Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Gadget Guide] 5 Smartphone Samsung Galaxy Terbaik di Bawah 5 Juta Rupiah



Kalau bicara brand smartphone mana yang paling rajin meluncurkan produk terbaru di sepanjang tahun 2020 ini, Samsung sudah pasti masuk dalam daftar. Pasalnya, melalui Galaxy A-Series dan Galaxy M-Series, Samsung terus menghadirkan ponsel anyar yang jika dibandingkan dari segi harga dan spesifikasi tidak terpaut terlalu jauh. Bahkan, hampir semuanya dijual dengan banderol tak sampai 5 juta rupiah.

Untuk memudahkan Anda yang memiliki budget di bawah 5 juta rupiah, dan ingin membeli smartphone Samsung, berikut kami sajikan 5 opsi terbaik yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

Galaxy A51

Samsung Galaxy A51

Kita urutkan dari yang harganya paling mendekati batas 5 juta rupiah, Samsung menawarkan Galaxy A51. Hingga saat ini, Galaxy A51 menurut kami masih termasuk dalam jajaran A-Series terbaik. Selain secara hardware cukup mumpuni, smartphone tersebut juga memiliki fitur yang tergolong komplit.

Galaxy A51 hadir dengan layar Infinity-O Super AMOLED 6,5 inci Full HD+. Ada 4 kamera belakang dengan konfigurasi sensor utama 48 megapixel f/2.0, kamera ultra-wide 12 megapixel f/2.2, depth sensor 5 megapixel f/2.2, dan kamera macro 5 megapixel f/2.4 untuk memotret dari jarak dekat. Yang menarik, kamera Galaxy A51 sudah didukung Super Steady untuk merekam video dengan stabil tanpa bantuan gimbal.

Penawaran tersebut bisa menjadi opsi yang ideal bagi Anda yang gemar membuat konten foto maupun video. Hasil jepretannya cukup apik, dan kualitas videonya juga patut diacungi jempol. Bukan cuma itu, untuk selfie Galaxy A51 mengandalkan kamera 32 megapixel f/2.2 di depan.

Untuk urusan performa, smartphone ini dipersenjatai prosesor Exynos 9611. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh dan sudah didukung fast charging 15W. Pengguna juga disuguhkan beberapa fitur canggih lainnya seperti on-screen fingerprint, NFC, Samsung Pay, Dolby Atmos, dan AI Gaming Booster. Samsung Galaxy A51 dijual dengan harga Rp4.399.000 untuk varian 6/128 GB, dan Rp4.699.000 untuk varian 8/128 GB.

Galaxy M31

Samsung Galaxy M31 1

Smartphone selanjutnya datang dari keluarga M-series, yakni Galaxy M31. Menurut kami, Galaxy M31 merupakan daily driver yang tangguh. Smartphone ini dibekali baterai jumbo 6.000 mAh yang bisa membuatnya menyala selama 1,5 hingga 2 hari. Cocok untuk Anda yang selalu mobile dan tidak mau repot membawa power bank selama bepergian.

Namun nilai jual Galaxy M31 bukan cuma dari sektor baterainya saja. Samsung menyediakan layar Super AMOLED 6,4 inci Full HD+, serta quad-camera dengan sensor utama 64 megapixel. Sejauh pengalaman kami, kamera Galaxy M31 bisa diandalkan untuk memotret di berbagai kondisi. Fotonya tajam, dan dynamic range-nya bagus.

Selain kamera utama, pengguna juga disuguhkan kamera pendamping lainnya yang terdiri dari 8 megapixel ultra-wide 123 derajat, 5 megapixel depth sensor, dan 5 megapixel macro. Untuk selfie, ada kamera 32 megapixel di depan. Samsung Galaxy M31 dijual dengan harga Rp3.699.000. Klik tautan berikut ini untuk membaca ulasan lengkapnya.

Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 Prism Blue

hp 200 g3 aio 728 yc

Lanjut ke smartphone Samsung berikutnya, kami memilih Galaxy A31 sebagai rekomendasi untuk Anda. Dari segi harga masih di atas Galaxy M31, yakni di kisaran 4 jutaan rupiah. Meski begitu, kamera meletakkannya urutan ketiga karena memang Galaxy M31 punya beberapa keunggulan yang lebih menarik.

Lalu, apa yang ditawarkan Galaxy A31? Smartphone ini dibekali layar Super AMOLED 6,4 inci Full HD+ serta 4 kamera belakang yang terdiri dari 48 megapixel f/2.0, ultrawide 8 megapixel 123 derajat, depth sensor 5 megapixel untuk mendukung fitur Live Focus, dan macro 5 megapixel. Sementara untuk urusan selfie, pengguna bisa memanfaatkan kamera depan 20 megapixel f/2.2 yang juga dilengkapi fitur Live Focus.

Nilai plusnya ada pada kemampuan multimedianya. Galaxy A31 adalah perangkat yang ideal untuk menikmati konten, termasuk menonton film di Netflix. Apalagi, Samsung juga membenamkan teknologi Dolby Atmos untuk pengalaman audio 3D surround. Smartphone dengan RAM 6 GB, storage 128 GB, dan baterai 5.000 mAh ini juga memiliki NFC.

Galaxy A21s

Galaxy A21s

Di bawah Galaxy A31, Samsung menawarkan Galaxy A21s yang hadir sebagai smartphone pertama dengan chipset Exynos 850 8nm terbaru. Selain mampu memberikan kinerja yang mulus untuk penggunaan standar sehari-hari, chipset ini juga tergolong hemat daya. Itu artinya, Anda bisa berharap daya tahan ekstra dengan baterai 5.000 mAh yang tertanam di Galaxy A21s.

Beralih ke sektor kamera, di belakang ada sensor utama 48 MP yang ditemani sensor 8 MP dengan lensa ultra-wide, serta depth sensor 2 MP untuk mendukung mode Live Focus. Bagi yang gemar selfie, Samsung Galaxy A21s menyediakan kamera 8 megapixel di depan. Smartphone dengan layar PLS Infinity-O 6,5 inci ini dijual dengan harga mulai dari Rp2.699.000.

Galaxy M11

Galaxy M11 thumbnail

Terakhir ada Galaxy M11 untuk Anda yang memiliki budget lebih minim, yakni di bawah 2 juta rupiah. Dengan layar 6,4 inci yang lebar, Galaxy M11 cocok untuk pengguna yang mencari smartphone murah untuk menikmati konten multimedia. Kinerjanya juga mulus meski bukan yang paling kencang di kelasnya.

Untuk fotografi, Samsung Galaxy M11 menawarkan triple-camera yang terdiri dari sensor utama 13 megapixel, sensor 5 megapixel dengan lensa ultra-wide, dan depth sensor 2 megapixel. Anda bisa mendapatkan foto dengan detil yang baik ketika cahaya memadai. Sama seperti M-series lainnya, nilai plus utama dari Galaxy M11 ada pada baterai 5.000 mAh yang dapat menemani Anda hingga 1,5 hari.

Itulah 5 smartphone Samsung Galaxy terbaik versi Yangcanggih.com yang bisa Anda beli dengan dana di bawah 5 juta rupiah. Semoga artikel kami kali ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan pilihan.

More Stories
Lumia Launch
Nokia Lumia 920 & Lumia 820 Resmi Hadir di Tanah Air