terasa adanya delay yang mengganggu. Bahkan untuk bermain games pun masih ideal. Kami mencoba COD Mobile dan hasilnya keterlambatan suaranya tidak signifikan.

Enco W51 hadir dengan solusi pengurangan noise “2+2” yang mengkombinasikan chip digital noise reduction dual-core high-end processor dengan teknologi ganda ANC, dan memperluas spektrum frekuensi noise reduction menjadi 2.5 kHz. Enco W51 dilengkapi dengan pengurangan kebisingan maksimum yang terdepan di industry sebesar 35 dB.

Menariknya lagi, fitur ANC pada OPPO Enco W51 menggunakan solusi pengurangan kebisingan dengan kehadiran tiga mikrofon. Dikombinasikan dengan sebuah saluran udara yang dirancang untuk mengurangi kebisingan angin, pengguna dapat mendengar panggilan dengan jernih bahkan dalam kondisi kecepatan angin hingga 25 km / jam.

Sejauh pengujian kami, ANC pada OPPO Enco W51 mampu meredam suara frekuensi rendah seperti kipas angin, indoor AC, fan dari PC, mesin mobil, dan suara-suara sejenisnya dengan amat baik. Begitu ANC diaktifkan, seketika suara dari lingkungan sekitar langsung hilang. Meski begitu, untuk suara dengan pitch yang lebih tinggi seperti suara obrolan manusia dengan volume yang agak keras masih terdengar jelas.

Keberadaan ANC pun amat membantu meningkatkan pengalaman penggunaan seperti menelepon atau video call. Microphone-nya mampu menangkap suara dengan jernih dan Anda pun dapat mendengar lawan bicara dengan baik, bahkan ketika berada di luar ruangan dengan kondisi berangin sekalipun.

Baterai OPPO Enco W51

Ditambah dengan baterai pada casing-nya, OPPO Enco W51 dapat digunakan selama 24 jam, atau selama 20 jam jika ANC selalu aktif. Pengisian dayanya juga cepat. Charging selama 15 menit memungkinkan pengguna mendengarkan musik selama 3 jam. OPPO Enco W51 juga sudah dipersenjatai fitur Qi wireless charging, walaupun charging pad-nya dijual terpisah alias tidak termasuk dalam paket penjualan.

Kesimpulan

Di kisaran harga 1 hingga 1,5 jutaan rupiah, kami menilai OPPO Enco W51 merupakan salah satu opsi terbaik bagi Anda yang sedang mencari TWS untuk kebutuhan mendengarkan musik, berkomunikasi, hingga menikmati konten lainnya seperti film. Kualitas audionya patut diacungi jempol. Fiturnya juga cukup lengkap, dan kemampuan ANC-nya tergolong oke di kelasnya. Yang tidak kalah penting, OPPO Enco W51 adalah TWS yang sangat nyaman dipakai untuk durasi yang lama.

OPPO Enco W51 saat ini sudah tersedia di Indonesia baik secara online maupun offline. Bagi yang yang berminat, OPPO Enco W51 dijual dengan harga Rp1.299.000.

Kelebihan OPPO Enco W51:

  • Kualitas audio tergolong mantap di kelasnya
  • Pairing mudah, latency cukup rendah
  • Desain nyaman di telinga dan bobotnya amat ringan
  • Teknologi ANC cukup efektif meredam suara sekitar
  • Panggilan suara jernih
  • Baterai cukup awet dan sudah mendukung wireless charging
  • Paket penjualan sudah termasuk ekstra eartip dengan ukuran berbeda-beda

Kekurangan OPPO Enco W51:

  • Fungsi Tap Controls agak terbatas, tidak mendukung pengaturan volume
  • Kustomisasi Tap Controls hanya didukung oleh ponsel OPPO. Akan lebih menarik jika disediakan aplikasi pendamping yang bisa digunakan oleh pengguna ponsel brand lain.
  • Terkadang masih terdapat lag (seperti terputus) sepersekian detik, khususnya ketika digunakan bermain games.

OPPO Enco W51 ideal untuk: Pengguna casual yang gemar mendengarkan musik sambil beraktivitas. Pengguna yang membutuhkan earphone nirkabel untuk komunikasi.

OPPO Enco W51 kurang ideal untuk: Basshead, alias pengguna yang sangat menyukai hentakan bass yang kuat. Gamer yang menginginkan headphone untuk bermain di level yang kompetitif.

OPPO Enco W51
Di kisaran harga 1 hingga 1,5 jutaan rupiah, kami menilai OPPO Enco W51 merupakan salah satu opsi terbaik
8.7

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score