Fitbit Sense: Smartwatch dengan Fitur Pemantau Stres dan Sensor EKG

Brand yang dikenal dengan sederet produk wearable-nya yang mengutamakan fitur kesehatan, Fitbit, mengumumkan kehadiran Sense, smartwatch baru yang juga dinilai sebagai yang paling canggih dari yang pernah diluncurkan Fitbit selama ini. Seperti apa keunggulan yang ditawarkan oleh Fitbit Sense?

Fitur Fitbit Sense

svg%3E

Sebagai produk kelas flagship, Fitbit Sense dibekali berbagai hardware dan fitur canggih yang tentunya tetap berfokus seputar kesehatan. Salah satunya adalah sensor Electrodermal Activity (EDA) yang berguna untuk memantau tingkat stres penggunanya. Cara kerjanya sederhana. Cukup letakkan telapak tangan di atas layar, lalu aplikasi EDA Scan akan mengukur tingkat stres melalui keringat.

Fitbit Sense juga dibekali sensor EKG (elektrokardiogram) untuk mengetahui tanda-tanda terjadinya gangguan irama jantung. Ada pula sensor Skin Temperature yang sesuai namanya dapat mendeteksi gejala awal demam maupun siklus bulanan pada wanita. Tidak ketinggalan, Fitbit membenamkan sensor SpO2 untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

Bukan cuma fitur pemantau kesehatan, Fitbit Sense dipersenjatai berbagia fitur lainnya yang lebih umu seperti GPS dan mode olahraga dengan lebih dari 20 jenis latihan. Jam tangan pintar ini memiliki built-in speaker dan sebuah microphone untuk memudahkan berkomunikasi dengan orang lain atau dengan asisten digital seperti Google Assistant.

svg%3E

Fitbit Sense mempunyai layar AMOLED yang telah dilindungi Gorilla Glass 3 dan dibekali mode Always-On. Baterainya diklaim mampu bertahan lebih dari 6 hari. Dengan fitur fast charging, pengguna dijanjikan hanya perlu mengisi daya selama 12 menit untuk mendapatkan daya tahan baterai seharian penuh.

Harga Fitbit Sense

Smartwatch dengan bodi anti air hingga kedalaman 50 meter ini rencananya akan mulai didistribusikan pada September 2020 mendatang. Bagi yang berminat, Fitbit Sense dijual dengan harga US$330 atau sekitar 4,8 juta rupiah.

Juga luncurkan Versa 3 dan Inspire 2

Selain mengumumkan Sense, Fitbit juga meluncurkan dua produk baru mereka lainnya yang Versa 3 dan Inspire 2. Nama yang disebut pertama merupakan jam tangan pintar dengan spesifikasi dan desain yang mirip dengan Sense, tapi tanpa dibekali sederet fitur pemantau kesehatan tersebut di atas. Baterainya tahan lebih dari 6 hari dan dibekali dengan GPS serta bodi anti air hingga kedalamana 50 meter. Fitbit Versa 3 dijual dengan harga US$230 atau sekitar 3,3 juta rupiah.

svg%3E

Sedangkan Fitbit Inspire 2 merupakan gelang kebugaran dengan daya tahan baterai 10 hari dan dibekali sensor pendeteksi detak jantung untuk memonitor selama 24/7. Ada 20 jenis latihan yang bisa dipilih. Perangkat ini juga mampu menampilkan notifikasi ketika terhubung dengan smartphone Android. Fitbit Inspire 2 dijual dengan harga 1,4 jutaan rupiah.

 

Verified by MonsterInsights