Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Tips] Cara Mengamankan Data Smartphone Android yang Hilang atau Dicuri



Hal yang paling tidak menyenangkan saat smartphone Anda hilang atau dicuri adalah kekhawatiran soal keamanan data-data pribadi di dalamnya. Meskipun saat ini sebagian besar ponsel sudah dilindungi sistem biometrik seperti sensor sidik jari, tentunya akan lebih nyaman jika Anda sudah yakin 100 persen foto, email, dan data penting lainnya tidak akan diakses orang lain.

Nah, agar lebih tenang, Anda yang kehilangan smartphone berbasis Android bisa memanfaatkan aplikasi canggih dari Google, yakni Find My Device. Seperti apa cara kerjanya dan bagaimana langkah-langkah menggunakannya? Yuk, simak tutorial singkat di bawah ini:

1. Kalau Anda memiliki perangkat berbasis Android lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi Find My Device lewat Google Play Store. Jika tidak ada, masuk ke browser di PC lalu tuju halaman www.google.com/android/find.

Google Find My Device

2. Login dengan akun yang sama dengan yang Anda pakai di perangkat yang hilang dan Anda akan disajikan peta lokasi smartphone Anda saat ini.

3. Pilih Putar Suara jika lokasi hilangnya masih di area sekitar Anda. Dengan fitur ini, smartphone Anda akan mengeluarkan suara yang cukup kencang agar lebih mudah ditemukan.

hp 200 g3 aio 728 yc

Find My Device Android

4. Jika tidak memungkinkan untuk langsung mendatangi lokasi, pilih Amankan Perangkat untuk mengunci smartphone serta logout dari akun Google Anda. Lewat fitur ini Anda juga bisa menampilkan pesan atau nomor telepon di layar smartphone yang hilang, sehingga nantinya bisa dibaca oleh orang yang menemukannya.

Google Find My Device 2

5. Apabila Anda yakin ponsel dicuri dan tidak ada niat baik untuk mengembalikan, Anda bisa memilih opsi Hapus Perangkat untuk segera menghapus semua data pribadi di dalamnya. Sayangnya, nantinya Anda tidak dapat lagi mencari keberadaan smartphone tersebut. Tapi yang harus digarisbawahi, fitur Hapus Perangkat juga akan mengaktifkan sistem perlindungan, sehingga smartphone tidak bisa digunakan lagi oleh orang lain selain Anda.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Meskipun ponsel dicuri dan tidak mungkin untuk Anda dapatkan kembali, setidaknya data-data pribadi Anda sudah aman dan tidak disalahgunakan.

More Stories
acer Z205 1
Acer Rilis Liquid Z205, Smartphone KitKat 700 Ribuan Rupiah