Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa
ASUS ROG Phone 3 playing

Review ASUS ROG Phone 3 : Lebih dari Sekedar Ponsel Gaming



Reader Rating2 Votes
9.2
8.5

Tidak banyak produsen smartphone yang konsisten membidik pasar mobile gaming seperti ASUS. Sukses menghadirkan dua smartphone gamingnya dalam beberapa tahun terakhir, ASUS kembali mengeluarkan seri terbaru ponsel gaming andalannya yaitu ASUS ROG Phone 3.

Desain ASUS ROG Phone 3
Dari sisi desain, konsepnya masih khas desain ASUS ROG Phone. Fisiknya masih terkesan kekar dan futuristik. Namun jika dicermati, desainnya terlihat lebih sederhana dibanding ROG Phone 2.

Di bagian belakang, kita akan disuguhi logo ROG yang dapat menyala serta deretan tiga lensa kameranya. Anda juga akan menemukan lubang pembuang udara untuk manajemen panas yang kini ukurannya mengecil jika dibanding ROG Phone 2.

Dari sisi ergonomi, ROG Phone 3 amat nyaman saat diajak bermain game. Bobotnya juga pas. Tidak terlalu ringan tapi tidak terlalu berat saat digenggam di tangan.

Agar lebih nyaman, kami anjurkan Anda memasang casing di ROG Phone 3. Selain menjaga ponsel agar tidak licin dan terpeleset dari tangan, casing ini juga mengurangi hawa panas yang dikeluarkan ROG Phone 3.

Case yang disertakan juga bukan case transparan seperti umum ditemukan di ponsel kebanyakan. ASUS Aero Case ini dirancang khusus untuk mendukung pencahayaan Aura sehingga ponsel akan memancarkan aura gaming saat digunakan.

ASUS ROG Phone 3 with Aero Case

Tidak hanya itu, ASUS ROG Phone 3 juga mendukung sederetan aksesori modular yang eksklusif. Sebut saja ada AeroActive Cooler 3 untuk mendinginkan ponsel hingga lebih dingin 4 derajat Celcius, TwinView Dock 3 untuk menambah satu layar, ROG Clip untuk menjepit ponsel saat menggunakan gamepad, ROG Kunia 3 Gamepad sebagai alat kendali game nirkabel, serta Mobile Desktop Dock sebagai dudukan yang sekaligus dapat mengisi ulang baterai. Sebagian besar ponse

Performa ASUS ROG Phone 3
Beralih ke performa, sepertinya tidak ada kejutan di sini.

Performa yang ditawarkan ASUS ROG Phone 3 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865 ini amat memuaskan. Dari navigasi menu hingga main game bisa dilalui dengan amat lancar. Semua game yang kami ujikan dapat dijalankan dengan lancar pada setting grafis tertinggi.

Mulai dari PUBG Mobile, Free Fire, COD Mobile, hingga Real Racing 3 dan Asphalt 9, berjalan dengan mulus.

Saat memainkan game balap Asphalt 9, misalnya. Game bisa dijalankan dengan begitu mulus tanpa lag. Di beberapa situasi, tabrakan grafik yang ditampilkan masih sangat tajam dan halus.

ASUS masih mempertahankan tombol Air Triggers di sisi kanan. Pada dasarnya, Air Triggers adalah tombol R1 dan L1 yang digunakan di game aksi First Person Shooting atau game FPS. Fitur yang unik ini belum ditemukan di ponsel gaming merk lain. Fitur Air Triggers nya juga sangat baik, membantu saat menembak musuh dengan lebih cepat dan lebih terarah.

asus rog phone 3 gamepad Copy

 

Untuk game FPS, kami memainkan PUBG Mobile dan Free Fire yang sudah mendukung Air Triggers. PUBG Mobile bisa dijalankan dengan amat lancar di setting grafik HDR Extreme. Begitu juga dengan Free Fire yang berjalan dengan sangat lancar.

Dari pengalaman, dalam 1 jam, ponsel akan terasa cukup hangat. Sekitar 40 derajat Celcius.Yang menarik, begitu berhenti main game, suhu akan cepat menurun hingga kisaran 36 derajat Celcius. Bukti manajemen panas ROG Phone 3 cukup efektif.

Layar ASUS ROG Phone 3
Pengalaman main game yang menyenangkan juga ditentukan oleh kualitas visual. Di sektor ini, kualitas layar ASUS ROG Phone 3 akan memuaskan penggunanya.

ASUS ROG Phone 3 playingLayar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ mampu memberikan kualitas visual yang enak di mata. Selain tajam dengan warna yang enak dipandang, respons layarnya juga amat baik. Semua sentuhan jari kami di layar bisa direspons dengan gegas oleh layarnya.

 

Satu hal yang jadi catatan, layar ROG Phone 3 ini sudah mendukung refresh rate 144Hz.

Sayangnya masih sedikit game yang mendukung refresh rate 144Hz. Satu dari game itu adalah Real Racing 3. Saat mencoba bermain game dalam setting 144Hz, gerakan di layar terlihat lebih halus. Namun perlu dicatat, tidak semua pengguna akan bisa membedakan visual di setting 60Hz dan 144Hz.

Tidak hanya visual, aspek audio ROG Phone 3 juga amat memanjakan telinga penggunanya. Kualitas dua speaker yang diposisikan di sisi atas dan bawah memang istimewa. Di balik suaranya yang lantang, speakernya juga mampu memperdengarkan suara yang juga jernih dan tidak pecah saat digeber di tingkat volume maksimum.

Selain mantap untuk main game, speakernya juga ideal bagi yang suka menonton film di ponsel. Suara vokal terdengar jelas dengan suara bass yang cukup lumayan untuk ukuran speaker sebuah smartphone.

Posisi speaker stereonya ini akan lebih optimal untuk game yang dimainkan dengan posisi horizontal.

ASUS juga menyematkan aplikasi Armoury Crate untuk mengatur beragam aspek di ponsel yang berhubungan dengan gaming. Anda bisa menciptakan Game Profile untuk mengatur bagaimana sebuah game akan dijalankan. Di sini, Anda juga mengaktifkan X Mode untuk menggenjot performa. Anda juga bisa mengatur semua setting dengan lebih detil. Suatu hal yang tidak bisa dilakukan di smartphone lain.

Kamera ASUS ROG Phone 3

Masuk ke sektor kamera, ROG Phone 3 telah dilengkapi tiga kamera di belakang yaitu kamera utama 64MP f1.8, kamera Ultra Lebar 13MP dan kamera Makro 5MP.

asus rog phone 3 kamera

Walaupun bukan jadi fitur prioritas untuk sebuah ponsel gaming, fitur kameranya termasuk lengkap. Selain ada mode Pro Video untuk pengaturan setting perekaman video secara manual, juga ada fitur tracking di mode video untuk mengunci fokus subyek yang sedang bergerak.

Perekaman suara saat merekam video juga diperhatikan, dengan adanya empat mikrofon yang telah dilengkapi fitur Wind noise cancellation. Dua fitur ini membuat ROG Phone 3 mampu merekam suara dengan lebih baik saat vlogging, termasuk saat di luar ruangan dengan kondisi angin agak kencang. Sayangnya, Anda harus menggunakan adapter jack audio 3.5mm untuk menghubungkannya dengan mikrofon eksternal.

K413 728 yangcanggih

Kualitas video ternyata cukup baik. ROG Phone 3 pendukung perekaman video hingga 4k 60fps dan 8K. Ini juga menjadikannya sebagai ponsel Android dengan dukungan perekaman video 8K paling terjangkau saat ini. Berikut hasil video ASUS ROG Phone 3 langsung dari ponsel tanpa penyuntingan.

V_20200925_111922_ES4

Beralih ke hasil foto, ASUS ROG Phone 3 mampu menghasilkan foto yang bagus di siang hari atau kondisi cahaya yang berlimpah. Selain tajam, reproduksi warnanya juga terlihat cukup alami. Tapi hasil fotonya masih di bawah hasil foto kamera smartphone flagship lainnya.

Kamera ultra lebar ROG Phone 3 juga mampu menghasilkan foto yang baik, walaupun tidak setajam kamera utama.

normal

Ultra wide

ultra wide

 

Beralih ke malam hari, hasil fotonya masih cukup baik. Saat menggunakan Night Mode, hasil fotonya tetap tajam dan cukup bersih dari noise. Tapi perlu diperhatikan, metode night Mode ASUS ROG Phone 3 berbeda dengan night mode ponsel kebanyakan yang membuat hasil foto tampak terang dan lebih berwarna. Exposure pada mode malam ponsel ini lebih menekankan pada pengurangan noise dan ketajaman foto.

Berikut hasil foto ROG Phone 3 di kondisi minim cahaya.

Auto

normal

Night Mode

night mode

Untuk kebutuhan selfie, ROG Phone 3 punya satu kamera 24MP. Hasilnya cukup baik, asalkan Anda tidak mengaktifkan fitur Beauty yang hasilnya terlalu medok dan tidak alami sama sekali.

Jika disimpulkan, kemampuan kamera ASUS ROG Phone 3 cukup baik walaupun masih di bawah smartphone flagship di kelasnya. Secara spesifik, kami terkesan akan fitur dan hasil rekaman videonya yang amat baik. Dan ini merupakan hal penting jika Anda ingin melakukan live streaming saat sedang main game atau vlogging biasa.

Saat kami coba memainkan PUBG Mobile dengan durasi 25 menit baterainya berkurang 9%. Ini berarti Anda bisa bermain tanpa henti sekitar 3 jam sebelum harus mengisi baterainya. Baterai pada ponsel ini berkapasitas 6000mAh dan mendukung fast charging 30W untuk pengisian daya cepat. Anda bisa mengisi baterainya hingga penuh dalam waktu sekitar 90 menit.

Smartphone Gaming Terbaik Sejauh Ini

Dengan ROG Phone 3, ASUS kembali membuktikan bahwa mereka amat mengerti kemauan para gamers.

ASUS ROG Phone 3 play Copy

Tidak hanya performa saja, ASUS ROG Phone 3 menghadirkan pengalaman main game yang terbaik dengan memberikan kualitas layar dan audio yang amat baik. Fitur-fitur tambahan seperti Air Triggers dan Armoury Crate juga menjadi nilai tambah. Bahkan pengguna yang serius ingin bermain game di ponsel juga dapat menambah beragam aksesori eksklusif yang diciptakan untuk para gamers..

Di luar gaming, ASUS ROG Phone 3 juga menawarkan banyak hal keren seperti kualitas audio dan kualitas layar yang amat baik. Bahkan yang terbaik di kelas harganya. Ini juga membuat ASUS ROG Phone 3 ideal untuk kebutuhan multimedia seperti menonton film atau mendengarkan musik dari speaker internalnya.

Jadi untuk siapa ASUS ROG Phone 3?

Selain bagi para pengguna yang serius ingin main game di smartphone dengan nyaman, ROG Phone 3 juga cocok bagi pengguna yang ingin memiliki smartphone berdesain macho nan futuristik dengan performa kencang.

Ponsel ini akan kurang cocok bagi yang ingin smartphone dengan kamera terbaik di kelas harganya atau yang mencari smartphone dengan bobot yang ringan.

 

Kelebihan ASUS ROG Phone 3

  • Performa paling kencang untuk ponsel Android
  • Kualitas visual terbaik di kelasnya, dengan layar ekstra terang dan warna akurat
  • Layar responsif terhadap sentuhan
  • Fitur Air Triggers memudahkan pemain menang di beberapa game
  • Tersedia aksesori game keren yang fungsional
  • Desain futuristik dan atraktif
  • Case Aero yang disertakan amat baik, dari sisi kualitas dan estetika
  • Armoury Crate dan Game Genie memberi pengaturan game yang lengkap
  • Harga cukup kompetitif untuk fitur dan spesifikasinya
  • Dua port USB untuk charging sambil bermain
  • Hasil perekaman video amat baik, hingga 8K
  • Speaker stereo hadap depan yang lantang dan jernih

Kekurangan ASUS ROG Phone 3

  • Hasil foto masih di bawah ponsel kelas flagship
  • Tidak ada jack audio 3,5mm (tapi ada adapter bawaan)
  • Memori internal 128GB termasuk kecil untuk harganya
  • Tidak ada slot kartu memori
  • Bagi sebagian pengguna, bodi ponsel terasa terlalu panas saat bekerja penuh

 

ASUS ROG Phone 3 playing
Tidak hanya performa saja, ASUS ROG Phone 3 menghadirkan pengalaman main game yang terbaik dengan memberikan kualitas layar dan audio yang amat baik. Fitur-fitur tambahan seperti Air Triggers dan Armoury Crate juga menjadi nilai tambah. Bahkan pengguna yang serius ingin bermain game di ponsel juga dapat menambah beragam aksesori eksklusif yang diciptakan untuk para gamers..Di luar gaming, ASUS ROG Phone 3 juga menawarkan banyak hal keren seperti kualitas audio dan kualitas layar yang amat baik. Bahkan yang terbaik di kelas harganya. Ini juga membuat ASUS ROG Phone 3 ideal untuk kebutuhan multimedia seperti menonton film atau mendengarkan musik dari speaker internalnya.
Desain
8
Fitur
9.5
Performa
10
Hasil Foto
6.5
Harga
8.5
Reader Rating2 Votes
9.2
8.5
More Stories
Xiaomi Redmi 8A Pro 3
Gandeng Xiaomi, Smartfren Tawarkan Kuota 41 GB untuk Pembelian Redmi 8A Pro