Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

[Gadget Guide] 5 Smartphone Terbaik untuk Gaming di Bawah 5 Juta Rupiah



Dengan semakin berkembangnya teknologi perangkat mobile, smartphone dengan harga terjangkau kini sudah mampu memberikan performa yang jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Itu artinya, Anda tidak lagi harus mengeluarkan dana besar untuk bisa memiliki smartphone yang mampu menjalankan berbagai game 3D populer seperti PUBG Mobile, COD Mobile, NBA 2K20, dan eFootball PES 2020 dengan lancar.

Smartphone dengan kemampuan gaming mumpuni sudah bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 1 jutaan rupiah saja. Tidak percaya? Berikut kami sajikan beberapa smartphone terbaik untuk gaming di bawah 5 juta rupiah yang bisa langsung Anda beli saat ini juga:

1. realme C3

realme C3 1

Smartphone pertama yang kami rekomendasikan adalah realme C3. Dijual dengan harga 1,8 jutaan rupiah, realme C3 merupakan smartphone pertama di dunia yang dipersenjatai chipset MediaTek Helio G70. Chipset ini menjanjikan performa handal untuk gaming berkat teknologi HyperEngine yang diusungnya. Game seperti PUBG Mobile bisa dimainkan dengan mulus menggunakan settings grafis smooth-ultra.

Nilai plus lainnya adalah realme C3 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan ukuran yang tergolong besar, Anda bisa bermain lebih lama tanpa khawatir baterai cepat habis. Selain itu, layar realme C3 juga lebar, 6,5 inci, sehingga mampu menampilkan game dengan lebih lega. Simak review kami di tautan berikut ini.

2. Xiaomi Redmi 9

Redmi 9 Green

Selanjutnya ada Redmi 9, smartphone yang dipersenjatai chipset MediaTek Helio G80 12nm yang ditemani RAM 3 GB atau 4 GB. Sama seperti Helio G70, Helio G80 juga didesain sebagai chipset dengan kinerja yang cukup bertenaga dan bisa diandalkan untuk bermain games.

Mobile Legends bisa berjalan di setting High tanpa kendala, dan mode High Frame Rate pun bisa Anda aktifkan. Selama permainan frame rate-nya juga terasa cukup stabil. Sementara NBA 2K20 yang menuntut grafis lebih berat dapat berjalan mulus dengan setting rata-rata Medium.

Xiaomi tidak lupa membenamkan baterai berkapasitas 5.020 mAh pada Redmi 9. Layarnya pun tergolong lebar, IPS berukuran 6,53 inci dengan resolusi Full HD+. Di kisaran harga setara, sulit untuk menemukan smartphone lain yang juga sudah mengusung layar Full HD+.  Bagi yang berminat, Redmi 9 dijual dengan harga Rp1.799.000. Simak review kami di tautan berikut ini

3. Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31 1

K413 728 yangcanggih

Bagi yang menyukai brand Samsung, pilihan terbaik dengan kisaran harga di bawah 5 juta rupiah adalah Galaxy M31. Performa Samsung Galaxy M31 didukung chipset Exynos 9611 10nm dengan prosesor octa-core dan GPU Mali-G72MP3, serta RAM LPDDR4X berkapasitas 6 GB. Smartphone ini memiliki storage dengan teknologi UFS 2.1 berkapasitas maksimal 128 GB. Amat lega untuk menyimpan banyak game favorit Anda.

Kami sudah mencoba Mobile Legends yang berjalan dengan lancar tanpa kendala. Untuk PUBG Mobile juga tidak ada masalah di setting HD-High. Yang paling kami suka adalah batera Galaxy M31 yang punya kapasitas 6.000 mAh. Sangat besar sehingga memungkinkan untuk bermain lebih lama. Bagi yang berminat, Samsung Galaxy M31 dijual dengan harga Rp3.699.000. Simak review kami di tautan berikut ini.

4. Vivo V19

Vivo V19 Arctic Blue 1

Beralih ke brand Vivo, menurut kami yang paling oke untuk gaming dengan budget di bawah 5 juta rupiah adalah V19. Vivo V19 mengandalkan Qualcomm Snapdragon 675 AIE yang ditemani RAM 8 GB dan storage internal 256 GB. Selain secara performa cukup oke, ruang penyimpanan data yang ekstra besar memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak game 3D yang umumnya berukuran di atas 1 GB.

Untuk penggunaan sehari-hari, kinerja Vivo V19 terbilang mulus dan gesit. Untuk gaming juga cukup oke. Anda bisa memainkan judul-judul populer seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Mobile Legends, Asphalt 9, dan yang lainnya tanpa kendala berarti. Meski bukan termasuk chipset baru, terbukti Snapdragon 675 AIE masih sangat ideal untuk bermain games. Vivo V19 dijual dengan harga Rp4.299.000. Simak review lengkapnya di tautan berikut ini.

5. OPPO A52

OPPO A52 Indonesia
OPPO A52

Smartphone terakhir yang masuk dalam daftar kali ini adalah OPPO A52. Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 665, RAM 6 GB, storage 128 GB, layar lebar 6,5 inci Full HD+, dan baterai 5.000 mAh, OPPO A52 bisa diandalkan untuk memberikan pengalaman gaming yang nyaman.

Smartphone ini mampu menjalankan game-game populer seperti FreeFire, PUBG Mobile, COD Mobile, Asphalt 9, serta game lainnya akan dapat dimainkan dengan lancar. Besaran RAM dan storage yang menggiurkan juga akan lebih memudahkan Anda saat melakukan multitasking serta menyimpan banyak file. OPPO A52 dijual dengan harga Rp2,9 juta. Simak review lengkap kami di tautan berikut ini.

Nah, itulah 5 smartphone yang punya performa gaming mumpuni dengan harga di bawah 5 juta rupiah. Sesungguhnya masih banyak tipe smartphone lain yang juga layak masuk dalam daftar. Sebut saja realme Narzo, Xiaomi Redmi Note 9 Pro, dan realme 6 Pro. Namun kami sengaja memilih satu tipe saja dari masing-masing brand, agar mewakili lebih banyak pengguna yang mungkin hanya menyukai salah satu brand di atas. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

More Stories
Sennheiser PXC 550 3
[Hands-On] Sennheiser PXC 550: Wireless Headphone dengan Noise Cancelling yang Mudah Dibawa Bepergian