Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

7 Fitur Videografi Canggih untuk Berkreasi Lebih dengan Samsung Galaxy Note20 Series



Samsung Galaxy Note20 Series memang layak disebut sebagai perangkat yang komplit. Selain cocok digunakan oleh pengguna yang dituntut untuk selalu produktif, deretan fitur canggih pada Galaxy Note20 Series juga membuatnya ideal untuk mengembangkan kreativitas, misalnya dalam hal videografi.

Di generasi terbaru ini, Samsung menghadirkan banyak peningkatan pada kemampuan video dari Galaxy Note20 Series. Hardware yang dibenamkan semakin powerful dan ada beberapa fitur kelas profesional yang bahkan masih jarang ditemukan di produk flagship lainnya saat ini.

Samsung Galaxy Note20 Ultra Mystic Bronze kamera

 

Untuk Anda yang gemar membuat konten video, fitur-fitur pada Galaxy Note20 Series memungkinkan Anda untuk berkreasi lebih jauh lagi. Kami mencatat setidaknya ada 7 fitur videografi canggih pada Galaxy Note20 Series yang bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan karya yang bagus. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

1. Video 8K dengan Aspect ratio 21:9

samsung galaxy note20 video aspect ratio 1Salah satu fitur keren yang bisa Anda temukan pada kamera Galaxy Note20 Series adalah kemampuan untuk merekam video hingga resolusi 8K. Sekadar informasi, 8K merupakan resolusi yang empat kali lebih tinggi dibanding 4K UHD. Tampilan gambarnya jelas jauh lebih tajam dan dapat menangkan hingga detail kecil sekalipun.

Resolusi 8K juga dapat dikombinasikan dengan opsi 24fps dan aspect ratio 21:9. Hasil videonya nanti akan terlihat lebih sinematik dan tampak seperti film. Cocok untuk Anda yang ingin membuat film pendek dengan kualitas sinematografi layaknya menggunakan kamera profesional.

2. Pro Video Mode

Samsung Galaxy Note 20 Ultra menu kamera

Pro Video Mode merupakan sebuah terobosan yang menarik. Lewat fitur ini Anda bisa mengatur ISO, Shutter Speed, Manual Focus, dan yang lainnya secara manual ketika merekam video tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Di smartphone pada umumnya, pengaturan manual biasanya hanya tersedia untuk keperluan fotografi saja.

K413 728 yangcanggih

Canggihnya lagi Pro Mode juga memberikan kontrol yang bebas untuk memanfaatkan kemampuan zoom dari kamera Galaxy Note20 Series. Anda bisa mengatur kecepatan zoom sesuai kebutuhan. Misalnya zoom-in perlahan untuk mendapatkan adegan close-up yang lebih dramatis, atau zoom-out secara cepat untuk mendapatkan sudut yang lebih luas. Dengan fleksibilitas seperti ini, setiap pengguna bisa lebih leluasa berkreasi dan menciptakan video dengan gaya sesuai preferensi masing-masing.

3. Pengaturan microphone

samsung galaxy note 20 ultra mic video setting

Bukan cuma soal kualitas visual, Samsung juga meningkatkan kemampuan videografi Galaxy Note20 Series pada sektor audio. Anda dapat mengatur microphone dengan beberapa opsi, antara lain Omni, Front, Rear, USB, dan Bluetooth.

Omni artinya microphone Galaxy Note20 Series akan menangkap suara dari segala arah. Front dan Rear sesuai namanya hanya akan menangkap suara dari depan atau belakang, sehingga audio terdengar lebih jelas dan meminimalisir gangguan dari sumber yang tidak diinginkan.

Sementara mode USB memungkinkan Anda untuk memasang mic eksternal lewat port USB Type-C di Galaxy Note20. Terakhir, Bluetooth, adalah opsi untuk merekam audio dengan bantuan perangkat nirkabel seperti Galaxy Buds Live.

4. Video Full HD 120fps

Kamera Samsung Galaxy Note20 Series juga mampu merekam video dengan resolusi Full HD di 120 frame per detik. Hasil videonya akan terlihat sangat halus dan tajam, apalagi ketika disaksikan di layar Galaxy Note20 Ultra yang secara otomatis akan langsung mengubah refresh rate ke 120Hz saat memutar video 120fps.

5. Live Focus Video

Live Focus Video punya fungsi yang sama dengan mode serupa yang biasa Anda gunakan untuk menciptakan efek bokeh pada foto. Fitur ini amat ideal untuk membuat vlog dengan kedalaman yang mirip dengan kamera DSLR. Efek pada latar belakang pun tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu Blur, Big Circle, Color Point, dan Glitch.

6. Super Steady

Fitur yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Super Steady yang didukung OIS dan Advanced AI Stabilization menjanjikan perekaman video yang lebih stabil. Dengan Super Steady, Anda bisa merekam video yang tetap stabil sambil bergerak. Bahkan gerakan yang lebih ekstrem seperti sambil berlari atau mengendarai sepeda, dapat diatasi dengan Super Steady tanpa menggunakan alat penyetabil tambahan seperti gimbal.

Itulah beberapa fitur videografi canggih yang bisa Anda temukan di Galaxy Note20 Series. Perpaduan fitur tersebut bisa menjadi modal awal Anda untuk menciptakan video dengan kualitas profesional, dengan hanya bermodal ponsel di tangan.

More Stories
LIX: Pena Pencetak 3 Dimensi Pertama di Dunia