Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Electrolux Pure A9, Pemurni Udara dengan Sensor Pintar



Reader Rating1 Vote
9.8
8.5

Kondisi pandemi mengharuskan sebagian besar penduduk Indonesia beraktivitas lebih banyak di rumah. Selain melengkapi perlengkapan belajar dan bekerja dari rumah, perangkat penunjang kesehatan juga menjadi hal penting. Salah satunya adalah perangkat pemurni udara atau air purifier.

Bagi pengguna di kota besar atau penghuni rumah dengan sirkulasi udara yang kurang optimal, alat ini amat berguna untuk menghadirkan udara bersih bagi penghuninya. Di pasar sendiri tersedia cukup banyak pilihan produk pemurni udara dengan beragam desain dan spesifikasinya.

Jika biasanya air purifier berbentuk kotak persegi panjang, maka lain halnya dengan Electrolux Pure A9. Unit pemurni udara ini tampil beda dengan desain mewah yang jauh lebih cantik dibandingkan unit pemurni udara lainnya yang ada di Indonesia.

Desain mewah Pure A9

Tampilan luar Pure A9 menunjukkan desain berbentuk tabung segi lima dengan ventilasi udara di atasnya. Yang menarik , Pure A9 sudah dilengkapi lima roda sehingga memudahkannya saat dipindahkan ke ruangan lain.

electrolux pure a9 room

Bahkan Electrolux juga melengkapinya dengan handle atau tali dari bahan kulit mewah yang memudahkan saat Anda menariknya untuk dipindahkan ke ruangan lain. Tapi bagi sebagian pengguna, desain persegi lima ini bisa menyulitkan penempatan di ruangan. Berbeda dengan desain persegi panjang yang membuatnya mudah diselipkan.

electrolux pure a9 handlejpg

Pure A9 menggunakan kombinasi bahan kain di separuh bagian atas dan bahan logam di bagian bawah. Buka bagian logam dan Anda akan menemukan filter dengan bentuk semi silinder yang amat mudah dilepas-pasang.

Secara singkat, Electrolux Pure A9 tampil mewah serta mampu menjadi elemen interior yang menawan di ruangan yang ditempatinya.

Pengoperasian amat mudah

Electrolux Pure A9 memuat satu panel tampilan dengan dua tombol sentuh. Selain tombol power untuk menghidupkan dan mematikan Pure A9, terdapat tombol untuk pengaturan modus pemurnian udara dari Auto ke Manual dan sebaliknya. Anda juga bisa menggunakan remote mungil yang disertakan untuk mengatur fungsi-fungsi di tombol ini.

electrolux pure a9 panel

Saat memilih modus Manual, Anda tinggal menggeser intensitas udara bersih yang dikeluarkan ke kanan atau ke kiri. Namun sebenarnya ada cara yang lebih efektif. Electrolux Pure A9 telah dilengkapi sensor yang secara pintar dapat mengetahui kualitas udara di ruangan yang ditempatinya. Dalam modus Auto atau otomatis, Pure A9 akan bisa mengeluarkan  semburan udara sesuai kebutuhan. Pada praktiknya, saat dipindahkan pertama kali ke ruangan baru, Pure A9 akan bekerja cukup kencang. Tapi seiring waktu, semburan udara bersihnya mengecil.

Dengan semburan yang mengecil, suara mesin pemurni udara ini juga otomatis lebih senyap. Ini membuatnya tetap nyaman digunakan saat Anda atau anak sedang tidur. Bahkan pada setting manual dengan semburan paling besar, suaranya masih cukup dapat ditolerir.

electrolux pure a9 varian

Ada 4 varian Electrolux Pure A9. Unit yang kami uji adalah Electrolux PA91-406GY (Medium). Tipe medium ini direkomendasikan untuk ukuran kamar hingga 92 m2 (berdasarkan peraturan Swedia tentang perubahan udara per jam) dan 37,5m2 (US AHAM). Bagi yang memiliki ruangan lebih besar, ada Electrolux PA91-606DG yang direkomendasikan untuk ukuran kamar hingga 129 m2 (berdasarkan peraturan Swedia tentang perubahan udara per jam) dan 52,6m2 (US AHAM).

Electrolux sendiri menyebutkan bahwa filter 360 yang digunakannya memiliki 5 tahapan penyaringan; Pre-filter, Lapisan Antibakteri, Pre-charged Filter True HEPA 13, Karbon Aktif, dan Ionizer. Saat dicoba, Pure A9 memberikan perbedaan kualitas udara yang dapat dirasakan langsung. Kami mencobanya di ruangan kecil (18 meter persegi) yang agak pengap dan penuh barang. Hanya butuh waktu 1 jam untuk membuat udara di ruangan lebih segar. Perlu diingat, saat pertama kali dinyalakan, bau filter barunya mungkin akan mengagetkan. Tapi setelah didiamkan beberapa jam, bau tersebut akan hilang.

Aplikasi Electrolux Wellbeing

Pure A9 telah dilengkapi sistem pemantauan yang dinamai Pure Sense. Sistem PureSense yang unik terus-menerus mengukur tingkat kualitas udara dalam dan luar ruangan dan secara otomatis menyesuaikan tingkat pemurnian udara. Indikator kualitas udara di ruangan bisa dilihat dari panelnya. Jika warnanya biru, artinya kualitas udara sudah baik. Warna hijau menunjukkan kualitas sedikit kurang optimal. Menariknya Pure A9 juga dapat menampilkan informasi lebih lengkap tentang kondisi udara melalui aplikasinya.

Adanya aplikasi Wellbeing ini menjadi salah satu fitur unggulan Electrolux Pure A9. Dengan aplikasi Wellbeing (tersedia gratis untuk iOS dan Android) yang terhubung ke Internet (via Wi-Fi), Anda bisa menyalakan dan mematikan Pure A9 dari ponsel.

Tidak hanya itu, aplikasi Electrolux Wellbeing juga memberikan data tentang kondisi udara di dalam ruangan. Data yang ditampilkan cukup lengkap, mulai dari kelembaban, suhu, senyawa gas berbahaya, hingga partikel kecil (PM1, PM2.5 dan PM10), seperti pada gambar berikut.

Pemurni udara yang handal dan canggih

K413 728 yangcanggih

remote.jpg

Setelah satu bulan menggunakannya, kami amat puas dengan Electrolux Pure A9. Pemurni udara dengan desain menarik ini bisa beroperasi dengan senyap dan tidak mengganggu, memiliki sensor pintar untuk memantau kondisi udara, serta mampu mengubah kualitas udara di ruangan.

Namun fitur yang membuatnya lebih unggul dari alat pemurni udara lainnya adalah aplikasi Wellbeing. Selain mudah digunakan, aplikasi ini mampu memberikan data yang mudah dimengerti bagi penggunanya.

Dengan segala keunggulannya, Pure A9 PA91-406GY dijual seharga 8,2 juta rupiah. Harga yang cukup premium untuk sebuah air purifier, tapi cukup sepadan dengan fitur dan performa yang dimilikinya.

Jadi bagi Anda yang membutuhkan unit pemurni udara yang senyap dan memiliki sensor untuk memantau kondisi udara secara komprehensif, sekaligus punya desain menawan, Electrolux Pure A9 bisa jadi pilihan.

Kelebihan Electrolux Pure A9:

+ Bunyi senyap

+ Sensor pemantau udara

+ Pengoperasian mudah

+ Desain mewah yang elegan

+ Punya roda sehingga mudah dipindahkan

+ Kompartemen filter mudah dibuka dan dijangkau

+ Tersedia remote control

+ Bisa terhubung dengan mudah ke aplikasi Wellbeing

+ Data yang ditampilkan di aplikasi cukup komprehensif

 

Kekurangan Electrolux Pure A9:

– Desain segi lima bisa menyulitkan penempatan

– Ionizer dan Child Lock hanya bisa diaktifkan dari aplikasi

– Harga cukup premium

 

 

electrolux pure a9 room
Mewah dan canggih
Dengan segala keunggulannya, Pure A9 PA91-406GY dijual seharga 8,2 juta rupiah. Harga yang cukup premium untuk sebuah air purifier, tapi cukup sepadan dengan fitur dan performa yang dimilikinya.Jadi bagi Anda yang membutuhkan unit pemurni udara yang senyap dan memiliki sensor untuk memantau kondisi udara secara komprehensif, sekaligus punya desain menawan, Electrolux Pure A9 bisa jadi pilihan.
Desain
9
Fitur
9
Performa
9
Harga
7
Reader Rating1 Vote
9.8
8.5
More Stories
xiaomi mi airdots youth edition 3
Xiaomi Mi AirDots Youth Edition: In-Ear Headphone Tanpa Kabel yang Ramah di Kantong