Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Acer ConceptD 5 (CN515-51): Laptop Konten Kreator yang Ringan dengan Panel Layar Sangat Akurat



8.5
Cek Harga

Acer ConceptD menjadi lini laptop jagoan Acer yang dihadirkan untuk para konten kreator. Ada banyak fitur unggulan yang dibawanya. Salah satu yang paling ditonjolkan adalah layar dengan tingkat akurasi tinggi. Performa juga turut mendapat perhatian dengan spesifikasi yang bertenaga. Penasaran dengan kehebatan laptop ini? Simak ulasannya sebagia berikut.

Acer ConceptD 5 1

Desain Acer ConceptD 5 (CN515-51)

Acer ConceptD 5 (CN515-51) hadir dengan desain elegan yang sangat minimalis. Bodinya yang berwarna putih cukup mencuri perhatian. Menurut Acer, proses pengecatannya dilakukan secara khusus. Tujuannya agar warna putihnya tidak cepat menguning dan menjaga ketahanan cat, sekaligus mengurangi bekas sidik jari yang menempel di bodinya.

Acer concept D 5 7

Acer ConceptD 5 (CN515-51) juga mengedepankan portabilitas. Rancangan bodinya yang tipis dan ringan memadukan material magnesium lithium dan magnesium aluminium pada bagian sasis. Hasilnya, bobot laptop ini hanya 1,5 Kg. Tergolong ringan untuk laptop 15 inci dan tidak berat untuk dibawa ke mana saja. Bodinya juga sangat ramping, hanya setebal 16,9mm.

Secara keseluruhan rancangan bodinya terasa kokoh walau tipis dan ringan. Satu kendala yang kami jumpai hanyalah laptop ini agak sulit dibuka dengan satu tangan.

Port konektivitas di sisi kiri dan kanan bodinya juga cukup komplit. Di bagian kiri bodinya bisa ditemukan port HDMI 2.0, dua port USB 3.0, USB Type-C dan audio jack 3.5mm. Di sisi kanan tersedia slot kartu memori SD dan port USB 3.0. Cukup disayangkan Acer belum melengkapinya dengan dukungan port Thunderbolt 3.

Layar Acer ConceptD 5 (CN515-51)

Acer ConceptD 5 (CN515-51) membawa panel layar IPS 15.6 inci yang resolusinya 4K UHD (3840 x 2160). Rasio layar ke bodinya sekitar 80%. Ini artinya bingkai layarnya terlihat cukup tipis. Bagian engsel layar juga bisa dibuka hingga 180 derajat rata dengan meja. Jadi, tidak perlu khawatir engsel layarnya patah jika tidak sengaja dibuka secara penuh.

acer conceptD 5 2

Tapi, keistimewaaan layarnya yang sesungguhnya ada di akurasi warna. Panel layarnya ini telah mendukung gamut warna Adobe RGB 100% dan sudah tervalidasi oleh Pantone. Panel layarnya juga sudah dikalibrasi dari pabrik dengan nilai akurasi warna rata-rata Delta E<2.

ss

Dengan tingkat akurasi layarnya yang tinggi, minus dukungan teknologi HDR di panel layarnya masih bisa kami kompromi. Kami sangat puas dengan layar Acer ConceptD 5 (CN515-51). Layarnya mampu menghasilkan visual yang kaya warna dengan sangat akurat. Resolusi 4K menjadikan gambar yang tersaji di layarnya terlihat sangat tajam. Saat kami gunakan untuk menyunting video dan melakukan color grading menggunakan Adobe Premiere Pro, setiap pergeseran warna di color wheel bisa terlihat dengan sangat presisi. Begitu juga saat kami gunakan untuk menyunting foto dengan Adobe Photoshop. Jadi, jelas layar Acer ConceptD 5 (CN515-51) ini sangat mendukung untuk penciptaan konten foto dan video yang mengedepankan akurasi warna.

Keyboard Acer ConceptD 5 (CN515-51)

acer conceptD 5 3

Acer ConceptD 5 (CN515-51) hadir dengan keyboard bergaya chiclet. Ukuran tombol-tombolnya cukup besar, tidak terlalu rata dengan bodi dan jarak antar tombol sangat pas. Keyboard yang dibawanya ini sangat nyaman sekali digunakan untuk mengetik. Tombol power di pojok kanan atas juga tidak perlu diwaspadai. Meski tombol power tersebut tidak sengaja tertekan sistem atau layarnya tidak akan mati. Untuk mendukung penggunaan di kondisi gelap keyboardnya sudah dilengkapi dengan lampu backlit berwarna oranye.

acer conceptD 5 4

elite dragonfly yangcanggih 728

Area trackpad mouse Acer ConceptD 5 (CN515-51) berukuran relatif besar. Trackpad mousenya ini sangat presisi dan respon dengan jari. Tombol klik kiri dan kanan mouse langsung menjadi satu kesatuan. Tombol di area trackpad terebut cukup nyaman ditekan walau agak berisik.

Fitur Acer ConceptD 5 (CN515-51)

Beralih ke fiturnya, di Acer ConceptD 5 (CN515-51) kami menemukan sensor sidik jari sebagai pengaman tambahan. Tapi, bagian webcam belum dilengkapi dengan fitur penutup untuk melindungi privasi. Satu-satunya fitur yang paling menarik di Acer ConceptD 5 (CN515-51) menurut kami hanyalah ConceptD Pallete.

Lewat ConceptD Pallete pengguna bisa memantau kinerja CPU, GPU, dan Memori RAM saat bekerja laptop ini. Di sini juga tersedia opsi pengaturan kalibrasi layar. Acer memberikan dua opsi, opsi pertama dengan kalibrasi standar Adobe RGB dan opsi kedua dengan kalibrasi manual menggunakan alat kalibrasi warna. Jadi, akurasi warna di layarnya masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Fitur menarik lain adalah Split Screen. Acer menyediakan beragam template berbagi layar. Maksimum layar bisa dibagi menjadi tiga bagian. Sangat membantu untuk multitasking. Jadi, semua aplikasi bisa dibuka sekaligus dan ditampilkan di satu layar.

Performa Acer ConceptD 5 (CN515-51)

Acer ConceptD 5 (CN515-51) yang kami review berikut hadir dengan prosesor Intel Core i7-8750G, RAM 16GB, dan dukungan GPU dari AMD Radeon RX Vega M GL 4GB dengan HBM (High Bandwith Memory) Generasi kedua. Sementara, ruang penyimpanannya juga tergolong lapang dengan SSD NVMe yang kapasitas 512GB. Hasil benchmarknya sebagai berikut:

Meski belum ditenagai prosesor Intel Core Generasi Ke-10, performa CPU dan GPU laptop ini masih bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan. Kekurangan di spesifikasinya menurut kami hanyalah sektor RAM yang tidak bisa dilepas dan tidak bisa ditingkatkan.

Penggunaan sehari-hari untuk produktivitas mengolah dokumen dan browsing spesifikasinya jelas sangat memadai. Manajemen thermal dan kipas pendinginnya juga wajib diacungi jempol. Sangat senyap dan tidak cepat panas.

Mengingat laptop ini dihadirkan untuk kreator konten kami mencoba melakukan penyuntingan foto dan video di laptop ini. Penyuntingan foto resolusi tinggi di aplikasi Adobe Photoshop bisa dijalankan dengan lancar. Penyuntingan video juga demikian. Acer ConceptD 5 (CN515-51) bisa menyunting video resolusi 4K dengan lancar tanpa masalah. Dari pengujian kami, untuk rendering video 4K dengan durasi 1:45 detik bisa diselesaikan dengan waktu sekitar 7 menit 25 detik. Sementara, di uji benchmark aplikasi rendering 3D menggunakan Lumion 10 spesifikasi sektor grafisnya tercatat masih belum mencukupi.

Untuk mengisi waktu luang dan hiburan Acer ConceptD 5 (CN515-51) sangat cocok untuk menikmati konten multimedia seperti video hingga resolusi 4K. Sektor audionya juga lumayan. Suara yang dihasilkan cukup memuaskan meski agak kurang bertenaga. Gaming dengan Acer ConceptD 5 (CN515-51) juga masih bisa diandalkan. Walau begitu, pengaturan grafisnya memang cukup terbatas hanya di medium atau high dan di resolusi Full HD. Bisa kami maklumi karena memang spesifikasinya ini bukan diperuntukkan untuk gaming.

Baterai Acer ConceptD 5 (CN515-51)

Beralih ke pengujian daya tahan baterai, Acer ConceptD 5 (CN515-51) memang bukan yang terbaik. Dengan skema penggunaan untuk membuat dokumen di Notepad, browsing, sesekali menyunting foto dan terhubung ke WiFi dengan tingkat kecerahan layar 50% baterainya ini hanya tahan hingga sekitar 4,5 jam saja. Jadi, Anda harus rajin-rajin membawa charger. Apalagi laptop ini juga belum mendukung fitur isi ulang cepat.

Kesimpulan

Acer ConceptD 5 (CN515-51) membawa warna baru di lini laptop Acer. Desainnya punya identitas sendiri. Lebih minimalis dan premium dengan rancangan yang fokus pada portabilitas. Menjadikan Acer ConceptD berbeda kasta dengan laptop gaming ataupun laptop multimedia pada umumnya.

Dari pengujian kami Acer ConceptD 5 (CN515-51) layak menyandang laptop untuk konten kreator. Harga jualnya di kisaran 19 jutaan Rupiah juga relatif terjangkau mengingat layar yang sudah 4K, warna sangat akurat dan spesifikasi yang bertenaga. Tidak bisa dimungkiri harganya memang cukup bersaing ketat dengan laptop di kelas gaming.

Walau begitu, jika Anda hanya mementingkan portabilitas dan akurasi warna pada layar jelas Acer ConceptD 5 (CN515-51) wajib dipertimbangkan. Tidak perlu lagi melirik laptop gaming. Laptop ini akan sangat cocok untuk para konten kreator, desainer grafis, fotografer, dan penyunting video.

Yang Canggih:
+ Bodi tipis dan ringan untuk laptop 15 inci
+ Kualitas layar sangat baik
+ Performa memadai untuk membuat konten
+ Keyboard nyaman, lengkap dengan lampu backlit
+ Dilengkapi sensor sidik jari
+ Harga kompetitif untuk spesifikasinya

Yang kurang
– Belum ada port Thunderbolt 3
– Daya tahan baterai rata-rata
– RAM tidak bisa dilepas
– Speaker kurang bertenaga

Dari pengujian kami Acer ConceptD 5 (CN515-51) layak menyandang laptop untuk konten kreator. Harga jualnya di kisaran 19 jutaan Rupiah juga relatif terjangkau mengingat layar yang sudah 4K, warna sangat akurat dan spesifikasi yang bertenaga.
8.5
Cek Harga
More Stories
Image08
Review Sony Xperia E3