Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Canon Selphy Square QX10: Printer Foto Portabel Ringkas, Hasil Cetak Berkualitas



8.5
Cek Harga

Printer portabel bisa jadi solusi yang paling mudah untuk mencetak foto dari smartphone. Salah satunya yaitu Canon Selphy Square QX10. Printer portabel teranyar dari Canon ini menawarkan hasil cetak format 1:1 dengan kualitas cetakan yang lebih tahan lama. Penasaran bagaimana performa dari Canon Selphy Square QX10? Simak ulasannya sebagai berikut.

canon selphy square 3

Desain Canon Selphy Square QX10

Canon Selphy Square QX10 hadir dengan desain yang ringkas dan ringan. Dimensinya hanya seukuran telapak tangan orang dewasa dengan bobot hanya 445 gram. Tidak repot membawa printer ini berpergian. Satu nilai tambah pilihan warna bodinya ada tiga yaitu hitam, putih dan merah muda. Dengan begitu, bisa disesuaikan dengan gaya masing-masing pengguna.

Canon Selphy Square QX10 2

Desainnya juga sangat minimalis. Hanya ada satu tombol di bagian depan untuk on/off. Di sisi kanan bodi terdapat slot untuk mengakses kaset tinta yang ditutup oleh sebuah panel.

Canon Selphy Square QX10 7

Tersedia juga port konektivitas microUSB untuk isi ulang baterainya. Cukup disayangkan Canon belum melengkapinya dengan port USB Type-C yang saat ini semakin populer di dunia gawai.

Canon Selphy Square QX10 4

Beralih ke bagian belakang bodinya, bisa ditemukan lagi panel yang menutup area untuk menempatkan kertas foto.

Fitur Canon Selphy Square QX10

Membawa desain yang sangat minimalis tanpa banyak tombol jelas printer portabel ini mengedepankan pengoperasian yang mudah. Prakteknya, memang terbukti Canon Selphy Square QX10 sangat praktis dan mudah sekali untuk digunakan.

Canon Selphy Square QX10 3

Bahkan, setup printer ini bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Untuk terhubung ke Canon Selphy Square QX10 pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Canon Selphy Photo Layout yang tersedia di AppStore dan PlayStore.

Setelah aplikasi selesai diunduh, buka aplikasi Canon Selphy Photo Layout. Kemudian, pastikan WiFi smartpone aktif dan tekan tombol on/off di Canon Selphy Square QX10. Aplikasi Canon Selphy Square kemudian akan meminta Anda untuk memindai barcode yang ada di panel penutup kaset tinta di samping kanan bodinya. Setelah pindai selesai Canon Selphy Square akan langsung terhubung ke smartphone.

Canon Selphy Square QX10 6

Di aplikasi Canon Selphy Square kami menemukan banyak fitur menarik. Tidak hanya membawa sederetan tools penyuntingan foto yang sederhana, tapi ada juga beragam opsi tata letak, ukuran bingkai, efek filter, bingkai, hingga beragam pilihan ornamen untuk ditambahkan ke cetakan foto. Tersedia juga opsi untuk menambah tulisan dan membuat kolase foto. Untuk membuat cetak kolase ini Canon Selphy Square hanya mengijinkan hingga maksimum 4 foto dalam satu kertas fotonya.

canon selphy square 4

K413 728 yangcanggih

Tapi, satu fitur yang paling diunggulkan dari Canon Selphy Square adalah teknologi cetak dan kertas fotonya. Printer ini mengusung teknologi cetak Dye-sublimation Thermal. Berbeda dengan teknologi cetak ZINK yang umum digunakan printer portabel.

Teknologi cetak Dye-sublimation Thermal membutuhkan kaset pita tinta dan kertas foto untuk mencetak foto. Prinsip kerjanya teknologi cetak warna sublimasi ini printer akan mengalirkan panas ke pita tinta untuk mencetak di kertas foto.

Untuk mempermudah pengguna setiap pembelian kertas fotonya sudah termasuk dengan kaset tinta tersebut. Satu paket berisi 20 lembar kertas foto dan satu kaset tinta. Cukup banyak dan di atas rata-rata printer portabel umumnya yang rata-rata hanya 10 lembar kertas foto.

Nah, untuk kertas foto Selphy Square yang kompatibel dengan printer ini juga istimewa. Selain ukurannya 1:1 yang bisa digunakan untuk mencetak foto ala film kamera instan, bagian belakangnya ternyata juga sudah dilengkapi stiker. Jadi, hasil cetakan fotonya bisa ditempel di mana saja.

Kertas fotonya tersebut juga telah diperkuat lapisan film khusus yang akan membuat foto mengilap dan terlindung dari air atau kotoran. Lapisan ini juga berguna untuk menjaga agar warna tidak pudar. Bahkan, daya tahan foto hasil cetak dengan SELPHY SQUARE QX10 dapat bertahan hingga 100 tahun ketika disimpan di dalam album.

Performa Canon Selphy Square QX10

Lalu bagaimana hasil cetakan dari Canon Selphy Square QX10? Menurut kami hasil cetakannya amat baik. Di atas rata-rata printer portabel sekelasnya yang mengusung teknologi cetak ZINK.

Canon Selphy Square QX10 1

Hasil cetakan foto Canon Selphy Square QX10 terlihat lebih tajam. Warna pada setiap cetakan foto juga terlihat lebih cemerlang dan konsisten. Kemampuan mencetaknya juga relatif cepat. Untuk satu cetakan foto bisa dihasilkan dengan waktu sekitar 43 detik saja.

Canon Selphy Square QX10 5

Untuk baterainya, Canon Selphy Square QX10 bisa mencetak hingga sekitar 20 foto untuk sekali isi ulang. Persentase daya baterai bisa dilihat langsung dari aplikasi Canon Selphy Photo Layout. Kemudahan lain, dibekali dengan baterai terintegrasi printer foto ini mendukung pengisian daya lewat power bank. Jadi, cetak mencetak foto bisa dilakukan di mana pun.

Kesimpulan

Hampir semua printer foto portabel mengedepankan kemudahan pemakaian. Tapi, dari pengujian kami Canon Selphy Square QX10 tidak hanya menawarkan kemudahan, tapi juga kualitas cetak foto yang jempolan. Dengan teknologi cetak Dye Sublimation Thermal hasil cetaknya amat baik dan di atas rata-rata printer foto portabel pada umumnya.

Canon Selphy Square QX10 juga sangat ekonomis. Satu paket kertas foto Sticker Label Set XZ-20L isi 20 dijual dengan harga Rp209.000. Ini artinya satu cetakan foto harganya hanya sekitar 10.450 ribu Rupiah. Lebih murah jika dibandingkan printer portabel lain sekelasnya yang harga satu paket kertas film di kisaran 150 ribu Rupiah untuk 10 lembar.

Harga Canon Selphy Square QX10 saat ini di pasaran Rp2.288.000. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya tersebut, Canon Selphy Square QX10 sangat kami rekomendasikan untuk pengguna yang memerlukan printer portabel praktis, mudah digunakan dan bisa menghasilkan cetakan foto yang berkualitas untuk berkreasi.

Yang Canggih:
+ Desain ringkas dan ringan
+ Mudah sekali digunakan
+ Hasil cetakan foto amat baik
+ Fitur di aplikasi Canon Selphy Photo Layout cukup untuk berkreasi
+ Kerta foto dilengkapi dengan stiker
+ Harga satu cetakan foto relatif murah
+ Cetak foto cepat

Yang kurang:
– Baterai kurang tahan lama
– Belum dilengkapi USB Type-C

Canon Selphy Square QX10 sangat kami rekomendasikan untuk pengguna yang memerlukan printer portabel praktis, mudah digunakan dan bisa menghasilkan cetakan foto yang berkualitas untuk berkreasi.
8.5
Cek Harga
More Stories
htc mini 0
HTC Mini: Remote Smartphone Berbasis NFC & Bluetooth