Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 732G: Tawarkan Peningkatan Performa Grafis hingga 15 Persen

Salah satu chipset kelas menengah paling populer, Snapdragon 730G, kini hadir dengan versi upgrade. Diberi nama Snapdragon 732G, chipset garapan Qualcomm tersebut menawarkan sederet peningkatan khususnya pada sektor performa dengan clock speed yang lebih tinggi.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 732G

Qualcomm Snapdragon 1

Sama seperti pendahulunya, Qualcomm Snapdragon 732G merupakan chipset yang mengusung fabrikasi 8nm. SoC ini dibekali CPU dengan dua core besar Kryo 470 2.3GHz, alias meningkat 0,1GHz dibanding Snapdragon 730G, serta 6 core kecil Kryo 470 1.8GHz. Untuk urusan grafis, pengguna disuguhkan GPU Adreno 618 yang diklaim punya performa 15 persen lebih baik.

“Snapdragon 732G akan menghadirkan pengalaman gaming yang powerful, AI pada perangkat yang canggih, dan performa yang unggul,” kataedKar Kondap, Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Selain peningkatan performa grafis, selebihnya Snapdragon 732G menawarkan spesifikasi dan fitur yang sama dengan Snapdragon 730G. Urusan konektivitas masih mengandalkan modem LTE X15 dan WiFi 6. Bluetooth yang ditanamkan kini naik ke versi 5.1, tapi mempunyai fitur yang sama seperti aptX Adaptive dan TrueWireless Stereo Plus.

Yang tidak kalah menarik, pengguna juga akan menemukan dukungan Snapdragon Elite Gaming dan Vulkan 1.1. Soal teknologi pengisian daya baterai, Snapdragon 732G menggunakan Quick Charge 4+. Sementara untuk urusan videografi, ISP Spectra 350 pada chipset ini mampu merekam video 4K di 30fps dan mendukung HDR10 serta HLG.

Snapdragon 732G

Smartphone pertama dengan Snapdragon 732G

Qualcomm memastikan bahwa smartphone pertama yang akan mengadopsi Snapdragon 732G datang dari brand POCO. Sayangnya, belum ada bocoran POCO seri apa yang dimaksud. Meski begitu, besar kemungkinan smartphone yang masih misterius ini bakal diperkenalkan dalam waktu dekat.

Sedikit membahas pendahulunya, Snapdragon 730G, ini merupakan chipset yang tergolong cukup populer dan mempersenjatai banyak ponsel kelas menengah ke atas. Sebut saja Xiaomi Mi Note 10 Pro, Samsung Galaxy A71, dan OPPO Reno2. Snapdragon 730G terbukti mampu memberikan performa yang bertenaga untuk segala kebutuhan, termasuk gaming. Karena itu, menarik untuk menantikan seperti apa pengalaman yang ditawarkan oleh sang penerus, Snapdragon 732G.

Back to top button