Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Apple iPhone 12 dan iPhone 12 Mini: Ukuran Lebih Kecil, Performa Didukung Chipset A14 Bionic



Apple akhirnya memperkenalkan jajaran iPhone generasi terbarunya, yakni iPhone 12 Series. Total ada empat iPhone anyar yang dipamerkan. Dua di antaranya adalah iPhone 12 dan iPhone Mini. Nama yang disebut pertama merupakan suksesor dari iPhone 11, sementara saudaranya tampil sebagai opsi menarik untuk penggemar ponsel berukuran lebih kecil.

Spesifikasi iPhone 12 dan iPhone 12 Mini

iPhone 12

iPhone 12 mengusung layar berukuran 6,1 inci dengan panel OLED Super Retina XDR yang telah dilengkapi dukungan HDR dan Dolby Vision. Kombinasi yang amat menggiurkan dan tentunya menjanjikan tampilan gambar tajam dengan warna yang memanjakan mata.

Sementara iPhone 12 Mini menawarkan layar 5,4 inci dengan teknologi yang kurang lebih sama. Bukan cuma lebih kecil, bobot iPhone 12 Mini pun tergolong amat ringan, yakni hanya 133 gram saja. Satu nilai jual yang cukup baik mengingat saat ini semakin jarang brand yang meluncurkan ponsel baru dengan ukuran kisaran 5 inci.

Yang patut digarisbawahi, Apple iPhone 12 dan iPhone 12 Mini menggunakan proteksi Ceramic Shield terbaru yang diklaim punya durabilitas 4 kali lipat lebih baik dalam menahan benturan. Keduanya juga sudah memiliki sertifikasi IP68 yang artinya tahan air hingga kedalaman 6 meter selama maksimal 30 menit.

iPhone 12 and iPhone 12 mini features

K413 728 yangcanggih

Apple kali ini mengandalkan chipset baru bernama A14 Bionic 6-core yang mengadopsi fabrikasi 5nm. Ya, 5nm! Performanya jelas lebih kencang dibanding pendahulunya. Untuk urusan daya, Apple tidak menjelaskan berapa kapasitas baterai dari masing-masing produk terbarunya itu. Namun yang pasti, iPhone 12 dan iPhone 12 Mini sama-sama memiliki teknologi MagSafe Wireless Charging.

Beralih ke sektor kamera, Apple menanamkan sensor 12 megapixel f/1.6 di belakang dengan OIS dan dukungan True Tone Flash. Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 4K di 60fps serta Slow Motion 1080p di 240fps. Selain itu, ada juga kamera kedua 12 megapixel ultra wide dengan aperture f/2.4. Untuk swafoto disediakan sensor 12 megapixel TrueDepth yang juga mampu merekam video hingga 4K 60fps. Yang lebih menarik, semua kameranya kini mendukung Night Mode dan tambahan fitur baru bernama Night Mode Time-Lapse.

iphone 12 iphone 12 mini

Harga iPhone 12 dan iPhone 12 Mini

Apple iPhone 12 dan iPhone 12 Mini akan tersedia dalam pilihan warna Black, Blue, (PRODUCT) Red, Grey dan White. Belum ada informasi kapan keduanya bakal masuk ke pasar Indonesia. iPhone 12 Mini dijual dengan harga mulai dari US$699, sementara iPhone 12 mulai dari US$799. Sesuai rumor yang beredar sebelumnya, Apple tidak lagi menyertakan charger dalam paket penjualannya.

 

More Stories
lenovoyogatablet
Lenovo Yoga Tablet, Andalkan Desain Silinder Unik dan Baterai 16 Jam