Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

DJI RS 2 dan RSC 2: Duo Gimbal Kamera Ringkas dan Ringan, Baterai Tahan 12 Jam



DJI mengumumkan kehadiran gimbal RS 2 dan RSC 2. Kedua gimbal ini menjadi awal baru lini gimbal DJI Ronin yang kini namanya disederhanakan menjadi “R” saja.

DJI RS 2 dan RSC 2 1

DJI RS 2

DJI RS 2 dan RSC2 menyasar segmen yang berbeda. Kendati demikian, keduanya tetap membawa rancangan yang ringkas. DJI RS 2 hadir dengan dimensi lebih besar. Model ini cocok untuk kamera DSLR dan kamera sinema yang bobotnya lebih berat. Sementara, RSC 2 untuk pengguna kamera mirrorless dan kamera saku.

Dirancang untuk kamera yang ukurannya lebih besar DJI RS 2 membawa rancangan dari material serat karbon. Bobot kamera ini realtif ringan, hanya 1,29 Kg. Rancangan gimbal ini sanggup menahan bobot kamera dan lensa hingga 4,5 Kg.

DJI RS 2 dan RSC 2 3

Menurut DJI, RS 2 telah mengadopsi algoritma penstabil DJI Titan Stabilization yang lebih optimal menstabilkan pengambilan gambar. Gimbal ini juga telah didukung mode SuperSmooth yang bisa memastikan pengambilan gambar tetap stabil, terutama saat menggunakan lensa dengan jarak fokal 100mm.

Rancangan DJI RS 2 juga sudah termasuk pengunci sumbu axis untuk mempermudah saat menyeimbangkan gimbal ini. DJI juga menambahkan knop penyeimbang untuk mengatur keseimbangannya agar lebih presisi. Dudukan mounting plate yang dibawanya juga kompatibel dengan standar Arca-Swiss dan Manfrotto. Selain itu, tersedia juga layar sentuh 1.4 inci yang berguna untuk menampilkan data kamera, pengaturan gimbal dan gambar dari kamera.

DJI RS 2 dan RSC 2 2

K413 728 yangcanggih

Untuk fitur lain, DJI RS 2 telah mendukung fitur DJI ActiveTrack, beragam mode pintar untuk pengambilan gambar, dan membawa baterai yang bisa digunakan hingga 12 jam. Baterainya juga sudah mendukung fitur isi ulang cepat. Hanya dengan waktu isi ulang 15 menit gimbal ini bisa digunakan hingga 2 jam.

DJI RSC 2

Beralih ke DJI RSC 2, gimbal ini rancangannya lebih ringkas dengan model lipat. Jadi, lebih mudah dibawa berpergian. Tidak seperti RS 2, DJI RSC 2 belum mendukung rancangan serat karbon. Walau begitu, DJI RSC 2 tetap kuat dan bisa menahan bobot kamera dan lensa hingga sekitar 2,9 Kg.

DJI RS 2 dan RSC 2 4

Kemampuan stabilisasi RSC 2 sama dengan RS 2. Keduanya mengandalkan algoritma penstabil DJI Titan Stabilization. Di DJI RSC 2 juga bisa ditemukan pengunci sumbu Axis, dudukan mounting plate, dan layar OLED dengan ukuran lebih kecil yakni 1-inci. Untuk daya tahan baterai RSC 2 bisa digunakan hingga 12 jam dan membawa dukungan fitur isi ulang cepat yang sama seperti RS 2.

DJI RS 2 dan RSC 2 5

Untuk mode pengambilan gambar kedua gimbal ini membawa 6 mode baru. Keenam mode ini diantaranya:

1. Time Tunnel: sistem gimbal akan membuat efek putar 360 derajat di video hyperlapse.
2. Flashlight: di mode ini sistem gimbal secara otomatis akan memiringkan kamera kedepan sehingga grip bisa dipegang seperti memegang senter.
3. One-Tap Portrait Mode: orientasi gimbal akan berubah ke vertikal.
4. Panorama: untuk pengambilan gambar panorama hingga ukuran gigapixel
5. Roll 360: sistem gimbal akan masuk ke mode flashlight dan memutar kamera 360 derajat
6. Timelapse: fitur ini akan menampilkan setiap perubahan selama durasi yang dipilih

Harga DJI RS 2 dan RSC 2

DJI RS 2 dan RSC 2 sudah tersedia melalui situs DJI. Untuk harga DJI RS 2 mulai dari US$849 dan RSC 2 harganya mulai dari US$499.

More Stories
VIXIA Mini 11 super wide
Canon LEGRIA mini, Optimal Untuk Merekam Diri Sendiri