Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Berminat dengan realme X3 SuperZoom? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya



realme X3 SuperZoom merupakan smartphone andalan realme di segmen mid-end. Dengan hardware yang amat menggiurkan di kelasnya serta kemampuan kamera yang bisa diandalkan, realme X3 SuperZoom bisa menjadi opsi yang menarik bagi pengguna yang ingin mencicipi beberapa fitur rasa flagship, tapi dengan harga yang lebih ramah kantong.

Anda yang berminat membeli realme X3 SuperZoom bisa menyiapkan dana sebesar Rp3.999.000. Tapi sebelum memutuskan untuk meminangnya, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan realme X3 SuperZoom

1. Ultra Smooth Display dengan refresh rate 120Hz

realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom menawarkan Ultra Smooth Display 6,6 inci Full HD+ yang memiliki refresh rate 120Hz untuk menghasilkan visual lebih mulus. Selain itu, realme juga membenamkan fitur-fitur pendukung seperti Eye Protection untuk melindungi mata serta opsi untuk memilih refresh rate 60Hz atau 120Hz.

2. Kinerja mantap, cocok untuk gamer

realme X3 SuperZoom mengandalkan chipset yang sama dengan X2 Pro yakni Qualcomm Snapdragon 855+. RAM yang dibenamkan sebesar 12 GB dengan storage 256 GB. Walaupun merupakan chipset flagship tahun lalu, terbukti Snapdragin 855+ masih mampu memberikan performa super kencang. Apapun kebutuhan Anda bisa difasilitasi dengan lancar, termasuk untuk urusan gaming. Judul-judul populer seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Asphalt 9, hingga NBA 2K20 bisa dijalankan dengan mulus tanpa kendala di setting grafis tinggi.

3. Kamera cukup baik dengan dukungan periskop zoom

realme X3 SuperZoom dibekali kamera telephoto yang mengadopsi teknologi lensa periskop dengan kemampuan zoom maksimal 60x (16mm-124mm). Kamera ini punya resolusi 8 megapixel dan sudah didukung OIS agar pemotretan menjadi lebih stabil. Selain kamera periskop, realme X3 SuperZoom juga dipersenjatai beberapa sensor kamera lainnya antara lain 64 megapixel f/1.8, 8 megapixel f/2.3 ultrawide, 2 megapixel 2 macro, serta kamera selfie ganda yang terdiri dari 32 megapixel f/2.5 dan 8 megapixel f/2.2 ultrawide.

IMG20200713114357

IMG20200821174731

Hasil foto menggunakan kamera belakang menurut kami cukup bagus. Detailnya tinggi sehingga foto terlihat tajam dan warna-warna menggoda dengan saturasi yang agak diangkat. Mode auto-nya juga cukup baik dalam menentukan pengaturan yang akurat, terutama terkait white balance. Ada pula dukungan Starry Mode untuk memudahkan memotret langit penuh bintang di malam hari.

4. Kemampuan videografi didukung UIS dan UIS Max

realme X3 SuperZoom 1

Untuk urusan videografi, realme X3 SuperZoom mampu merekam hingga resolusi 4K di 60fps. Kameranya juga dibekali UIS (Ultra Image Stabilization) dan UIS Max dengan algorima smart AI dan data sensor gerak, sehingga mampu mengeliminasi guncangan secara realtime. Bahkan, realme mengklaim tingkat kestabilannya membuat realme X3 SuperZoom bisa menjadi kamera aksi.

K413 728 yangcanggih

5. Charging cepat, 1 jam penuh 100 persen

Untuk urusan daya, realme X3 SuperZoom dibekali baterai 4.200 mAh. Kapasitas yang tergolong standar, namun selama pemakaian kami merasa sudah mencukupi untuk menemani aktivitas seharian penuh. Baterai ini juga didukung teknologi 30W Dart Flash Charge, yang memungkinkan untuk bisa terisi penuh 100 persen hanya dalam waktu sekitar 1 jam saja.

6. Tampilan eksterior tampak mewah

realme X3 SuperZoom tampil dengan bahasa desain yang bisa dibilang sangat khas realme. Gaya eksterior seperti ini akan terasa familiar bagi Anda yang mengikuti perkembangan smartphone realme di sepanjang tahun 2020. Smartphone ini mengusung bodi 3D Quad-Curve dengan warna yang terlihat begitu premium dan menawan.

Kaca di cover belakangnya menggunakan teknologi anti-glare, sehingga saat terpapar cahaya tidak terlihat terlalu ‘kinclong’ namun lebih ke arah elegan. Satu hal yang patut diapresiasi, finishing-nya tidak mudah meninggalkan bekas jari.

realme x3 superzoom unboxing 1

Kekurangan realme X3 SuperZoom

1. Tidak ada slot microSD

Meski storage internal 256 GB tergolong besar, tentunya bagi orang yang gemar menciptakan konten video, terutama di resolusi 4K, akan lebih menarik jika realme menyediakan slot microSD.

2. Tidak ada port audio jack 3.5mm

Saat ini headset dengan koneksi Bluetooth memang sudah menjamur di pasaran. Tapi tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak penggemar audio yang memiliki headset favorit dengan sambungan kabel. Dalam paket penjualannya pun realme tidak menyediakan converter USB-C to audio jack 3.5mm.

realme x3 superzoom package

3. Akan lebih menarik jika menggunakan layar AMOLED

Ya, dengan harga nyaris mencapai 7 juta rupiah, tentunya akan lebih menarik jika realme X3 SuperZoom sudah menggunakan layar dengan panel AMOLED. Selain mampu menyajikan gambar dengan warna yang memanjakan mata, layar AMOLED juga lebih ideal untuk dipasangkan fitur seperti always-on display.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari realme X3 SuperZoom. Walaupun belum sempurna, smartphone ini punya sederet keunggulan yang belum mampu ditandingi oleh sebagian lawan-lawannya di kelas harga yang sama.

More Stories
Lenovo Vibe X3
[CES 2016] Lenovo VIBE X3: Smartphone Langsing dengan Snapdragon 808, Kamera 21 Megapixel, dan Baterai 3600 mAh