Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review HP 14s-dk1003au: Laptop 5 Jutaan dengan Keyboard Backlit Untuk Belajar dan Bekerja di Rumah



7.8
Cek Harga

Dengan harga dan performa yang ditawarkan AMD Ryzen terbukti berhasil mengangkat kembali pamor AMD yang sempat meredup. Laptop-laptop kelas menengah hingga laptop gaming dengan AMD Ryzen terus bermunculan. Lalu bagaimana dengan segmen laptop di kelas entry yang harga jualnya lebih murah? Kabar baiknya, AMD tidak serta merta meninggalkan segmen tersebut. Segmen ini diisi oleh prosesor AMD Athlon. Redaksi yangcanggih.com kali ini kehadiran satu laptop dari AMD dengan AMD Athlon Gold. Laptop tersebut dari pabrikan HP yakni HP 14s dk100au. Penasaran dengan performanya? Simak ulasannya berikut ini.

HP 14s dk1003au 1

Desain HP 14s-dk1003au

Murah tidak berarti murahan. Setidaknya impresi inilah yang kami tangkap saat pertama kali melihat HP 14s-dk1003au. Dibanderol dengan harga 5 jutaan desain laptop ini terlihat cukup premium dengan balutan warna silver. Bobotnya yang sekitar 1,47 Kg juga relatif ramping dan ringan. Mudah dibawa bekerja di mana saja.

Port konektivitas yang dibawanya juga lengkap. Di sisi kiri ada satu port USB Type-C dan slot pembaca kartu memori SD. Sisi kanan ada dua port SuperSpeed USB Type-A, satu port HDMI 1.4b, RJ-45 dan port headphone/mikrofon combo.

Layar HP 14s-dk1003au

HP 14s-dk1003au juga tampil dengan layar micro-edge yang bingkainya tipis di sisi kiri dan kanan panel layar. Sementara, di sisi atas dan bawah area layar bingkainya masih cukup lebar. Terlihat cukup kekinian di kelas harganya. Di atas panel layarnya bisa ditemukan webcam TrueVision HD. Cukup disayangkan HP belum melengkapi webcam tersebut dengan fitur penutup untuk melindungi privasi.

HP 14s dk1003au 2

Panel layarnya berukuran 14 inci dengan resolusi layar 1366 x 768 pixel. Layarnya tergolong rata-rata, sama seperti laptop kelas entry lain. Mengingat harga jualnya yang murah kami juga maklum resolusi layarnya belum Full HD dan tidak mengusung panel IPS. Jadi, sudut pandang dari panel layarnya memang terbatas. Walau begitu, secara keseluruhan layarnya tetap masih sangat memadai digunakan untuk bekerja, browsing hingga menikmati konten multimedia.

Keyboard dan Trackpad HP 14s-dk1003au

Membawa layar yang biasa saja, satu nilai tambah dari HP 14s-dk1003au ada di sektor keyboard. Strategi HP memasang lampu backlit di keyboard HP 14s-dk1003au menurut kami patut diacungi jempol. Pasalnya, tidak mudah bisa menjumpai laptop dengan keyboard backlit di kelas harganya ini.

HP 14s dk1003au 6

Apalagi, keyboard dengan gaya chiclet yang dibawanya juga nyaman digunakan untuk mengetik. Ukuran tombol, kedalaman dan jarak antar tombol sangat pas. Area trackpad mouse pun cukup lebar dan sangat responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan trackpad mouse juga dibuat terpisah, tidak menyatu dengan trackpad. Kedua tombolnya ini pun cukup empuk dan tidak terlalu berisik saat ditekan.

Performa HP 14s-dk1003au

Beralih ke sektor performa dapur pacu laptop ini dipercayakan pada prosesor AMD Athlon Gold 3150U, RAM 4GB dan ruang penyimpanan Hard disk dengan kapasitas 1TB. Untuk hasil benchmark sebagai berikut.

Dengan spesifikasi standarnya tersebut performa HP 14s-dk1003au lumayan kencang di kelasnya. Menjalankan aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office dan browsing spesifikasinya sangat memadai. Untuk konferensi video melalui beragam platform konferensi video seperti Zoom saat kami gunakan untuk Work From Home (WFH) juga masih mumpuni. Singkatnya, spesifikasi laptop ini pas untuk kebutuhan komputasi dasar yang ringan dan tidak terlalu berat. Laptop ini juga bukan diperuntukkan untuk gaming. Walau begitu, untuk sekedar mengisi waktu luang game-game ringan seperti DOTA:2 atau CS:GO masih bisa dijalankan dengan cukup lancar.

K413 728 yangcanggih

HP 14s dk1003au 3

Andai saja HP melengkapinya dengan SSD rasanya HP 14s-dk1003au akan semakin menarik di kelas harganya. Apalagi, opsi upgrade dari laptop ini juga cukup banyak. Jika kurang puas dengan kinerjanya, performa HP 14s-dk1003au masih bisa ditingkatkan. RAM bisa diupgrade, ada dua slot RAM di sistem laptop ini. Dengan konfigurasi RAM dual channel setidaknya bisa jadi solusi untuk mendongkrak performa GPU AMD Radeon RX Vega 3 yang dibawanya. Upgrade atau menambah SSD untuk meningkatkan kinerjanya agar lebih cepat juga dimungkinkan. Jadi, jika ada dana lebih opsi upgrade cukup kami sarankan

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Dari pengujian kami daya tahan baterainya tergolong rata-rata. Untuk penggunaan mengetik, browsing, dan tersambung ke WiFi dengan tingkat kecerahan layar 50% tanpa menyalakan keyboard backlit baterainya bisa tahan sekitar 5 jam.

Kesimpulan

Di tengah tren bekerja dan sekolah dari rumah, laptop saat ini menjadi satu perangkat yang cukup dibutuhkan. Performa HP 14s-dk1003au terbukti lumayan dan bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan komputasi dasar. Keyboard dengan lampu backlit dan opsi upgrade komponen untuk meningkatkan performanya menjadi daya tarik sendiri di kelas harganya.

Laptop ini bisa dipilih dan sangat kami rekomendasikan untuk para pelajar atau pekerja yang punya dana terbatas. Apalagi, dengan harga jual yang ada di kisaran Rp5.299.000 HP 14s-dk1003au tergolong relatif murah karena dijual sudah termasuk dengan Windows 10 dan Microsoft Office Home Student 2019.

Yang Canggih
+ Performa lumayan untuk komputasi dasar
+ Harga relatif murah
+ Port konektivitas lengkap
+ Bobot relatif ringan
+ Dilengkapi keyboard Backlit
+ Bisa upgrade RAM dan Ruang Penyimpanan
+ Sudah termasuk Windows 10 dan Microsoft Office Home Student 2019

Yang Kurang
– Layar rata-rata
– Belum menggunakan SSD

Laptop ini bisa dipilih dan sangat kami rekomendasikan untuk para pelajar atau pekerja yang punya dana terbatas.
7.8
Cek Harga
More Stories
ipad solar charger
Apple Juicz: Charger Tenaga Matahari Untuk MacBook Anda