Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengenal Snapdragon 732G, Chipset Terbaru dari Qualcomm dengan CPU dan GPU Lebih Kencang

Xiaomi bersama dengan Qualcomm hari ini, Rabu (16/9), menggelar acara secara online bersama awak media untuk menjelaskan lebih jauh tentang chipset Snapdragon 732G. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 732G merupakan versi upgrade dari Snapdragon 730G yang menjanjikan peningkatan pada performa. Seperti apa keunggulannya?

Spesifikasi dan fitur Snapdragon 732G

Qualcomm Snapdragon

Sama seperti pendahulunya, Snapdragon 732G merupakan chipset yang mengusung fabrikasi 8nm. Konfigurasi CPU dan GPU yang dibenamkan pun masih sama, yakni dua core besar Kryo 470 dan 6-core kecil Kryo 470 dengan Adreno 618 sebagai senjata utama untuk kebutuhan grafis.

Perbedaannya ada pada clock speed dari CPU Snapdragon 732G yang kini berjalan di 2.3GHz, atau 0.1GHz lebih tinggi dibanding CPU pada Snapdragon 730G. Sementara GPU-nya diklaim mampu menawarkan performa 15 persen lebih kencang. Kombinasi yang tentunya akan memberikan kinerja lebih bertenaga di berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

Selain itu, Snapdragon 732G dibekali Qualcomm AI Engine generasi ke-4 dengan performa mencapai 3.6 TOPS. Chipset ini juga didukung fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, termasuk Vulkan 1.1 Graphics Driver yang akan membantu menampilkan game dengan grafis yang lebih memukau.

Selebihnya apa yang ditawarkan Snapdragon 732G kurang lebih mirip dengan Snapdragon 730G. Urusan konektivitas masih dipercayakan kepada modem X15 4G LTE dengan kecepatan download hingga 800 Mbps dan WiFi 6. Bluetooth yang ditanamkan adalah versi 5.1, lengkap dengan fitur yang sama seperti aptX Adaptive dan TrueWireless Stereo Plus.

Snapdragon 732G 1

Sementara dari sektor kamera, Snapdragon 732G mengandalkan Computer Vision ISP Qualcomm Spectra 350 yang selain efisien, juga mendukung perekaman video 4K, 3D face unlock, setup multi kamera, multi-frame noise reduction (hingga 48 megapixel), menyimpan file dalam format HEIF yang lebih hemat storage, serta kompatibilitas dengan sensor hingga resolusi 192 megapixel single-camera.

Hadir bersama POCO X3?

Kolaborasi Xiaomi dan Qualcomm dalam menggelar cara temu pers kali ini tentunya menimbulkan pertanyaan, apakah ini menandakan smartphone pertama dengan Snapdragon 732G yang siap hadir di Indonesia dalam waktu dekat adalah produk garapan Xiaomi? Sayangnya pihak Xiaomi Indonesia belum mau memberikan konfirmasi.

POCO X3

Meski begitu, kalau melihat deretan smartphone yang sudah diperkenalkan oleh Xiaomi secara global, satu nama yang dipastikan mengusung chipset Snapdragon 732G adalah POCO X3. Apakah artinya POCO X3 akan meluncur di Indonesia? Kita tunggu saja update informasi terbarunya!

Back to top button