Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review OPPO Watch: Jam Tangan Pintar dengan Wear OS Terbaik di Tahun 2020



OPPO akhirnya ikut meramaikan pasar jam tangan pintar. OPPO Watch, jam tangan pintar perdananya ini sangat menarik. Ada banyak fitur dan inovasi baru bisa ditemukan di jam tangan pintar yang dijual dengan harga mulai 3 jutaan ini. Apakah fitur dan teknologi yang dibawanya sepadan dengan harga jualnya tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

oppo watch 7

Desain OPPO Watch

OPPO Watch hadir dengan desain berbentuk kotak. Tidak bisa dimungkiri sekilas desainnya memang terlihat mirip dengan Apple Watch. OPPO Watch tamil dengan desain yang minimalis. Kesan premium juga sangat menonjol dengan material bodi stainless steel. Bobotnya terasa ringan dan sangat solid. Dipadukan dengan strap berbahan karet silikon yang lembut OPPO Watch sangat nyaman digunakan. Sekalipun digunakan saat tidur. Untuk ukuran yang kami review ini berukuran 46mm. Sangat pas di pergelangan tangan pria. Jika merasa terlalu besar OPPO Watch juga hadir dengan ukuran 42mm.

Rancangan bodinya juga sudah tahan air dengan standar 5 ATM. Jadi, tidak perlu khawatir saat diajak berenang atau olahraga di kondisi cuaca yang tidak menentu. Untuk navigasi di sisi kanan bodinya bisa ditemukan dua tombol. Tombol pertama untuk masuk ke menu aplikasi, sementara tombol kedua yang di bawah adalah tombol pintas untuk masuk ke mode olahraga. Tombol kedua ini bisa dikustomisasi untuk tombol pintas ke fungsi lain. Di sisi kiri bodinya terdapat dua lubang speaker.

oppo watch 4

Bergeser ke bagian belakang, bisa ditemukan sensor pemantau detak jantung. OPPO juga menghadirkan tombol untuk melepas pasang strap. Satu nilai tambah karena metode ini bisa memungkinkan kami melepas pasang strap dengan sangat cepat dan mudah.

Layar OPPO Watch

Layar OPPO Watch menurut kami menjadi salah satu daya tarik jam tangan pintar ini. Layarnya sangat mengagumkan. OPPO Watch adalah jam tangan pintar pertama yang mengadopsi teknologi layar Flexible Dual-Curve. Panel layarnya melengkung hingga di sisi bodinya. Berkat teknologi ini memungkinkan layar OPPO Watch terlihat nyaris tanpa bingkai.

Oppo Watch 1

Panel layarnya juga mengusung panel AMOLED 3D. Kontras warna dan tingkat kecerahannya amat baik. Dengan tingkat kerapatan pixel hingga 326 ppi layarnya terlihat sangat tajam. Tingkat kecerahan layarnya yang mencapai 500 nits juga terlihat jelas sekalipun di bawah pencahayaan matahari yang sangat terik. Panel layarnya ini turut diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Jadi, tidak perlu khawatir dengan goresan dan benturan. Respon layarnya dengan sentuhan jari pun amat baik.

Fitur OPPO Watch


OPPO Watch menjalankan sistem operasi Wear OS dari Google. Antarmukanya sangat sederhana dan mudah sekali digunakan. Tatanan aplikasi hadir dengan ikon bulat dengan layout 3 x 3. Geser layar ke kiri Anda bisa mengakses informasi aktivitas Harian, detak jantung, mode olahraga, dan pola tidur. Geser layar ke kanan bisa untuk mengakses asisten virtual Google Assistant. Geser layar ke bawah sekumpulan tombol pintas untuk mengakses pengaturan akan muncul tanpa perlu lagi masuk ke menu settings. Geser layar ke atas akan memunculkan notifikasi yang masuk ke smartphone.

oppo watch 9

OPPO Watch telah dilengkapi mic dan speaker. Dengan begitu bisa digunakan untuk menjawab dan melakukan panggilan telepon saat terhubung ke smartphone. Input teks juga bisa. Kami cukup terkesan dengan keyboard OPPO Watch. Meski ukurannya kecil tapi kami bisa mengetik dengan cukup lancar.

Dengan menjalankan Wear OS dari Google jelas OPPO Watch lebih fleksibel jika dibandingkan jam tangan pintar lain yang menjalankan OS sendiri. Fleksibilitas pertama adalah dukungan apalikasi. OPPO Watch bisa ditambahkan dengan beragam aplikasi dari Play Store. Tidak perlu khawatir kekurangan aplikasi. OPPO Watch juga kompatibel dengan semua smartphone Android dari pabrikan apapun. Bahkan, untuk memantau kebugaran jam tangan pintar ini juga mendukung pelacakan kesehatan 24/7 dari Google Fit.

Di OPPO Watch sendiri fitur-fitur bawaannya cukup banyak. Bahkan, banyak fitur istimewa yang belum pernah kami jumpai di jam tangan pintar manapun. Sebagai pendamping OPPO Watch didukung aplikasi Hey Tap Health di smartphone.

Paling menarik adalah fitur Outfit-Matching AI Watch Face. Outfit-Matching AI Watch Face bisa memungkinkan OPPO Watch menghasilkan wallpaper yang cocok dengan gaya outfit pengguna secara otomatis. Fitur ini bisa diakses lewat aplikasi Hey Tap Health.

K413 728 yangcanggih

Saat mencobanya kami sangat terkesan dengan fitur ini. Kami hanya perlu memotret pakaian yang digunakan. Setelah itu AI Watch Face akan menganalisa dan memunculkan beragam Watch Face yang sesuai dengan kostum Anda dari pola dan warna yang senada. Fitur ini menurut kami sangat membantu bagi pengguna yang sering bosan dengan Watch Face dan gemar tampil gaya. Menyesuaikan selera pengguna OPPO Watch juga menyediakan opsi Watch Face yang cukup banyak. Gambar dari album di smartphone pun bisa dijadikan watch face untuk antarmuka yang lebih personal.

Bagi yang gemar olahraga, di OPPO Watch kami juga menemukan dukungan modul GPS, sensor detak jantung dan beragam mode olahraga ekslusif. Mode Olahraga di OPPO Watch juga sangat menarik. Mode Olaharga utamanya ada dua. Model Olahraga pertama untuk olahraga-olahraga yang umum seperti lari untuk kebugaran, lari untuk membakar lemak, jalan, bersepeda, dan berenang. Saat kami ajak untuk bersepeda, OPPO Watch juga mampu merekam data bersepeda seperti jarak tempuh, kecepatan dan kalori yang terbakar. Posisi kami juga bisa dilacak dengan akurat.

oppo watch 8

Nah, mode olahraga kedua adalah mode Olahraga 5 menit. Mode ini menurut kami yang paling menarik. Tidak pernah kami jumpai mode sejens di jam tangan pintar lain. Ada 5 mode Olahraga 5 Menit yang bisa dipilih. Masing-masing mode Olahraga juga terdiri dari 8 mode latihan. Jadi, total ada sekitar 40 mode latihan olahraga 5 menit yang bisa menjadi panduan untuk menjaga kebugaran tubuh. Sangat praktis dan membantu untuk para pemula karena tidak perlu repot lagi mencari jenis gerakan dan pola latihan.

OPPO Watch juga membawa fitur latihan pernapasan, fitur pengingat untuk membantu Anda untuk selalu bergerak jika duduk terlalu lama dan pemantau pola tidur. Fitur pemantau pola tidurnya ini cukup akurat. Hasil data dan analisis pelacakan pola tidur Anda kemudian bisa dilihat lewat aplikasi Hey Tap Health.

Performa OPPO Watch

OPPO Watch diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 3100. Tapi, di OPPO Watch chipset Qualcomm Snapdragon 3100 tersebut masih disokong chip Ambiq Appollo3. Kolaborasi kedua chipset ini tergabung dalam teknologi yang bernama Dual-Chip Endurance System. Menurut OPPO, sistem ini dapat beralih antara mode Smart yang digerakkan Qualcomm Snapdragon 3100 dan mode Power Saver yang digerakkan oleh Ambiq Apollo3 chips. Dengan begitu OPPO Watch mampu menghadirkan kinerja yang tinggi sekaligus tetap hemat daya.

oppo watch 5

Dari pengujian kami, teknologi tersebut memang sangat membantu dalam menjaga performa dan efisiensi daya. Selama menggunakan jam tangan pintar ini nyaris kami tidak menemukan kendala. Kinerjanya amat memuaskan. Sangat gegas dan responsif. Buka, tutup, dan berpindah aplikasi bisa dilakukan dengan sangat mulus. Tidak terasa lag sedikitpun.

Baterai OPPO Watch

OPPO Watch 46mm hadir dengan baterai yang kapasitasnya 430 mAh. Kapasitas baterainya ini cukup besar untuk sebuah jam tangan pintar. Dari pengujian kami, untuk penggunaan standar sehari-hari terhubung ke smartphone lewat Bluetooth, tingkat kecerahan layar 3 dan mematikan fitur always on screen baterainya bisa tahan nyaris 24 jam untuk sekali isi ulang baterai. Untuk pemakaian sehari-hari baterainya jelas cukup.

Jika ingin mendapatkan waktu guna yang lebih lama, bisa memilih mode Power Save. Di mode ini baterainya diklaim bisa bertahan hingga 21 hari. Cukup wajar mengingat di mode ini fitur yang aktif hanya menghitung langkah kaki, fungsi jam dengan watch face minimalis dan sensor detak jantung saja. Satu nilai tambah baterai OPPO Watch juga hadir dengan dukungan fitur isi ulang cepat VOOC Flash Charging lewat docking charger bawaannya. Baterainya ini bisa terisi hingga 46% dalam waktu 15 menit saja. Sementara untuk pengisian dari 0% hingga 100% memakan waktu sekitar 75 menit.

Kesimpulan

OPPO Watch menjadi bukti OPPO sangat siap bertarung di segmen jam tangan pintar. Bahkan, berkat sederetan fitur dan inovasi baru yang dibawanya OPPO Watch menurut kami layak menyandang predikat jam tangan pintar Wear OS terbaik di tahun 2020. Jam tangan pintar ini nyaris sempurna andai baterainya mampu bertahan lebih lama lagi. Tapi, ini memang salah satu problem utama dari kebanyakan jam tangan pintar yang menggunakan Wear OS. Untunglah kekurangannya tersebut masih bisa dikompromi dengan waktu guna yang bisa lebih dari 12 jam, ekosistem Wear OS yang sangat fleksibel dan didukung fitur isi ulang cepat yang canggih.

Dengan harga jual mulai 3 jutaan untuk model 42mm dan 4 jutaan untuk model 46mm, OPPO Watch termasuk jam tangan pintar dengan fitur yang komplit di kelasnya. Sepadan dengan harga jualnya. Desain cantiknya juga menjadi nilai tambah. Jika mengincar jam tangan pintar berbasis Wear OS dengan fitur olahraga lengkap, desain ciamik dan nyaman digunakan untuk mendukung gaya hidup aktif Anda, OPPO Watch jelas sangat kami rekomendasikan.

Yang canggih:
+ Desain cantik
+ Layar sangat baik
+ Wear OS
+ Sangat nyaman digunakan
+ Tahan air
+ Fitur pintar dan mode olahraga lengkap
+ Harga kompetitif
+ Kinerja gegas
+ VOOC Flash Charging

Yang kurang
– Daya tahan baterai rata-rata
– Opsi aksesoris belum banyak

OPPO Watch menjadi bukti OPPO sangat siap bertarung di segmen jam tangan pintar. Bahkan, berkat sederetan fitur dan inovasi baru yang dibawanya OPPO Watch menurut kami layak menyandang predikat jam tangan pintar Wear OS terbaik di tahun 2020.
9.2
More Stories
logitech cube
Logitech Cube: Mouse Sekaligus Presenter Wireless