Gojek SHIELD Hadirkan Fitur untuk Mengidentifikasi Order Fiktif Secara Cepat

Gojek hari ini, Selasa (13/10), memperkenalkan teknologi Gojek SHIELD yang kini hadir dengan inovasi baru berupa Fitur Lapor Ofik (Order Fiktif) Gak Pake Lama, serta teknologi untuk mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis. Keduanya dijanjikan akan lebih memberikan keamanan dan kenyamanan mitranya dalam bekerja, serta pengguna secara umum dalam mengakses layanan.

Gojek SHIELD berbasis machine learning dan AI

svg%3E

Dalam sebuah webinar yang digelar bersama awak media, Gojek menjelaskan bahwa Gojek SHIELD dikembangkan berdasarkan aspirasi serta kebutuhan mitra driver di lapangan. Teknologi ini bekerja dengan memanfaatkan machine learning dan AI (keceradasan buatan).

Fitur Lapor Ofik (Order Fiktif) Gak Pake Lama memungkinkan mitra driver dapat melaporkan order fiktif langsung dari aplikasi driver tanpa harus menelpon call center. Memanfaatkan kecanggihan machine learning dan kecerdasan buatan, dalam waktu kurang dari 2 menit setelah laporan dibuat melalui aplikasi, sistem akan secara otomatis membatalkan order yang terindikasi fiktif.

Sementara teknologi untuk mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis akan mendeteksi dan menindak mitra yang menggunakannya. Contohnya Fake GPS, dan Mod App atau aplikasi modifikasi. Apabila terdeteksi sistem, pengguna perangkat ilegal akan mendapat sanksi bertahap, mulai dari penonaktifan akun sementara sampai dengan pemutusan kemitraan.

“Teknologi machine learning dan kecerdasan buatan telah kami manfaatkan untuk mendeteksi serta menindak berbagai tindakan curang yang merugikan mitra driver, termasuk diantaranya order fiktif dan penggunaan perangkat ilegal. Sebelumnya teknologi sejenis juga telah banyak membantu meningkatkan keamanan mitra, misalnya lewat fitur Verifikasi Muka dan penyamaran nomor telepon,” kata Kelvin Timotius, Head of Driver Operations – Trust & Safety Gojek.

Kelvin menambahkan, keberadaan fitur keamanan yang terdapat dalam Gojek SHIELD menjadikan 92 persen mitra Gojek merasa akun mereka lebih aman. Selain memanfaatkan teknologi Gojek SHIELD, tim Gojek juga proaktif dalam mencegah risiko keamanan dan membantu pihak berwajib untuk mengungkap keberadaan sindikat kriminal pembuat aplikasi ilegal.

Pendeketan preventif dan edukasi

svg%3E

Selain menjaga keamanan melalui proses yang bersifat korektif, Gojek juga menjalankan pendekatan preventif untuk melindungi mitra-mitranya dari risiko keamanan. Lewat teknologi, Gojek terus menghadirkan dan memperbarui fitur-fitur yang tepat guna seperti fitur Verifikasi Muka, Penyamaran Nomor Telepon (number masking) yang dapat melindungi nomor telepon pengguna dan mitra driver dari penyalahgunaan, maupun fitur-fitur yang meningkatkan keamanan secara umum seperti tombol darurat (emergency button) dan bagikan perjalanan (share trip).

Gojek juga kerap melakukan edukasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan literasi akan pentingnya menjaga keamanan. Di sisi mitra, edukasi mencakup materi mengenai cara pemanfaatan perangkat keamanan serta imbauan dan peringatan agar mitra tidak melakukan tindakan yang dapat membahayakan keamanan mereka. Edukasi dilakukan melalui pesan di aplikasi, forum kopdar mitra Gojek, maupun ‘Tips Pintar’ yang merupakan fitur e-learning platform terbaru di dalam aplikasi mitra driver.

Verified by MonsterInsights