[Tips] Cara Mengaktifkan Noise Cancellation di Google Meet Android dan iOS

Google Meet merupakan salah satu aplikasi video conference paling populer yang dipilih oleh sebagian pengguna yang menjalankan WFH alias Work From Home di tengah pandemi. Karena itu, tidak heran jika Google terus mengembangkan aplikasi andalannya tersebut dan menambahkan fitur terbaru seperti yang akan kami bahas di artikel ini, yaitu background noise cancellation atau peredam kebisingan.

svg%3E

 

Sesuai namanya, fitur noise cancellation pada Google Meet berfungsi untuk meredam suara bising dari lingkungan sekitar agar pengguna lebih nyaman saat berkomunikasi. Fitur baru ini dijanjikan akan tersedia dalam waktu dekat untuk aplikasi Google Meet di Android dan iOS.

Untuk mencoba background noise cancellation di Google Meet, langsung saja ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini:

  1. Perlu digarisbawahi, fitur noise cancellation hanya tersedia untuk pengguna G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education. Kalau Anda termasuk pengguna tersebut, lanjut ke poin nomor 2.
  2. Masuk ke aplikasi Google Meet di smartphone Android atau iOS, lalu pilih More Options.
  3. Pilih Settings, lalu masuk ke Audio.
  4. Aktifkan Noise Cancellation.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Untuk saat ini, fitur noise cancellation pada aplikasi Google Meet di Android dan iOS dirancang untuk menyingkirkan semua suara lainnya selain suara manusia. Itu artinya, suara dari benda-benda di sekitar seperti keyboard saat mengetik, suara kendaraan, atau suara dari hewan peliharaan tidak akan terdengar oleh lawan bicara.

Versi gratis dibatasi hingga 60 menit (update: tetap unlimited hingga Maret 2021)

Sekadar informasi tambahan, Google baru-baru ini mengumumkan bahwa pengguna Google Meet tetap bisa menikmati layanan video conference secara gratis. Meski begitu, mulai tanggal 1 Oktober 2020, durasinya dibatasi menjadi hanya 60 menit saja. Sebelumnya, sejak April 2020 lalu pengguna Google Meet bisa menikmati layanan tersebut dengan durasi tidak terbatas. Bukan cuma itu, mulai 1 Oktober fitur premium yang memungkinkan video conference hingga 250 peserta juga sudah tidak diakses secara gratis lagi.

Update: Google baru saja mengumumkan bahwa durasi video call tanpa batas menggunakan Google Meet bisa dinikmati secara gratis hingga Maret 2021 mendatang. Ya, pengguna tetap bisa menggunakan fitur tersebut secara unlimited dan tidak jadi dibatasi menjadi 60 menit saja, setidaknya hingga Maret tahun depan.

Verified by MonsterInsights