Quantcast
Foto & VideoAksesoris Foto & VideoNews

Sony Umumkan Kartu Memori CFExpress Type A Pertama di Dunia dengan Kapasitas 80GB &160GB

Kemunculan Sony a7S III ditemani aksesoris kartu memori CFExpress Type A. Sony Tough CFExpress Type A merupakan yang pertama di dunia dan Sony a7S III adalah kamera digital pertama yang kompatibel dengan kartu memori ini.

Sony Tough CFExpress Type A 1

Spesifikasi Sony Tough CFExpress Type A

Perlu diketahui di tahun lalu resmi diumumkan tiga standar kartu memori CFExpress. Ketiganya adalah CFExpress Type A, Type B dan Type C yang beda di dimensi dan spesifikasinya.

Di pasaran saat ini yang umum dijumpai adalah CFExpress Type B yang ukurannya sedang. Dimensinya sama seperti kartu memori XQD. Untuk spesifikasi CFExpress Type B membawa dua jalur PCIe yang secara teori mampu mencapai kecepatan hingga 2,000MB/detik.

Nah, kartu memori CFExpress Type A ukurannya paling kecil. Hanya ada satu jalur PCIe di kartu memori ini. Di atas kertas CFExpress Type A diklaim mampu mencapai kecepatan 1,000MB/detik.

Lalu seberapa cepat kartu memori Sony Tough CFExpress Type A? Menurut Sony, Sony Tough CFExpress Type A sanggup menawarkan kecepatan baca hingga 800MB/detik, dan kecepatan tulisnya hingga 700MB/detik. Dua kali lebih cepat dari kartu memori SDXC.

Fitur Sony Tough CFExpress Type A

Masuk di lini kartu memori Tough series artinya Sony Tough CFExpress Type A rancangannya tangguh. Kartu memori ini tahan bantingan, debu dan air dengan rating IP57. Untuk mengoptimalkan kinerjanya yang sangat cepat Sony juga melengkapi Sony Tough CFExpress Type A dengan heat sink untuk mengurangi panas berlebih.

Untuk pilihan kapasitasnya Sony Tough CFExpress Type A tersedia dengan dua pilihan kapasitas yakni 80GB dan 160GB.

Sony memory card reader CFExpress Type A

Sony Tough CFExpress Type A 2
Melengkapi Sony Tough CFExpress Type A juga hadir aksesoris pembaca kartu memori CF Express Type A. Pembaca kartu memori ini selain mendukung CF Express Type A juga bisa digunakan untuk kartu memori SD. Lewat port konektivitas USB-C (USB 3.2 Gen) kartu pembaca memori ini bisa menawarkan kecepatan maksimum hingga 10Gbps.

Harga Sony Tough CFExpress Type A

Sony Tough CFExpress Type A akan tersedia di bulan September 2020 dengan harga jual US$200 untuk kapasitas 80GB dan 160GB harganya US$400. Untuk pembaca kartu memori Sony Tough CFExpress Type A harganya US$120.

Back to top button