Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Berminat dengan realme Narzo? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya



realme sudah meluncurkan banyak smartphone baru di sepanjang tahun 2020 ini. Menurut kami, salah satu yang paling menarik adalah realme Narzo. Hadir sebagai perangkat dengan spesifikasi dan fitur terdepan di kelasnya, realme Narzo dijual dengan harga yang amat kompetitif, yakni hanya Rp2.999.000 saja.

Bagi Anda yang berminat membeli realme Narzo dan menjadikannya daily driver untuk menemani aktivitas sehari-hari, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan realme Narzo

1. Layar Ultra Smooth 90Hz

realme Narzo 1

Inilah yang menjadi keunggulan utama realme Narzo dibanding para pesaingnya di kelas harga setara. Anda akan menemukan layar Ultra Smooth 6,5 inci Full HD+ yang memiliki refresh rate 90Hz, dengan rasio screen-to-body mencapai 90,5 persen. Dengan refresh rate tinggi, tampilan gambar akan terlihat lebih mulus.

realme Narzo merupakan smartphone dengan layar 90Hz paling murah yang ada di pasar Indonesia saat ini. Belum ada brand lainnya yang hadir dengan penawaran serupa. Bagi yang belum tahu, rata-rata smartphone di kisaran 2 jutaan rupiah masih mengandalkan layar 60Hz.

2. Performa bertenaga, asyik untuk main games

Berbekal chipset MediaTek Helio G90T, harus kami akui bahwa realme Narzo merupakan salah satu smartphone dengan performa paling kencang di kelasnya. Chipset ini memang dikenal bertenaga dan sanggup melibas sederet game 3D yang menuntut kemampuan grafis tinggi.

Anda juga akan disuguhkan RAM sebesar 4GB LPDDR4X dual-channel dengan storage berteknologi UFS 2.1 yang mengusung kapasitas 128 GB. Kombinasi yang menurut kami sudah amat mumpuni untuk sebuah smartphone 2 jutaan rupiah.

Hasilnya sesuai dugaan. realme Narzo mampu memberikan performa gaming yang cukup menyenangkan. Game seperti PUBG Mobile bisa dijalankan dengan lancar pada setting Smooth-Ultra. Frame rate-nya lumayan stabil, tidak naik-turun. Judul-judul lainnya seperti Mobile Legends dan Asphalt 9 pun bisa dijalankan tanpa kendala.

3. Kamera oke di kondisi cahaya memadai

realme Narzo 5

Bicara soal kamera, di bagian belakang pengguna akan menemukan 4 sensor yang terdiri dari 8 megapixel 119 derajat ultra-wide-angle, kamera utama 48 megapixel f/1.8, 2 megapixel dengan lensa potrait Black & White, serta kamera 2 megapixel dengan lensa makro yang memungkinkan pemotretan dengan jarak focus 4cm. Untuk selfie, ada kamera depan 16 megapixel f/2.0.

Hasil foto dari kamera realme Narzo tergolong amat baik di kelasnya ketika digunakan mengabadikan momen dengan cahaya yang ideal. Detailnya tinggi, dynamic range-nya bagus, white balance-nya cenderung akurat, dan saturasinya agak diangkat sehingga foto terlihat lebih menggugah selera, tapi tidak berlebihan. Untuk mengetahui lebih jauh seperti apa kemampuan kamera realme Narzo, langsung saja klik tautan berikut ini.

4. Perekaman video sudah didukung stabilization

elite dragonfly yangcanggih 728

Kamera realme Narzo mendukung beberapa fitur video yang cukup canggih di kelasnya, mulai dari rekaman video 120fps slo-mo di kamera depan hingga UIS Video Stabilization dan video ultra wide-angle di kamera belakang. Khusus untuk stabilization, fitur ini memungkinkan Anda merekam video dengan lebih stabil tanpa bantuan alat seperti gimbal.

5. Side fingerprint sensor responsif

realme Narzo 4

realme Narzo menggunakan sensor sidik jari yang terpasang di samping dan menyatu dengan tombol power. Butuh sedikit adaptasi untuk pengguna yang sebelumnya terbiasa dengan sensor di belakang atau di layar. Yang kami suka, sensor ini amat responsif dan mampu mengenali jari dengan cepat.

6. Didukung 30W Flash Charge

realme Narzo dipersenjatai baterai sebesar 4.300 mAh yang mendukung 30W Flash Charge dan diklaim dapat mengisi daya hingga 100 persen hanya dalam waktu 55 menit.

Kekurangan realme Narzo

1. Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Sama seperti smartphone glossy pada umumnya, bodi realme Narzo mudah kotor oleh bekas jari. Untungnya dalam paket penjualannya realme sudah menyediakan softcase yang bisa langsung Anda pasang.

2. Akan lebih menarik jika charger 30W sudah termasuk dalam paket penjualan

Walaupun sudah mendukung 30W Flash Charge, sayangnya dalam paket penjualannya realme belum menyediakan charger yang kompatibel dengan fitur tersebut. Anda hanya akan menemukan charger 20W. Kalau ingin memaksimalkan kemampuan pengisian dayanya, Anda harus membeli charger lagi secara terpisah.

realme Narzo 1

3. Kemampuan Night Mode masih harus ditingkatkan lagi

Hasil pemotretan menggunakan Night Mode di realme Narzo menurut kami standar saja. Gambar yang tangkap menjadi lebih terang dan detail masih ada, meski jauh menurun dari ketika memotret di tempat terang. Exposure-nya tidak diangkat berlebihan sehingga nuansa malamnya masih terlihat natural. realme harus bisa meningkatkan lagi kemampuan low light smartphone ini lewat update.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari realme Narzo. Meski belum bisa disebut sempurna, realme Narzo bisa dibilang merupakan salah satu pilihan terbaik di kelas harganya saat ini.

More Stories
Microsoft Mustang
Ketika Microsoft Memodifikasi Mobil Ford Mustang