MediaTek Dimensity 720: SoC Kelas Menengah dengan Teknologi 5G UltraSave

MediaTek hari ini, Kamis (23/7), memperkenalkan SoC terbarunya yang diberi nama Dimensity 720. Ditujukan untuk ponsel kelas menengah yang harganya lebih terjangkau, Dimensity 720 sudah didukung teknologi 5G.

Spesifikasi MediaTek Dimensity 720

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, MediaTek menjelaskan bahwa Dimensity 720 menetapkan standar baru yang menghasilkan pengalaman dan teknologi 5G pada perangkat kelas menengah.

Modem 5G yang terintergrasi di dalamnya diklaim paling irit daya berkat keberadaan teknologi MediaTek 5G UltraSave. Chipset ini mendukung jaringan sub-6GHz standalone (SA) dan non-standalone (NSA). Ada pula berbagai teknologi konektivitas termasuk dua agregasi operator (2CC CA), Voice over New Radio (VoNR), dan SIM ganda 5G/4G DSDS.

“Chip ini sangat irit daya, memiliki kinerja luar biasa serta teknologi-teknologi tampilan dan pencitraan tingkat tinggi. Gabungan seluruhnya akan membantu para pembuat smartphone dalam mengembangkan berbagai perangkat 5G yang berbeda untuk para konsumen di seluruh dunia,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

Sedikit membahas spesifikasinya, Dimensity 720 merupakan chipset dengan fabrikasi 7nm yang dipersenjatai CPU cota-core yang terdiri dari 2x Cortex-A76 dan 6x Cortex-A55. GPU yang digunakan adalah Mali-G57 MC3.

Selain itu, Dimensity 720 juga sudah mendukung layar dengan frame rate tinggi 90Hz. Kemampuan streaming videonya dijanjikan lebih baik berkat teknologi MiraVision HDR10+ yang mendukung berbagai fitur video termasuk pemetaan ulang dynamic range.

svg%3E

Untuk urusan kamera, Dimensity 720 kompatibel dengan sensor hingga resolusi 64 MP (single-camera) atau kamera ganda 20 MP + 16 MP. Ada pula dukungan Voice Wakeup (VoW) untuk meminimalkan konsumsi daya dari asisten suara yang always-on.

Jadwal rilis MediaTek Dimensity 720

Sayangnya belum ada jadwal resmi kapan chipset MediaTek Dimensity 720 akan tersedia di pasaran. Bocorannya, smartphone pertama yang dibekali dengan chipset anyar tersebut baru akan meluncur dalam beberapa bulan ke depan. Kita tunggu saja!

Verified by MonsterInsights