Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review realme X3 SuperZoom: Performa Super Kencang, Didukung Layar 120Hz



realme x3 superzoom unboxing 1
7.7

Sebelum meluncurkan X50 Pro beberapa waktu yang lalu, realme lebih dulu memboyong X3 Superzoom sebagai perangkat flagship mereka. Selain mengusung komposisi hardware yang menjanjikan performa super kencang, sektor kamera juga menjadi nilai jual utama yang ingin dikedepankan oleh realme, salah satunya lewat kemampuan zoom-nya.

Penasaran seperti apa kecanggihan yang ditawarkan oleh realme X3 Superzoom? Langsung saja simak ulasan kami:

Desain realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom tampil dengan bahasa desain yang bisa dibilang sangat khas realme. Gaya eksterior seperti ini akan terasa familiar bagi Anda yang mengikuti perkembangan smartphone realme di sepanjang tahun 2020. Ciri khas yang akan kembali Anda temui adalah kamera belakang yang disusun vertikal di pojok kiri atas, serta paduan warna gradasi dengan efek memukau ketika terkena cahaya.

realme X3 SuperZoom 2

Varian yang ada pada artikel kami kali ini adalah Glacier Blue. Warnanya terlihat begitu premium dan menawan. Kaca di cover belakang ini menggunakan teknologi anti-glare, sehingga saat terpapar cahaya tidak terlihat terlalu ‘kinclong’ namun lebih ke arah elegan. Satu hal yang patut diapresiasi, finishing-nya tidak mudah meninggalkan bekas jari.

Smartphone ini mengusung bodi 3D Quad-Curve sehingga tampak ergonomis dan enak digenggam. Bobotnya lumayan di atas rata-rata, tapi tidak juga terlalu berlebihan dan masih oke untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Pengoperasian dengan satu tangan tergantung pada seberapa besar tangan Anda. Kalau kami? Masih memungkinkan.

realme X3 SuperZoom 5

Pada cover bagian belakang ini Anda tidak akan menemukan sensor sidik jari. realme tidak memindahkannya ke balik layar, melainkan ke samping menyatu dengan tombol power. Butuh adaptasi bagi yang belum pernah menggunakan side fingerprint sensor. Tapi kalau sudah terbiasa, mungkin akan merasa lebih praktis karena mudah dijangkau.

Selebihnya tidak ada yang terlalu spesial untuk dibahas soal desain dari realme X3 SuperZoom. Kekurangannya mungkin modul kamera belakang yang terlalu menonjol keluar, tapi itu masih bisa dimaklumi terlebih karena smartphone ini mengadopsi teknologi periskop zoom.

realme x3 superzoom package

Soal ketersediaan slot, realme X3 SuperZoom memiliki dua buah slot SIM-card tanpa adanya slot untuk memasang microSD. Itu artinya, Anda tidak bisa memasang memori eksternal dan harus bergantung pada storage internal saja untuk menyimpan data. Posisi slot SIM-card ini ada di bawah, berdampingan dengan port USB Type-C dan lubang speaker. Port audio jack 3.5mm? Sayangnya tidak ada.

realme X3 SuperZoom 6

Layar realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom menawarkan Ultra Smooth Display 6,6 inci Full HD+ yang memiliki refresh rate 120Hz untuk menghasilkan visual yang realistis dan halus. Rasio screen-to-body tergolong tinggi, yakni mencapai 90,5 persen berkat bezel yang tipis dan desain punch hole dengan dua kamera selfie yang tertanam di pojok kiri atas layar.

realme X3 SuperZoom 3

Refresh rate 120Hz sendiri merupakan peningkatan dari X2 Pro yang masih 90Hz. Bukan cuma terlihat mulus, gambar yang ditampilkan pada layar pun terlihat tajam dengan warna yang oke. Perlu diketahui bahwa panel yang digunakan pada realme X3 SuperZoom masih IPS, belum Super AMOLED seperti pada kebanyakan ponsel lainnya di kelas harga yang sama. Itu artinya, Anda tidak akan menemukan fitur seperti Always-On Display.

Tingkat kecerahannya mungkin bukan yang terbaik, tapi masih tetap memadai untuk menampilkan konten dengan nyaman saat Anda berada di bawah sinar matahari. Selain itu, realme juga membenamkan fitur-fitur pendukung seperti Eye Protection untuk melindungi mata serta opsi untuk memilih refresh rate 60Hz atau 120Hz.

Sistem operasi realme X3 SuperZoom

Sama seperti smartphone realme yang lainnya, realme X3 SuperZoom mengadopsi sistem operasi realme UI berbasis Android 10. Antarmukanya sederhana dan praktis untuk menjangkau berbagai fitur. Selain itu, Anda juga disuguhkan beberapa fitur menarik yang cukup berguna untuk menunjang keseharian.

Salah satunya adalah realme Share untuk memudahkan berbagi file dengan pengguna lainnya. Ada pula Dark Mode, fitur yang akan mengubah tema menjadi serba gelap. Tidak ketinggalan, realme UI juga memiliki OSIE Vision Effect untuk meningkatkan kualitas gambar pada aplikasi seperti Instagram dan TikTok.

Yang tidak kalah menggiurkan, realme X3 SuperZoom telah dibekali NFC. Cocok untuk Anda yang sehari-harinya sering beraktivitas menggunakan Commuter Line, Transjakarta, atau MRT. Dengan NFC, Anda akan lebih mudah untuk mengecek dan mengisi ulang saldo e-money langsung dari smartphone.

Kamera realme X3 SuperZoom

Masuk ke pembahasan kamera, realme X3 SuperZoom dibekali kamera telephoto yang mengadopsi teknologi lensa periskop dengan kemampuan zoom maksimal 60x (16mm-124mm). Kamera ini punya resolusi 8 megapixel dan sudah didukung OIS agar pemotretan menjadi lebih stabil.

realme X3 SuperZoom 1

Selain kamera periskop, realme X3 SuperZoom juga dipersenjatai beberapa sensor kamera lainnya antara lain 64 megapixel f/1.8, 8 megapixel f/2.3 ultrawide, 2 megapixel 2 macro, serta kamera selfie ganda yang terdiri dari 32 megapixel f/2.5 dan 8 megapixel f/2.2 ultrawide.

Hasil foto menggunakan kamera belakang menurut kami cukup bagus. Detailnya tinggi sehingga foto terlihat tajam dan warna-warna menggoda dengan saturasi yang agak diangkat. Mode auto-nya juga cukup baik dalam menentukan pengaturan yang akurat, terutama terkait white balance.

IMG20200713114357

elite dragonfly yangcanggih 728

IMG20200711160920

IMG20200730122248

IMG20200713173918

Untuk lebih memudahkan Anda menghasilkan foto yang bagus di malam hari, realme juga menyediakan Super Nightscape 4.0 yang berguna di kondisi cahaya minim. Ada pula Pro Nightscape Mode untuk mengutak-atik pengaturan Nightscape seperti ISO, WB, shutter speed, dan jarak fokus secara manual. Terakhir ada Tripod Mode, yang dengan waktu 30 detik dapat memotret light trails.

IMG20200821174145

Sesungguhnya tidak ada masalah dengan kemampuan kamera utama realme X3 SuperZoom saat mengabadikan momen di kondisi cahaya yang mana. Foto yang dihasilkan masih layak untuk Anda pamerkan di media sosial. Tapi kalau harus diadu dengan kamera smartphone lain di kelas yang sama, sayangnya realme X3 SuperZoom belum bisa lebih unggul. Hasil fotonya memang lebih terang, tapi terkadang kurang tajam dan terlihat peredaman noise yang cukup agresif sehingga detail terlihat menurun.

IMG20200820012707

Sementara untuk kemampuan zoom, selama Anda masih berada di jangkauan optical, yakni hingga 5x, foto yang disajikan tergolong oke. Kehadiran OIS juga turut membantu kamera menangkap gambar dengan stabil. Hasil foto dengan kamera telephoto akan lebih ideal saat cahaya memadai.

IMG20200726094353

Yang lebih menarik, realme X3 SuperZoom dilengkapi Starry Mode untuk memudahkan memotret langit penuh bintang di malam hari. Cara kerjanya dengan mengambil lebih dari 10 foto ultra-long exposure dalam waktu maksimal 32 detik, kemudian dilipatgandakan dengan teknologi AI dan pengurangan noise multi-frame. Total waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 5 menit. Karena itu, Anda butuh tripod untuk bisa memaksimalkan fitur ini dan pastinya langit malam hari yang cerah tanpa polusi.

Untuk urusan videografi, realme X3 SuperZoom mampu merekam hingga resolusi 4K di 60fps. Kameranya juga dibekali UIS (Ultra Image Stabilization) dan UIS Max dengan algorima smart AI dan data sensor gerak, sehingga mampu mengeliminasi guncangan secara realtime. Bahkan, realme mengklaim tingkat kestabilannya membuat realme X3 SuperZoom bisa menjadi kamera aksi.

Selain Ultra Image Stabilization, Anda juga disuguhkan dua fitur keren seperti real-time bokeh untuk menciptakan video dengan efek blur agar objek pada video menjadi lebih menonjol. Tidak ketinggalan, kamera realme X3 SuperZoom mampu membut video slow motion di 960fps.

Performa dan baterai realme X3 SuperZoom

Bicara performa, realme X3 SuperZoom mengandalkan chipset yang sama dengan X2 Pro yakni Qualcomm Snapdragon 855+. RAM yang dibenamkan sebesar 12 GB dengan storage 256 GB. Seperti kami sebutkan sebelumnya, tidak slot microSD. Kapasitas 256 GB memang besar, tapi dengan tingginya kebutuhan ruang penyimpanan data apalagi pada smartphone yang mampu merekam video 4K 60fps, bagi sebagian orang mungkin akan lebih menggiurkan jika slot microSD tetap tersedia.

Kalau soal kinerja tidak ada yang perlu diragukan. Snapdragon 855+, walaupun merupakan chipset flagship tahun lalu, terbukti masih mampu memberikan performa super kencang. Apapun kebutuhan Anda bisa difasilitasi dengan lancar, termasuk untuk urusan gaming. Judul-judul populer seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Asphalt 9, hingga NBA 2K20 bisa dijalankan dengan mulus tanpa kendala di setting grafis tinggi.

Selama digunakan untuk kegiatan yang menuntut kinerja berat seperti gaming, peningkatan suhu pada realme X3 SuperZoom masih terjaga dengan baik. Smartphone ini memang dipersenjatai sistem pendingin dengan teknologi Liquid Cooling. realme mengklaim, dengan vapor cooling tube dari tembaga dengan diameter 8mm, panas bisa turun hingga 176,9 persen.

Untuk urusan daya, realme X3 SuperZoom dibekali baterai 4.200 mAh. Kapasitas yang tergolong standar, namun selama pemakaian kami merasa sudah mencukupi untuk menemani aktivitas seharian penuh. Baterai ini juga didukung teknologi 30W Dart Flash Charge, yang memungkinkan untuk bisa terisi penuh 100 persen hanya dalam waktu sekitar 1 jam saja.

realme X3 SuperZoom Battery Test

Kesimpulan

realme X3 SuperZoom mungkin bukan smartphone yang sempurna, dan kalau harus digolongkan sebagai flagship pun belum bisa disejajarkan dengan produk flagship keluaran brand lain. Ada beberapa sektor yang menurut kami seharusnya masih bisa ditingkatkan lagi, salah satunya adalah kemampuan kamera saat low-light.

realme x3 superzoom unboxing 1

Tapi yang harus digarisbawahi, dengan harga yang jauh lebih murah dibanding perangkat kelas atas pada umumnya, realme X3 SuperZoom tetap menghadirkan sederet fitur yang sebelumnya hanya bisa Anda nikmati jika mau mengeluarkan dana lebih dari 10 juta rupiah.

Dijual dengan harga Rp7.999.000, realme X3 SuperZoom adalah opsi yang menarik untuk Anda yang mendambakan sebuah smartphone dengan performa tinggi dan dukungan fitur yang bisa diandalkan untuk segala kebutuhan.

Kelebihan realme X3 SuperZoom:

  • Ultra Smooth Display dengan refresh rate 120Hz
  • Kinerja mantap, cocok untuk gamer
  • Kamera cukup baik untuk mengabadikan momen saat cahaya memadai
  • Ada lensa telephoto dengan teknologi periskop zoom
  • Mampu merekam video hingga resolusi 4K di 60fps
  • Perekaman video stabil dengan UIS dan UIS Max
  • Charging cepat, 1 jam penuh 100 persen
  • Harga cukup menggiurkan

Kekurangan realme X3 SuperZoom:

  • Tidak ada slot microSD
  • Tidak ada port audio jack 3.5mm
  • Akan lebih menarik jika menggunakan layar AMOLED

realme X3 SuperZoom ideal untuk: Gamer yang mencari smartphone dengan performa mumpuni. Pengguna yang ingin mencicipi smartphone dengan kamera periskop. Pengguna yang menginginkan layar 120Hz.

realme X3 SuperZoom kurang ideal untuk: Content creator yang selalu mengandalkan microSD untuk menyimpan data besar. Pengguna yang membutuhkan port audio jack 3.5mm.

realme x3 superzoom unboxing 1
realme X3 SuperZoom
Ponsel ini menawarkan performa super kencang, layar 120Hz, dan kamera telephoto dengan lensa periskop
7.7
More Stories
Loop
Telkomsel Selenggarakan Kompetisi Basket simPATI Loop 3 on 3