Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Garmin Instinct Solar Surf Edition: Smartwatch dengan Panel Surya dan Fitur Khusus Peselancar



Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 6
8.1

Sebagai salah satu penyedia smarwatch tangguh untuk para pecinta aktivitas outdoor, Garmin memiliki rangkaian produk yang ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya adalah seri Instinct Solar yang hadir dalam beberapa varian. Yang akan kami ulas di artikel kali ini adalah Garmin Instinct Solar Surf Edition.

Sesuai namanya, Surf Edition berarti jam tangan pintar ini dibekali fitur khusus untuk para peselancar. Yang lebih menarik, seri Instinct Solar juga memiliki teknologi panel surya untuk menyerap tenaga matahari dan mengubahnya menjadi daya untuk membuat baterai bertahan lebih lama.

Penasaran seperti apa kecanggihan Garmin Instinct Solar Surf Edition? Yuk, langsung saja simak!

Desain Garmin Instinct Solar Surf Edition

Sebagian besar produk smarwatch garapan Garmin memang mengedepankan desain yang tangguh agar mampu bertahan di berbagai kondisi yang ekstrem. Begitu pula Instinct Solar Surf Edition, yang tampil layaknya jam petualang dengan rancangan berstandar militer MIL-STD-810G untuk ketahanan termal, kejut, dan air hingga 100 meter.

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 1

Materialnya merupakan perpaduan antara fiber, polimer, serta strap berbahan silikon. Kombinasi yang tentunya menawarkan durabilitas tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap perubahan cuaca dan benturan ketika beraktivitas di medan yang berat. Bagian layarnya sendiri juga dilapisi kaca yang kuat dan anti gores.

Dari segi desain, karena dirancang untuk para penggemar aktivitas outdoor, tidak heran jika tampilan Instinct Solar Surf Edition cenderung sporty dan maskulin. Ketebalan dan lebarnya juga membuatnya terlihat bongsor, apalagi jika Anda memiliki pergelangan tangan yang mungil. Tentunya jam tangan ini kurang ideal untuk dikenakan di acara-acara yang sifatnya formal.

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 5

Di Indonesia, Garmin Instinct Solar Surf Edition tersedia dalam dua pilihan warna yakni Pipeline seperti yang ada di artikel review kami kali ini, serta Cloudbreak. Menurut Gaming, strap tipe Quickfit pada Instinct Solar Surf Edition membuatnya mudah dilepas dan diganti dengan strap sejenis sesuai selera Anda asalkan ukurannya 22 mm.

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 4

Anda akan menemukan lima tombol fisik pada Instinct Solar Surf Edition dengan fungsi yang berbeda-beda. Sama seperti seri Fenix, karena layar pada smarwatch ini tidak mendukung sentuhan, maka semua pengendalian dilakukan lewat kelima tombol tersebut.

Layar Garmin Instinct Solar Surf Edition

Garmin Instinct Solar Surf Edition hadir dengan layar yang mengusung konsep dua-jendela (ada ekstra layar kecil berbentuk bulat). Resolusinya hanya 128 x 128 pixel saja dan masih hitam-putih. Ya, Anda tidak akan menemukan layar AMOLED yang tajam dan penuh warna seperti smartwatch pada umumnya. Karena dirancang agar hemat baterai dan mudah terlihat di bawah sinar matahari, Garming menggunakan layar transflective memori-in-pixel (MIP).

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 9

Meski begitu, Anda tetap bisa memilih beberapa opsi Watch Face mulai dari yang bergaya jam digital hingga analog. Tingkat kecerahan layarnya sendiri juga sangat baik dan menurut kami bisa menampilkan konten dengan jelas baik di kondisi cahaya matahari yang amat terang hingga di malam hari yang gelap.

Pada layar tersebut Anda juga dapat memantau informasi utama seperti waktu, hari, tanggal, sisa baterai, dan karena ini Surf Edition, ada info soal ketinggian ombak. Anda juga bisa menggeser layar untuk mengakses fitur-fitur lainnya menggunakan tombol up dan down, serta mengaktifkan lampu untuk memudahkan melihat dalam gelap lewat tombol light.

Fitur Garmin Instinct Solar Surf Edition

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 6

K413 728 yangcanggih

Fitur pada Instinct Solar Surf Edition pada dasarnya mirip dengan seri Instinct Solar lainnya. Yang membedakannya hanyalah ketersediaan data yang menampilkan kondisi pasang surut laun, sehingga Anda yang ingin berselencar bisa menemukan ombak yang sempurna di pantai sekitar Anda.

Yang lebih menarik, seluruh aktivitas berselancar seperti rekap jumlah ombak, kecepatan maksimum yang dicapai, dan jarak yang ditempuh selama berselancar juga akan tersimpan. Sayangnya kami tidak bisa mencoba langsung kecanggihan fitur tersebut. Selain karena sedang masa pandemi, kami (khususnya saya sebagai penulis) bukanlah seorang peselancar.

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 2

Untuk fitur lainnya, Garmin Instinct Solar Surf Edition dilengkapi sensor detak jantung yang akan memonitor secara berkala, Pulse Ox untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, pelacakan stres, serta fitur untuk memantau body battery agar Anda bisa mengetahui kapan Anda siap aktif atau kapan Anda butuh istirahat.

Tidak ketinggalan, Instinct Solar Surf Edition memiliki dukungan sistem satelit navigasi global mulai dari GPS, GLONASS, hingga Galileo. Ada pula sensor navigasi ABC termasuk altimeter untuk data ketinggian, barometer untuk memantau cuaca, dan kompas elektronik 3-sumbu. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Tracback Routing sebagai panduan untuk memudahkan menemukan jalan pulang atau kembali ke titik awal.

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 7

Perlu diketahui pula bahwa meski statusnya merupakan Surf Edition, smartwatch ini tetap dilengkapi beberapa mode olahraga lainnya seperti lari, hiking, bersepeda, dan sebagainya. Notifikasi yang masuk ke smartphone pun bisa ditampilkan pada layar Instinct Solar ketika terhubung lewat Bluetooth.

Terakhir soal aplikasi Garmin Connect. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Semua aktivitas yang Anda lakukan ketika menggunakan Instinct Solar Surf Edition akan terekam dan dirangkum di aplikasi Garmin Connect. Selain itu, beberapa pengaturan juga bisa Anda akses dari sini.

Baterai dan panel surya Garmin Instinct Solar Surf Edition

Inilah yang menurut kami menjadi salah satu daya tarik utama dari Garmin Instinct Solar Surf Edition. Baterainya punya daya tahan yang luar biasa, yakni hingga 24 hari dalam mode smartwatch di dalam ruangan, dan lebih dari 50 hari dengan paparan sinar matahari yang memadai. Anda juga bisa mengatur daya tahan baterai melalui fitur Power Manager Instinct Solar.

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 3

Panel suryanya sendiri sangat canggih. Bahkan, Anda tidak perlu berada tepat di bawah sinar matahari yang terik agar panel surya pada Instinct Solar Surf Edition dapat menyerap energi. Ketika Anda berada di bawah bayangan pohon pun panel surya ini masih bisa bekerja. Performa panel surya bisa Anda pantau langsung dari jam tangan atau melalui aplikasi Garmin Connect.

Kesimpulan

Garmin Instinct Solar Surf Edition jelas bukan smartwatch untuk semua orang. Jam tangan ini punya pangsa pasar yang sangat spesifik, yakni pecinta aktivitas outdoor terutama yang menyukai olahraga selancar. Sebagai pengguna yang tidak termasuk dalam golongan tersebut, kami tetap merekomendasikan Garmin Instinct Solar Surf Edition sebagai pilihan utama Anda. Fiturnya lengkap, dan durabilitasnya sudah berstandar militer.

Bagi yang berminat, Garmin Instinct Solar Surf Edition sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp6.499.000.

Kelebihan Garmin Instinct Solar Surf Edition:

  • Bodi tangguh dengan standar militer
  • Layar nyaman dilihat di segala kondisi cahaya
  • Daya tahan baterai amat memuaskan
  • Dibekali teknologi panel surya
  • GPS, GLONASS, dan GALILEO
  • Ada fitur pemantau ombak untuk peselancar
  • Sensor detak jantung
  • Pulse Ox untuk mengukur kadar oksigen dalam darah

Kekurangan Garmin Instinct Solar Surf Edition:

  • Bodi cukup besar dan tebal
  • Lima tombol dengan fungsi berbeda terkadang membuat bingung dan terasa kurang praktis
  • Pilihan watch face kurang menarik

Garmin Instinct Solar Surf Edition ideal untuk: Peselancar. Penggemar aktivitas outdoor. Para petualang yang sering mengekplorasi medan berat.

Garmin Instinct Solar Surf Edition kurang ideal untuk: Pengguna casual yang tidak membutuhkan fitur-fitur di atas.

Garmin Instict Solar Surf Edition Indonesia 6
Garming Instinct Solar Surf Edition
Jam tangan ini punya pangsa pasar yang sangat spesifik, yakni pecinta aktivitas outdoor terutama yang menyukai olahraga selancar
8.1
More Stories
acer aspire P3 1
Acer Hadirkan Aspire P3, Ultrabook Dengan Konsep Seperti MS Surface Pro