Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

[Tips] Mengamankan Data Pribadi dengan OPPO Reno4



Di balik fungsinya sebagai perangkat untuk menunjang produktivitas, hiburan, dan pastinya komunikasi, smartphone sering menjadi target bagi para pelaku kejahatan siber. Apalagi, di era digital seperti sekarang ini smartphone juga digunakan sebagai alat untuk bertransaksi digital. Itu artinya, ada data-data pribadi yang wajib diamankan agar tidak dicuri oleh orang lain.

OPPO memahami betul pentingnya sistem keamanan pada ponsel garapannya. Melalui produk terbarunya, Reno4, OPPO memperkenalkan sederet fitur canggih yang dapat membantu pengguna melindungi data-data pribadi mereka dari beragam teknik serangan siber seperti phising, malware, aplikasi jahat, atau justru dengan teknik konvensional seperti smartphone spying atau mengintip layar.

Nah, untuk Anda yang tidak mau data-data pribadinya dibobol oleh orang lain, berikut beberapa tips untuk mengamankannya jika Anda menggunakan OPPO Reno4:

1. Aktifkan Smart Spying Prevention

OPPO Watch 4

Salah satu fitur keamanan yang dimiliki oleh OPPO Reno4 adalah Smart Spying Prevention. Teknologi ini akan menyembunyikan isi notifikasi saat ada orang lain memandang layar smartphone yang sedang Anda buka, khususnya saat sedang berada di tempat umum seperti transportasi publik. Fitur ini mengandalkan AON Smart Sensor, sebuah sensor pintar berdaya rendah yang dibekali kemampuan AI (Artificial Intelligence) dengan kombinasi algoritma pengenalan yang cerdas.

Untuk mengaktifkan fitur Smart Spying Prevention, maka pengguna perlu mendaftarkan wajah terlebih dahulu agar kamera smartphone mengenalinya sebagai pemilik ponsel yang sah. Setelah itu, masuk ke [Settings] -> [Notification & status bar]- > [Manage notifications] -> [Anti-peeping].

2. Lindungi data dengan Personal Information Protection

Ketika pengguna meng-install aplikasi baru, kadang mereka tidak sadar ada beberapa aplikasi yang membutuhkan persetujuan untuk mengakses hal-hal sensitif pada smartphone seperti kontak, kamera untuk mengambil foto, dan lokasi. Bahkan beberapa aplikasi memerlukan akses ke data pribadi yang sayangnya seringkali diabaikan oleh pengguna. Ketika permintaan akses disetujui, itu artinya Anda dengan sukarela memberikan akses izin untuk bisa mengambil data pribadi Anda.

elite dragonfly yangcanggih 728

Inilah kegunaan dari fitur Personal Information Protection. Saat fitur ini diaktifkan, maka sistem akan secara otomatis menentukan beberapa aplikasi berbahaya yang mencoba membaca informasi pribadi dan memberikan informasi berupa data kosong untuk menghindari kebocoran data.

Cara mengaktifkannya: masuk ke [Settings] -> [Privacy] -> [Personal Information Protection] -> lalu pilih [Smart Protection].

OPPO Reno 4 kamera belakang

3. Payment Protection untuk pembayaran yang aman

Anda yang sering melakukan transaksi pembayaran menggunakan smartphone dapat mengandalkan fitur Payment Protection di OPPO Reno4. Fitur ini akan melakukan pemindaian otomatis terhadap aplikasi pembayaran dan melindunginya dari ancaman pembobolan data. Untuk mengaktifkannya: masuk ke [Settings] -> [Security] -> lalu pilih [Payment Protection].

4. Secure Keyboard

Masih terkait dengan pembayaran digital, OPPO juga menyediakan fitur Secure Keyboard. Pada fitur ini, OPPO Reno4 secara otomatis akan mengganti keyboard bawaan ke OPPO Secure keyboard ketika pengguna perlu memasukkan informasi sensitif. OPPO Secure keyboard tidak akan merekam informasi yang dimasukkan oleh pengguna seperti password, terkoneksi ke jaringan internet atau fitur auto complete.

Nah, itulah beberapa fitur keamanan canggih yang bisa membantu Anda mengamankan data-data pribadi di smartphone Anda. Semua fitur tersebut bisa Anda nikmati melalui OPPO Reno4. Bagi yang berminat, OPPO Reno4 saat ini sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp4.999.000. Ada dua pilihan warna, yakni Galactic Blue dan Space Black.

More Stories
factron quattro lenses case
10 Aksesoris iPhone untuk Fotografi