Inilah Perbedaan Antara Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note10

Samsung baru saja mengumumkan kehadiran Galaxy Note20 Series secara global, dan dilanjutkan dengan membuka pre-order untuk pasar Indonesia. Dibandingkan generasi sebelumnya, Galaxy Note20 Series menawarkan cukup banyak peningkatan yang menggiurkan.

Untuk lebih memudahkan Anda yang berencana beralih ke Galaxy Note atau ingin upgrade ke seri terbaru, berikut kami sajikan apa saja perbedaan antara Galaxy Note20 dan Galaxy Note10 yang dirilis tahun lalu.

Perbedaan layar

svg%3E

Galaxy Note20 Series menawarkan ukuran layar yang lebih besar dibanding pendahulunya. Sekadar mengingatkan, Galaxy Note 10 mengusung layar 6,3 inci sementara Galaxy Note 10 Plus 6,8 inci, dan keduanya sama-sama memiliki refresh rate 60Hz.

Pada generasi terbarunya, Samsung memberikan peningkatan baik dari segi ukuran maupun refresh rate-nya. Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra masing-masing dibekali layar 6,7 inci dan 6,9 inci, dan khusus untuk seri Ultra sudah mengadopsi refresh rate tinggi 120Hz serta Gorilla Glass Victus yang lebih tangguh.

svg%3E
Galaxy Note 10

Peningkatan performa

Sebagai perangkat kelas flagship, tentunya wajib hukumnya bagi Samsung untuk membenamkan chipset yang paling baru dan paling kencang. Kalau Galaxy Note10 Series mengandalkan Exynos 9825, pada duo Galaxy Note20 Series Anda disuguhkan Exynos 990 yang punya kinerja jauh lebih kencang. Bukan cuma itu, Samsung kini juga membenamkan RAM RPDDR5 (sebelumnya LPDDR4).

Upgrade teknologi S Pen

svg%3E

S Pen merupakan daya tarik utama yang membuat Galaxy Note Series selalu punya pasarnya sendiri. Di generasi terbaru ini, Samsung meningkatkan kemampuan S Pen dengan menghadirkan latency yang amat rendah, 9 ms, sehingga jauh lebih responsif.

S Pen pada Galaxy Note20 Ultra juga dapat digunakan sebagai alat navigasi dengan dukungan beberapa fitur baru. Misalnya saat mengayunkan S Pen di udara dengan pola tertentu, pengguna bisa mengakses fungsi Back, membuka Recent Apps, kembali ke halaman Beranda alias Home, dan masih banyak lagi.

Perbedaan konfigurasi kamera

Kalau Galaxy Note 10 Series mengandalkan kamera utama 12 megapixel, kamera telephoto 12 megapixel, kamera ultrawide 16 megapixel (ditambah kamera ToF pada varian Plus), Galaxy Note20 Series hadir dengan konfigurasi kamera dan fitur yang lebih canggih.

svg%3E

Galaxy Note20 Ultra dipersenjatai sensor utama 108 megapixel yang dapat menghasilkan foto 12 megapixel dengan pixel binning, merekam video 4K di 24 fps dengan aspect ratio cinematic 21:9, serta dukungan OIS. Ada juga sensor kedua 12 megapixel dengan lensa periskop 5x optical zoom (digital zoom 50x), serta sensor 12 megapixel dengan lensa Ultra Wide 120 derajat. Untuk selfie, ada kamera 10 megapixel di depan.

Sedangkan Galaxy Note20 mempunyai kamera utama dengan sensor 12 megapixel, Dual Pixel autofocus dan OIS. Kemudian kamera kedua memiliki sensor 64 megapixel dan lensa dengan kemampuan zoom hingga 3x lossless dan 30x Space Zoom, serta perekaman video 8K. Kamera ketiganya adalah Ultra Wide 12 megapixel. Untuk selfie, ada kamera 10 megapixel di depan.

Perbedaan kapasitas baterai

Beralih ke sektor baterai, Galaxy Note20 menawarkan kapasitas 4.300 mAh sedangkan Galaxy Note20 Ultra 4.500 mAh. Angka tersebut jelas jauh lebih besar dari Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus, yang masing-masing dibekali bateari 3.000 mAh dan 4.300 mAh. Teknologi fast charging-nya masih sama, 25W.

Pilihan warna Galaxy Note20 Series

Ada satu hal yang amat membedakan tampilan eksterior Galaxy Note20 Series dengan pendahulunya. Bukan cuma soal desain yang kini lebih ergonomis dibanding Galaxy Note 10 Series yang punya sudut tegas, tetapi juga opsi warna yang tidak lagi mengedepankan gradasi warna pelangi.

svg%3E

Samsung menghadirkan beberapa varian warna yang amat premium untuk Galaxy Note20 Series. Pilihannya ada Mystic Bronze, Mystic Green, Mystic Grey, Mystic White, dan Mystic Black.

Itulah beberapa perbedaan utama antara Galaxy Note20 Series dengan Galaxy Note 10 Series. Menurut kami melakukan upgrade dari Galaxy Note 10 Series ke Galaxy Note20 Series merupakan langkah yang tepat. Ada cukup banyak peningkatan yang dijanjikan dapat menyempurnakan pengalaman penggunaan Anda, khususnya untuk Anda yang benar-benar mengandalkan S Pen untuk kebutuhan sehari-hari.

Verified by MonsterInsights