Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Ingin Punya Smartphone Harga 3 Jutaan Rupiah? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan realme 7i



realme sudah meluncurkan cukup banyak produk terbaru di sepanjang tahun 2020. Yang paling anyar adalah duo realme 7 dan realme 7i. Nama yang disebut terakhir sudah kami ulas secara lengkap dalam sebuah artikel review beberapa waktu yang lalu. Kesimpulannya, realme 7i merupakan smartphone yang cukup menggiurkan di kelasnya dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya.

Untuk lebih memudahkan Anda yang berminat membeli realme 7i dalam waktu dekat, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini:

Kelebihan realme 7i:

Desain two-tone yang atraktif

realme 7i aurora green

Dari sisi tampilan fisik, realme 7i tampil minimalis dengan desain layar punch hole di depan dan bodi two-tone atraktif di bodi belakang. Disebut two-tone karena finishing yang disajikan terlihat seperti memiliki dua bagian warna yang berbeda. realme sendiri menyediakan dua varian realme 7i, antara lain Polar Blue dan Aurora Green.

Layar mendukung refresh rate 90Hz

realme 7i termasuk dalam jajaran smartphone realme yang sudah mengusung layar Ultra Smooth dengan refresh rate 90Hz. Dengan refresh rate yang lebih tinggi dari kebanyakan ponsel di kisaran harga yang sama, layar realme 7i mampu menyajikan gambar dengan lebih halus terutama saat sedang menelusuri menu atau browsing.

realme 7i depan spek

Filter baru di mode Nightscape

realme 7i juga hadir dengan tiga filter malam yang menarik, yaitu Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Hanya dengan satu ketukan, pengguna dapat dengan mudah mengubah pemandangan malam kota dan membuat foto malam yang unik. Filter Cyberpunk merupakan kombinasi dari warna ungu dan biru. Sedangkan Flamingo memadukan warna merah dan abu-abu. Untuk Modern Gold, kombinasinya adalah warna hitam dan emas.

Hasil foto bagus di kondisi cahaya ideal

Berbekal kamera 64 MP, 8 MP ultra-wide, 2 MP makro, dan 2 MP B&W untuk portrait di belakang, serta 16 MP di depan, realme 7i bisa diandalkan untuk menangkap foto dengan kualitas yang bagus di kondisi cahaya ideal. Detil dan ketajaman di foto termasuk baik, dengan warna yang matang.

IMG20200904174203

portrait mode

IMG20200912134107

Performa lumayan kencang untuk main game

Bagi yang gemar bermain game, realme 7i dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662 masih tergolong mumpuni untuk menjalankan judul-judul favorit seperti Asphalt 9, Free Fire, PUBG Mobile, hingga Mobile Legends. Semua bisa dimainkan dengan mulus tanpa kendala berarti.

Untuk PUBG Mobile, Realme 7i mampu menjalankan setting Smooth dengan Anti-Aliasing aktif di 50 – 60 fps. Sedangkan untuk Mobile Legends, kami mendapatkan frame rate yang stabil di atas 60 fps dengan setting rata kanan dan Graphics High.

K413 728 yangcanggih

Fitur videografi cukup menarik

Realme 7i memiliki mode Cinema (Movie di menu) yang memberikan opsi pengaturan manual saat merekam video. Kemampuan merekam video realme 7i juga bisa diandalkan. Walaupun resolusinya masih terbatas Full HD pada 60fps, realme 7i telah dilengkapi penyetabil video UIS. Dari pengujian, penyetabil elektronik ini cukup efektif mengurangi efek guncangan saat merekam video sambil berjalan agak cepat.

VID20200910172002

Baterai tahan lama

Daya tahan baterai juga menjadi keunggulan realme 7i, yang mengusung slogan Power Master. Dari pengujian, baterai 5000mAh yang ada di realme 7i bisa bertahan hingga sekitar 15 jam, dengan pola pemakaian browsing dan chat cukup sering, memotret dan merekam video sesekali, serta mengakses sosial media secara intensif.

Harga paling terjangkau untuk smartphone dengan RAM 8GB & memori internal 128GB

Dari sederet smartphone dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang dijual secara resmi di Indonesia saat ini, realme 7i menawarkan harga yang paling terjangkau, yakni hanya Rp3.199.000.

Kekurangan realme 7i:

Noise cukup tinggi saat memotret di kondisi malam hari

Saat digunakan untuk memotret di malam hari, ternyata hasil foto dari kamera realme 7i masih memperlihatkan noise yang tergolong lumayan mengganggu. Mungkin hal ini bisa diperbaiki melalui update di masa depan.

realme 7i selfie

Hasil video kurang oke di kondisi cahaya temaram

Sama seperti kemampuan fotografinya, realme 7i juga kurang bisa diandalkan untuk merekam video saat cahaya temaram. Hasilnya tampak kurang tajam.

Bodi mudah kotor terkena jari

realme 7i memiliki masalah yang mirip dengan kebanyakan ponsel dengan finishing glossy. Ya, apalagi kalau bukan bodi yang mudah kotor oleh bekas jari. Solusinya, Anda harus memasang casing.

Kamera ultra makro kurang berguna

Meski sudah dibekali kamera ultra makro, sayangnya menurut kami kualitasnya kurang memuaskan untuk menghasilkan foto makro sesuai ekspektasi kami.

Layar masih HD+

Ya, dengan harga sekitar 3,2 juta rupiah, realme 7i ternyata masih menggunakan layar dengan resolusi HD+ saja. Belum Full HD+ seperti para pesaingnya di kisaran harga yang sama.

More Stories
sony 1
Produk Hiburan Sony Meriahkan Anime Festival Asia Indonesia 2014