Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review MSI Modern 15 A10RAS: Laptop Kencang untuk Pencipta Konten dengan Mobilitas Tinggi



MSI Modern 15 3
8
Cek Harga

Aktivitas yang mobile biasanya menjadi alasan bagi para pencipta konten untuk memiliki sebuah perangkat yang powerful tapi tetap nyaman dibawa bepergian. Brand laptop populer, MSI, memiliki sederet produk unggulan yang memang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan di segmen tersebut. Salah satunya adalah MSI Modern 15 A10RAS.

MSI mengklaim laptopnya ini ideal untuk pekerjaan seperti editing video, desain grafis, maupun hiburan. Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain MSI Modern 15 A10RAS

MSI Modern 15 3

MSI Modern 15 A10RAS tampil dengan desain yang merupakan kombinasi antara modern, minimalis, dan elegan. Bagian eksteriornya cenderung polos dengan hanya menampilkan logo MSI berwarna putih di punggungnya. Selebihnya, Anda hanya akan menemukan dominasi warna Onyx Black yang terlihat cukup mewah dengan bahan aluminium.

Karena ditujukan untuk pengguna yang mobile, MSI Modern 15 A10RAS menawarkan bodi yang cukup ramping untuk ukuran laptop 15 inci. Bobotnya pun hanya 1,6 kilogram, tergolong ideal untuk dibawa di dalam tas. Perlu diketahui pula bahwa MSI Modern 15 memiliki standarisasi militer MIL-STD-810G, yang artinya cukup tangguh menghadapi guncangan maupun tekanan rendah dan tinggi.

MSI Modern 15 A10RAS 3

Yang juga kami suka, laptop ini dibekali layar dengan bezel yang tipis, sehingga mampu mencapai rasio screen-to-body 90 persen. MSI menggunakan engsel flip yang bisa diputar hingga 180 derajat, sehingga lebih mudah untuk presentasi atau memperlihatkan tampilan pada layar Anda ke orang lain.

Tepat di bawah layar Anda akan menemukan keyboard dengan lampu backlit yang bisa diatur level kecerahannya, untuk memudahkan bekerja di ruangan gelap. Meski begitu, karena ini bukan laptop gaming, jangan harap akan menemukan lampu RGB di sini. Dengan jarak 1.5mm antar tombol, kami menilai keyboard MSI Modern 15 cukup nyaman dan akurat saat digunakan mengetik cepat. Oh iya, tombol power-nya masih menyatu dengan keyboard di pojok kanan atas.

MSI Modern 15 A10RAS 1

Untuk manajemen suhu MSI mempercayakannya kepada teknologi Cooler Boost 3, eksklusif garapan MSI Sendiri. Teknologi pendingin ini memiliki dua buah kipas khusus dan 3 heat pipe, dan diklaim dapat menjaga suhu laptop bahkan saat sedang melakukan pekerjaan berat yang butuh performa komputasi tinggi.

Satu hal yang menurut kami agak disayangkan adalah soal finishing dari MSI Moder 15 A10RAS yang amat mudah kotor oleh bekas jari sehingga gampang terlihat kusam. Bukan cuma itu, ketika tangan Anda berminyak dan tidak sengaja memegang laptop, agak sulit untuk membersihkannya jika Anda tidak menggunakan lap kain.

MSI Modern 15 A10RAS 4

Soal ketersediaan port, MSI Modern 15 A10RAS memiliki 1x USB 3.2 Type-C, 3x USB 3.2 Type-A, 1 port HDMI, 1 audio jack combo 3.5mm, serta sebuah microSD card reader. Meski begitu, bagi kami akan lebih menarik jika slot card reader yang disediakan adalah SD card.

Layar MSI Modern 15 A10RAS

MSI Modern 15 A10RAS hadir dengan layar IPS-Level berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD, alias 1920 x 1080 pixel. Kalau dilihat sekilas, gambar yang disuguhkan amat tajam dengan warna yang juga memanjakan mata. MSI juga membenamkan True Color Technology dengan berbagai mode berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

MSI Modern 15

K413 728 yangcanggih

Contohnya adalah sRGB View Mode untuk menjelajah dalam ruang warna sRGB standar web, Office View Mode untuk aplikasi produktivitas yang umum di pekerjaan, Movie View Mode untuk menonton film, Anti-Blue View Mode yang akan mengurangi cahaya biru agar lebih nyaman di mata, serta Customize View Mode untuk pengaturan manual.

Secara keseluruhan layar ini cukup memadai untuk menunjang beragam aktivitas, mulai dari edition foto dan video hingga menikmati konten multimedia seperti film. Dari sektor audio, dua buah speaker 2W yang dibenamkan di dalamnya mampu mengeluarkan suara yang cukup lantang dan jernih.

Performa MSI Modern 15 A10RAS

MSI Modern 15 A10RAS 2

Model MSI Modern 15 A10RAS yang kami ulas kali ini dipersejatai prosesor Intel Core i7-10510U quad-core 8-threads. MSI juga menyediakan model lainnya yang menggunakan prosesor Intel Core i5-10210U. Untuk urusan grafis, MSI Modern 15 A10RAS kini dibekali GPU NVIDIA GeForce MX330.

RAM yang dibenamkan sebesar 8 GB DDR4, dengan satu slot tersisa dan bisa Anda upgrade di masa depan. Sementara storage-nya berkapasitas 512 GB NVMe PCIe SSD yang selama pengujian kami, terbukti mampu memberikan kecepatan transfer data yang amat kencang sehingga kinerja terasa super gesit.

Dengan kombinasi seperti itu, kami menilai MSI Modern 15 A10RAS sangat ideal untuk mendukung Anda yang ingin menyelesaikan pekerjaan secara cepat. Pencipta konten yang umumnya sering melakukan kegiatan seperti editing foto maupun editing video dengan Premiere Pro pun bisa mengandalkan laptop ini.

MSI Modern 15 A10RAS hadir dengan software Creator Center untuk memudahkan Anda mengakses berbagai fitur mulai dari pengaturan tampilan layar, memilih mode High Performance untuk mendapatkan kinerja paling optimal, hingga melakukan modifikasi pada shortcut atau Windows Key. Apa yang sudah Anda atur pada Creator Mode ini nantinya secara otomatis bisa Anda aplikasikan pada berbagai aplikasi yang terkait dengan keperluan menciptakan konten, seperti Adobe Premiere Pro, Adobe Photoshop, Color Director, Power Director, dan sebagainya.

Bahkan untuk gaming pun MSI Modern 15 A10RAS ternyata mampu memberikan performa yang lumayan. Dengan catatan, game yang dimainkan bukan judul-judul AAA terbaru dengan kebutuhan grafis tinggi. Game kompetitif seperti Counter Strike: Global Offensive bisa kami mainkan di setting grafis tinggi dengan lancar tanpa kendala.

Lalu, bagaimana dengan suhunya? Selama kami mencoba melakukan beberapa pekerjaan yang butuh komputasi tinggi seperti editing video dan bermain games, sistem pendingin MSI Modern 15 A10RAS mampu menjaga suhu di level yang cukup baik, sehingga peningkatan panasnya tidak terlalu mengganggu kenyamanan.

Baterai MSI Modern 15 A10RAS

MSI menjanjikan laptop andalannya ini punya daya tahan baterai hingga 9 jam. Pada praktiknya, kami bisa mendapatkan baterai sekitar 6-7 jam dengan gaya pemakaian kami yang lebih sering melakukan browsing, mengetik, sedikit editing foto, dan terkadang menonton video di YouTube. Cukup memuaskan!

MSI Modern 15 2

Kesimpulan

MSI Modern 15 A10RAS adalah laptop yang cocok bagi pengguna yang berprofesi seperti pencipta konten, pebisnis, atau pekerja kantoran yang terkadang harus menyelesaikan tugas kapanpun dan di manapun. Dengan kinerja yang kencang, bobot yang cukup ringan, dan daya tahan baterai yang panjang, laptop ini bisa diandalkan oleh siapapun yang memiliki mobilitas tinggi. Bagi yang berminat, MSI Modern 15 A10RAS dijual dengan harga mulai dari 12 jutaan rupiah.

Kelebihan MSI Modern 15 A10RAS:

  • Desain elegan dan ramping
  • Bodi tangguh dengan sertifikasi MIL-STD-810G
  • Bobot tergolong ringan untuk ukuran laptop 15 inci
  • Layar besar dengan kualitas yang cukup baik di kelasnya
  • Performa gesit
  • Mudah untuk upgrade RAM
  • Port dan konektivitas lumayan lengkap
  • Baterai tahan lama

Kekurangan MSI Modern 15 A10RAS:

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • Tidak ada sistem pengaman seperti sensor sidik jari
  • Akan lebih menarik jika menggunakan SD card reader full-size (bukan microSD)

MSI Modern 15 A10RAS ideal untuk: Pekerja profesional yang sering bepergian. Pencipta konten yang butuh perangkat untuk editing dengan harga yang ramah kantong.

MSI Modern 15 A10RAS kurang ideal untuk: Gamer kelas berat.

SpesifikasiMSI Modern 15 A10RAS
LayarIPS-level 15,6 inci Full HD
Prosesorhingga Intel Core i7-10510U
Kartu GrafisNVIDIA GeForce MX330
Storage512 GB NVMe PCIe SSD
RAM8 GB DDR4
KonektivitasWiFi 802.11ac dan Bluetooth 5.0
Port1x USB 3.2 Type-C, 3x USB 3.2 Type-A, 1 port HDMI,1 audio jack combo 3.5mm, 1x microSD card reader
Sistem OperasiWindows 10 Home
WarnaOnyx Black
MSI Modern 15 3
MSI Modern 15 A10RAS
Laptop ini bisa diandalkan oleh para pekerja profesional yang memiliki mobilitas tinggi.
8
Cek Harga
More Stories
[Inspirasi] 18 Februari 2011 “Three Pairs by Jeffry Surianto”