Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Berminat dengan OPPO Reno4 F? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya



OPPO Indonesia baru saja meresmikan kehadiran Reno4 F. Dijual dengan harga Rp4.299.000, smartphone dengan bodi tipis ini sudah bisa dipesan sejak 12 hingga 16 Oktober 2020 dengan bonus hadiah langsung berupa Giftbox OASE LP01 senilai Rp800.000. Jadi kalau Anda memang berminat meminang Reno4 F, sekaranglah saat yang paling pas untuk segera melakukan pre-order.

Nah, khusus untuk Anda yang masih ragu apakah menjadikan OPPO Reno4 F sebagai daily driver selanjutnya adalah keputusan yang tepat, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan OPPO Reno4 F

1. Bodi tipis dan ringan, desain stylish

OPPO Reno4 F 1

OPPO Reno4 F hadir sebagai seri Reno paling tipis dengan ketebalan hanya 7,48mm. Bobotnya juga ringan, yakni 164 gram saja. Ketika digenggam pun terasa nyaman dengan sensasi grip yang mantap.Kombinasi bodi tipis dan bobot yang ringan juga membuat OPPO Reno4 F lebih portabel dan ideal untuk dimasukkan ke dalam saku celana.

Satu lagi yang kami suka dari desain Reno4 F adalah finishing Shiny Matte pada cover belakangnya. Selain membuatnya tampak premium, sentuhan Shiny Matte juga menjadi solusi agar bodi Reno4 F tidak mudah kotor oleh bekas jari. Anda dapat memilih antara dua varian warna, Matte Black dan Metallic White.

2. Layar Super AMOLED dengan kualitas yang amat baik

OPPO Reno4 F 3

OPPO Reno4 F memiliki layar 6,43 inci. Panel yang digunakan adalah Super AMOLED dengan resolusi Full HD+, alias 2400×1080 pixel. Layar ini tampak terang karena tingkat kecerahannya mampu mencapai 800 nits, sehingga memudahkan kami untuk melihat konten pada layar di bawah sinar matahari yang terik. Layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland.

3. Kinerja gesit untuk pemakaian sehari-hari

OPPO Reno4 F 2

OPPO Reno4 F dipersenjatai chipset MediaTek Helio P95 octa-core, yang ditemani RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Untuk pemakaian sehari-hari, menurut kami OPPO Reno4 F terasa amat gegas. Membuka aplikasi dan beralih ke aplikasi lainnya cenderung mulus dan cukup cepat. OPPO juga sudah membenamkan Anti-Lagging Algorithm yang akan mendeteksi dan menyingkirkan data yang dapat mengganggu kelancaran pengoperasian.

4. Kamera oke, banyak fitur menarik

Smartphone ini memiliki 4 kamera yang terdiri dari sensor utama 48 megapixel f/1.8, sensor 8 megapixel dengan lensa wide-angle, sensor 2 megapixel Mono, dan satu sensor 2 megapixel lainnya. Keempat kamera tersebut disusun dalam sebuah frame persegi di pojok kiri atas, berdampingan dengan lampu flash.

AI Color Portrait OPPO Reno4 F (2)

AI Night Flare Portrait OPPO Reno4 F

Pengguna kembali akan menemukan fitur-fitur kamera menarik seperti yang tersedia pada Reno4. Sebut saja AI Color Portrait untuk membuat latar belakang menjadi hitam putih, AI Super Night Portrait untuk hasil foto selfie yang jernih di malam hari, AI Night Flare Portrait untuk menciptakan foto dengan background yang menampilkan efek neon artistik, serta AI Super Clear Potrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret.

5. Dual-Lens Bokeh untuk swafoto dan video

K413 728 yangcanggih

AI Color Portrait OPPO Reno4 F (3)

Untuk yang gemar selfie, OPPO Reno4 F menawarkan Dual-Lens Bokeh dengan dua kamera depan yakni 16 megapixel dan depth sensor 2 megapixel. Selain mampu menciptakan foto portrait dengan efek blur yang rapi, kedua kamera tersebut juga didukung fitur keren seperti AI Color Portrait dan Video Bokeh.

6. Ultra Steady efektif meredam guncangan

Bagi yang gemar membuat konten video, OPPO Reno4 F mampu merekam hingga resolusi 4K. Ada pula dukungan fitur Ultra Steady yang secara efektif mampu meredam guncangan, sehingga Anda bisa merekam video yang stabil tanpa alat bantu seperti gimbal.

7. Didukung fitur baru seperti Air Gestures dan Super Power Saving Mode

Asyiknya lagi OPPO juga menambahkan beberapa fitur baru misalnya Air Gestures. Bagi yang belum tahu, Air Gestures memungkinkan Anda mengangkat panggilan telepon tanpa harus menyentuh Reno4 F. Cukup gerakan tangan dari jarak sekitar 20-50 cm. Fitur yang sangat bermanfaat ketika Anda sedang makan dan ingin mengangkat telepon tapi tidak mau mengotori layar.

Reno4 F

Ada juga fitur Super Power Saving Mode yang sangat berguna ketika baterai Anda sudah mau habis, tapi masih belum sempat mengisi daya. Dengan baterai hanya tersisa 5 persen, Reno4 F dapat digunakan untuk berkomunikasi via WhatsApp selama 35 menit, menjalankan Google Maps selama 52 menit, memesan transportasi online, dan menelepon hingga 70 menit.

Kekurangan OPPO Reno4 F:

1. AI Color Portrait pada kamera selfie masih bisa ditingkatkan lagi

Selama kami mencoba fitur AI Color Portrait menggunakan kamera selfie, kami merasa terkadang warna yang disajikan pada objek utama tampak kurang akurat, khususnya pada bagian wajah. Mungkin nantinya OPPO akan menghadirkan update untuk meningkatkan kemampuan fitur tersebut.

2. Video bokeh dengan kamera depan terbatas di resolusi 720p

Ya, merekam video dengan kamera depan sembari mengaktifkan fitur video bokeh akan membatasi resolusi menjadi hanya 720p. Kalau fitur video bokeh dinonaktifkan, Anda bisa merekam hingga 1080p.

OPPO Reno4 F 2 1

3. Performa gaming masih agak tertinggal dibanding pesaingnya

Soal kemampuan gaming, OPPO Reno4 F memang tidak terlalu istimewa dan sedikit tertinggal dibanding para pesaingnya di kelas harga yang sama. Tapi bukan berarti kurang ideal untuk menjalankan judul-judul populer masa kini. Kami mencoba memainkan PUBG Mobile dan ternyata Reno4 F mampu memberikan frame rate yang amat stabil di pengaturan grafis Smooth-High.

4. Akan lebih menarik jika memiliki NFC

Untuk Anda yang membutuhkan NFC, OPPO Reno4 F tidak dibekali fitur tersebut.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno4 F. Semoga setelah membaca artikel kami, Anda bisa membulatkan tekad untuk segera melakukan pemesanan OPPO Reno4 F, terutama selagi bonus menariknya masih tersedia. Klik tautan berikut ini untuk memesan OPPO Reno4 F.

More Stories
Smartfren meluncurkan KUOTA NONSTOP
Smartfren Hadirkan Paket Kuota Nonstop, Mulai 6 GB dengan Harga 30 Ribu Rupiah