Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Kamera OPPO Reno 4 Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

OPPO Reno 4 Glacier Blue
8

OPPO Reno 4 baru saja diluncurkan dengan mengandalkan kemampuan fotografi dan videografinya. Yang menarik, OPPO tidak mengedepankan spesifikasi kameranya yang memang agak mirip dengan Reno3. Sebaliknya, OPPO akan mengedepankan fungsi fotografi dan videografi yang lebih kreatif dan jarang ditemukan di jajaran ponsel kelas menengah. Ini terlihat dari banyaknya fitur baru yang belum dimiliki OPPO Reno3, bahkan Reno3 Pro.

Untuk artikel kali ini, kami akan fokus mengulas kemampuan fotografi dan videografinya.

Spesifikasi kamera OPPO Reno4
OPPO Reno 4 telah dilengkapi empat kamera di belakang yaitu kamera utama 48 megapixel dengan lensa 26mm f/1.7, kamera ultra lebar atau ultrawide 8 megapixel dengan lensa f/2.2, kamera makro 2 megapixel dan depth camera 2 megapixel untuk efek bokeh lebih baik.

OPPO Reno 4 new camera design

Untuk kamera depan, OPPO Reno4 punya dua kamera yaitu kamera 32 megapixel dan depth camera 2 megapixel. Kamera kedua ini berguna untuk foto Portrait dan video Portrait dengan kamera depan.

OPPO membenamkan banyak fitur fotografi dan videografi baru ke Reno4 seperti AI Color Portrait (atau Color Retention di menu), Night Flare Portrait, AI Monochrome Video, serta Super Slow-Motion 960fps.

Dimulai dari hasil foto kamera belakangnya, OPPO Reno 4 mampu menghasilkan foto yang baik di kondisi cahaya ideal. Warna dan detil yang ditangkapnya termasuk amat baik untuk kamera ponsel sekelas harganya.

Berikut hasil foto OPPO Reno 4 di kondisi cahaya ideal tanpa penyuntingan.

closeup

IMG20200803173712

Saturasi warna juga cukup pas, tidak terlalu tinggi tapi masih terlihat vivid alias matang. Autofocus bekerja cepat dan akurat sehingga hasil foto terlihat tajam, baik untuk kamera utama dan kamera ultra lebar.

Sedikit kekurangan, exposure kadang terlalu tinggi sehingga hasilnya agak over atau terlalu terang. Tapi hal ini mudah diatasi dengan mengatur exposure compensation.

oppo reno4 camera portrait

Beralih ke mode portrait, bokeh atau efek blur di belakang subyek cukup rapi. Hanya saja, jika rambut subyek atau latar terlalu rumit, ada beberapa pemotongan kurang pas di tepi-tepinya. Berikut contoh hasil foto Reno 4 dalam mode Portrait.

portrait

Salah satu fitur fotografi kreatif yang baru diperkenalkan OPPO di Reno 4 adalah AI Color Portrait atau Color Retention di menu Portrait. Secara singkat, fitur ini bisa mengisolasi subyek agar tetap berwarna dan membuat latar menjadi monokrom.

Fitur ini amat berguna jika kita memotret subyek manusia dengan latar yang kurang bagus atau saat kita ingin menghasilkan foto portrait yang lain dari biasanya. Hasilnya ternyata keren dengan isolasi subyek dan latar yang juga termasuk akurat, seperti pada contoh foto berikut.

IMG20200804162735

AI Color Portrait - Color Retention

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Fitur AI Color Portrait akan lebih optimal jika digunakan di kondisi cahaya yang cukup terang. Selain itu, pakaian yang dikenakan subyek sebaiknya memiliki warna-warna mencolok. Hindari warna monokrom seperti hitam, putih, atau abu-abu.

Tidak hanya foto, AI Color Portrait juga bisa diterapkan di kamera depan seperti hasil foto berikut.

IMG20200804164943

Selain foto, Anda juga bisa mengambil video dari kamera belakang atau depan dengan efek serupa.

Kamera OPPO Reno4 di malam hari

Saat memotret di kondisi minim cahaya atau malam hari, OPPO Reno 4 mengandalkan Night Mode. Memasuki generasi ketiga, evolusi modus pemotretan malam ini sekarang lebih baik.

oppo reno 4 night flare mode

Hasil foto malam hari gedung-gedung yang penuh lampu ini terlihat menawan, dengan detil- detil yang cukup baik. Noise masih ada dan mengurangi detil-detil halus. Tapi ini hanya terlihat jika Anda memperbesar foto hingga 100%. Berikut hasil foto Reno4 dalam Night Mode dengan setting lensa berbeda.

IMG20200104101645

IMG20200104101703

IMG20200104101712

Untuk dibagikan ke media sosial, hasil foto malam harinya sudah amat mencukupi dari sisi kualitas. Sama seperti Night Mode di ponsel OPPO sebelumnya, tangan Anda harus stabil saat memotret untuk hasil foto yang tajam dan tidak kabur.

night mode

Untuk memotret subyek manusia di malam hari, OPPO Reno 4 juga punya modus pemotretan baru yaitu Night Flare Portrait.

Pada dasarnya, modus ini akan membuat efek bokeh dari cahaya di latar menjadi bulat. Efeknya seperti efek bokeh yang didapatkan dari lensa kamera DSLR atau mirrorless dengan bukaan besar.

Untuk hasil Night Flare Portrait yang maksimal, wajah subyek sebaiknya mendapatkan cahaya yang cukup. Anda bisa menyinari subyek dengan senter atau lampu LED. Ini penting agar wajah subyek tidak terlihat gelap di hasil foto.

Berikut hasil Night Flare Portrait dengan pencahayaan tambahan.

Night Flare Portrait + umbrella continuous lamp

IMG20200803182747

Night Flare Portrait + umbrella continuous lamp

Pemisahan subyek dan latar terlihat cukup rapi, dengan noise gambar yang cukup minim.

Hasil video OPPO Reno 4

Fitur keren kamera OPPO Reno4 juga bisa ditemukan di sektor videografi. Salah satunya adalah AI Monochrome Video.

Kamera OPPO Reno 4 bisa merekam video dengan hanya satu warna primer. Jadi Anda bisa merekam video monokrom dan menampilkan satu warna saja di hasil akhirnya yaitu merah, biru atau hijau. Berikut contoh hasil video AI Monochrome yang memilih warna merah.

VID20200723161218

Perlu dicatat, warna oranye dan kuning akan ikut terekam saat kamu memilih warna merah, sementara ungu akan terekam saat memilih warna biru. Akurasi pengenalan warna cukup bagus, selama kamu tidak menggerakkan ponsel terlalu cepat.

Fitur videografi keren lainnya yang saya suka adalah Ultra Steady 3.0. Ini adalah fitur penyetabil kamera saat bergerak. Pada adegan yang direkam dengan kondisi kamera bergerak, hasil videonya terlihat halus dan tidak bikin pusing.

Jika masih kurang stabil, ada opsi untuk memilih Ultra Steady Pro
Hanya saja, kualitas video akan sedikit menurun jika menggunakan opsi ini. Berikut contoh video dengan fitur Ultra Steady Pro tanpa penyuntingan.

Ultra Steady

Bagi sebagian besar pengguna, sebaiknya pilih fitur Ultra Steady yang sudah cukup efektif untuk berbagai keperluan seperti vlogging atau mengabadikan momen liburan.

Yang paling menarik, Reno 4 punya fitur merekam video slow-motion atau gerak lambat hingga 960fps. Jadi Reno4 ini bisa merekam 960 frame gambar dalam satu detik, sehingga gerakan sekecil mungkin akan bisa terekam.

Kerennya lagi, Anda bisa mengatur setting video slow-motion mulai dari 120fps, 240fps, 480fps dan 960fps. Perlu dicatat, untuk video 960fps, resolusinya terbatas 720p. Untuk setting lain, Anda bisa merekam video gerak lambat dengan resolusi Full HD 1080p.

Kualitas video gerak lambatnya cukup baik. Asalkan Anda merekam dalam kondisi cahaya melimpah, seperti saat siang hari di luar ruangan. Berikut contoh video gerak lambat Reno 4 dalam berbagai setting.

Slo-mo 960fps

slo-mo 960fps

Slo-mo 480fps

slow motion 480fps

Slo-mo 240fps

slow motion 240fps

Slo-mo 120fps

slow motion 120fps

Untuk video gerak lambat 960fps , Reno 4 hanya merekam adegan 1-2 detik setelah tombol rekam dipencet. Jika ingin merekam video slow-motion yang lebih panjang, pilih setting fps yang lebih rendah seperti 240fps. Hasil akhirnya memang tidak sedramatis 960fps, tapi setidaknya lebih mudah digunakan dan memiliki durasi lebih panjang.

Mengingat ponsel ini bisa merekam video 4K, hasil rekaman videonya juga cukup baik. Dipadukan dengan fitur Ultra Steady, Reno 4 mampu diandalkan sebagai perangkat pencipta video yang baik. Bahkan OPPO juga telah menyediakan aplikasi video editing yang amat mudah digunakan yang dinamai Soloop.

Untuk Reno4, OPPO menyematkan Soloop versi baru yang telah mendukung video editing secara manual. Ini merupakan tambahan atas kemampuannya menciptakan video secara otomatis.

Tidak lupa juga kamera depan Reno4 yang mampu menghasilkan foto dan video selfie berkualitas. Untuk foto selfie, tentunya sudah bukan kejutan.

oppo reno4 kamera depan

Kamera depan Reno4 mampu menghasilkan foto selfie yang bagus di kondisi cahaya ideal. Namun begitu kondisi cahaya menjadi temaram, hasilnya juga ikut menurun dengan noise yang terlihat jelas dan detil yang menurun drastis.

Tapi tentunya kemampuan kamera depan Reno 4 tidak hanya melulu soal selfie. Anda juga bisa menggunakan kamera depannya untuk merekam video atau vlogging dengan efek Portrait yang cukup rapi. Berikut contoh hasil video kamera depan dengan fitur AI Color Portrait aktif.

VID20200804164048

Kamera depan Reno4 juga telah dilengkapi fitur Ultra Steady. Ini berguna saat Anda ingin vlogging sambil jalan kaki, tapi menginginkan hasil video yang stabil dan bebas guncangan.

Fitur fotografi dan videografi berlimpah untuk harganya

Dengan Reno4 , OPPO berusaha memberikan kamera smartphone dengan update fitur terbaru. Fitur fotografi dan videografi yang dimilikinya termasuk amat lengkap untuk sebuah smartphone di kelas harga 5 jutaan rupiah.

Menghadirkan fitur menarik seperti AI Color Portrait, Monochrome Video serta Night Flare Portrait, OPPO Reno4 memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin menciptakan karya yang lebih kreatif.

Jadi bagi yang suka memotret, gemar vlogging dan menciptakan video keren atau yang membutuhkan smartphone dengan kualitas video bagus yang untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar di rumah, OPPO Reno4 bisa jadi pilihan.

Kelebihan Kamera OPPO Reno 4
+ Respons di berbagai mode termasuk gegas
+ Autofocus cepat dan akurat
+ Hasil AI Color Portrait yang unik
+ Efek bokeh Night Flare Portrait bagus
+ Ultra Steady efektif mengurangi
+ Jumlah frame video slow motion bisa dipilih
+ Menangkap video slo-mo yang pas cukup mudah
+ Hasil foto dengan Night Mode bagus
+ Foto selfie bagus
+ Hasil AI Monochrome video keren

Kekurangan Kamera OPPO Reno 4
– Hasil kamera ultra wide biasa saja dan agak kurang di malam hari
– Noise tinggi dan detil kurang untuk foto minim cahaya tanpa Night Mode
– Video slo-mo 960fps hanya 720p
– Pemotongan subyek dari latar kadang kurang rapi
– Video slo-mo hanya efektif di kondisi cahaya ideal
– Night Flare Portrait hanya efektif dengan lampu tambahan
– AI Monochrome video hanya optimal di kondisi cahaya ideal
– Kadang ada detil yang tertinggal di mode AI Color Portrait

OPPO Reno 4 Glacier Blue
Menghadirkan fitur fotografi dan videografi kreatif
Dengan Reno4 , OPPO berusaha memberikan kamera smartphone dengan update fitur terbaru. Fitur fotografi dan videografi yang dimilikinya termasuk amat lengkap untuk sebuah smartphone di kelas harga 5 jutaan rupiah.Menghadirkan fitur menarik seperti AI Color Portrait, Monochrome Video serta Night Flare Portrait, OPPO Reno4 memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin menciptakan karya yang lebih kreatif.Jadi bagi yang suka memotret, gemar vlogging dan menciptakan video keren atau yang membutuhkan smartphone dengan kualitas video bagus yang untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar di rumah, OPPO Reno4 bisa jadi pilihan.
Fitur
9
Hasil Foto
8
Hasil Video
8
Harga
7
8
Back to top button