[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba OPPO Watch

Jam tangan pintar atau smartwatch bukan hal baru di dunia gawai. Tapi, di tahun 2020 ini jam tangan pintar menjadi salah satu keluarga baru di ekosistem perangkat pintar OPPO. Jam tangan pintar perdananya tersebut diberi nama OPPO Watch. Sebelum melakukan pengujian lebih detil, lewat artikel ini kami akan mengajak Anda melihat lebih dekat OPPO watch. Seperti apa kesan pertama kami? Berikut ulasannya.

svg%3E

Desain OPPO Watch

Sangat cantik. Itulah kesan pertama saat OPPO Watch terpasang di pergelangan tangan kami. Siapapun yang melihatnya pasti akan langsung teringat dengan jam tangan pintar paling populer saat ini, Apple Watch.

svg%3E

Tapi, jika dicermati OPPO Watch menurut kami lebih mengagumkan. Desainnya pun sangat berbeda. Pertama, rancangan bodi OPPO Watch sangat rapih, ramping dan minimalis. Tombol-tombolnya tersusun sejajar di samping kanan bodinya. Rancangan bodinya juga sudah tahan air, jadi tidak perlu khawatir saat diajak berenang atau olahraga di kondisi cuaca yang tidak menentu.

svg%3E

Mengusung material stainless steel bodinya terasa sangat solid dan premium. Rancangannya juga ringan. Dipadukan dengan strap berbahan karet silikon yang lembut OPPO Watch sangat nyaman digunakan.

svg%3E

Untuk dimensi OPPO Watch yang kami coba ini berukuran 46 mm. Ideal untuk pergelangan tangan pria. Untuk ukuran tangan yang lebih kecil bisa pilih yang ukuran 42 mm. Di modelnya yang ukuran 42 mm ada dua warna yaitu hitam dan rose gold. Jadi, jelas model 42 mm ini akan lebih cocok untuk para wanita atau pria dengan ukuran pergelangan tangan lebih kecil.

Layar OPPO Watch

svg%3E

Kecantikan OPPO Watch semakin sempurna dengan layarnya yang sangat mengagumkan. OPPO Watch adalah jam tangan pintar pertama yang mengadopsi teknologi layar Flexible Dual-Curve. Teknologi ini memungkinkan layar OPPO Watch terlihat nyaris tanpa bingkau atau ultra frameless design.

Panel layarnya juga mengusung panel AMOLED 3D. Seperti yang kita ketahui panel layar AMOLED memang unggul dalam hal kontras warna dan tingkat kecerahan yang jempolan. Dengan tingkat keraptan pixel hingga 326 ppi yang memenuhi standar layar retina layarnya terlihat sangat tajam. Kecerahan layarnya yang mencapai 500 nits juga menjadikan OPPO Watch tidak pantang di kondisi pencahayaan yang sangat terang.

Tidak ketinggalan panel layarnya telah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Sangat penting untuk meminimalkan goresan dan benturan. Respon layarnya dengan sentuhan jari pun sangat baik.

Spesifikasi OPPO Watch

OPPO Watch diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 3100. Chipset yang sama seperti jam tangan pintar mewah seperti TAG Heuer Connected 2020, Montblanc Summit 2+, Louis Vuitton Tambour Horizon hingga Hublot Big Bang E.

svg%3E

Tapi, di OPPO Watch chipset Qualcomm Snapdragon 3100 tersebut masih disokong chip Ambiq Appollo3. Kolaborasi kedua chipset ini tergabung dalam teknologi yang bernama Dual-Chip Endurance System. Menurut OPPO, sistem ini dapat beralih antara mode Smart yang digerakkan Qualcomm Snapdragon 3100 dan mode Power Saver yang digerakkan oleh Ambiq Apollo3 chips. Dengan begitu OPPO Watch mampu menghadirkan kinerja yang tinggi sekaligus tetap hemat daya.

Kami memang belum mencicipi lebih jauh seberapa efektif teknologi ini. Apalagi mencoba ketahanan baterainya. Performa dan ketahanan baterainya akan kami ulas lebih detil di artikel review berikutnya.

Dari pengujian singkat kami kinerja OPPO Watch memang terasa sangat gegas dan responsif. Buka, tutup, dan berpindah aplikasi bisa dilakukan dengan sangat mulus, nyaris tanpa lag.

Menjalankan Wear OS

OPPO Watch menjalankan sistem operasi Wear OS dari Google. Racikan antarmukanya pun sangat sederhana dan mudah sekali digunakan.

svg%3E

Langkah OPPO memilih Wear OS sebagai sistem operasi OPPO Watch menurut kami sangat tepat. Wear OS memungkinkan semua potensi OPPO Watch bisa terbuka lebar lewat dukungan ekosistem Google.

Pertama, soal kompatibilitas. OPPO Watch kompatibel dengan semua smartphone Android dari pabrikan apapun. Kedua, dukungan aplikasi. OPPO Watch bisa ditambahkan banyak aplikasi lewat Google Play Store. Jam tangan pintar ini juga mendukung pelacakan kesehatan 24/7 dari Google Fit.

Fitur OPPO Watch

Sebagai jam tangan pintar OPPO Watch dimodali dengan cukup banyak fitur. Bahkan, banyak fitur istimewa yang tidak pernah kami temukan di jam tangan pintar manapun.

svg%3E

Sebut saja seperti Outfit-Matching AI Watch Face. Fitur ini akan sangat mempermudah untuk para pengguna yang gemar tampil gaya. Menurut OPPO, Outfit-Matching AI Watch Face bisa memungkinkan OPPO Watch menghasilkan wallpaper yang cocok dengan gaya outfit pengguna secara otomatis.

Menyesuaikan selera pengguna OPPO Watch juga menyediakan opsi Watch Face yang cukup banyak. Gambar dari album di smartphone pun bisa dijadikan watch face untuk antarmuka yang lebih personal.

svg%3E

Bagi yang gemar olahraga, di OPPO Watch kami juga menemukan dukungan modul GPS, sensor detak jantung dan beragam mode olahraga ekslusif. Seperti misalnya lima menit kursus olahraga dan lima mode olahraga dengan panduan pribadi.

svg%3E

Lima mode olahraga tersebut masih bisa dikembangkan sendiri seperti: lari kebugaran, lari untuk pembakaran lemak, jalan kaki, bersepeda dan berenang.

svg%3E

Tidak ketinggalan di OPPO Watch hadir dukungan fitur isi ulang cepat VOOC Flash Charging. Di sesi hands on ini kami memang belum bisa mengulas lebih jauh seberapa cepat kemampuan VOOC Flash Charging di OPPO Watch. Walau begitu, fitur ini tetap sangat menjanjikan karena OPPO berhasil memecahkan masalah pengisian daya yang umum dihadapi pengguna jam tangan pintar.

Kesimpulan awal

svg%3E
Desain jempolan, sederetan fitur ekslusif dan teknologi canggih di OPPO Watch menjadi modal yang sangat cukup untuk mencuri perhatian para penggemar jam tangan pintar di tanah air. Dukungan Wear OS juga menjadikannya sangat unggul. Di bawah ekosistem Google pengguna tidak perlu khawatir soal dukungan aplikasi dan kompatibilitas yang sudah pasti mendukung semua smartphone Android (OS Android minimum Android 6.0 atau di atasnya).

OPPO Watch dijual dengan harga Rp3.499.000 untuk ukuran 41mm dan 46mm harga jualnya Rp4.499.000. Jika masih penasaran dengan kehebatan OPPO Watch, tunggu review lengkap kami dalam waktu dekat.

Verified by MonsterInsights