Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review Synology DS220j: NAS Murah Bagi Pengguna Rumahan



4

Dunia NAS kini sudah berkembang dengan pesat. Bermula hanya sebagai sebuah alat penyimpanan data berbasis jaringan, sekarang sudah memiliki kemampuan fitur software modular yang memberikan kemampuan ekstra seperti menjadikan NAS sebagai sebuah server pribadi. Sebagai solusi NAS kelas pemula, Synology DiskStation DS220j hadir dengan beragam fitur, kualitas bangun yang baik dan dukungan software modular. Untuk sebuah NAS dengan harga yang relatif terjangkau, bisakah DS220j menjadi NAS murah terbaik dengan fitur-fiturnya dalam dunia NAS yang sudah ramai ini? Simak ulasan kami berikut ini.


Tampilan minimalis menarik

Siapapun tidak akan menduga bahwa produk ini adalah produk kelas pemula dengan desain minimalis modern yang cocok untuk diletakkan di ruang keluarga sekalipun. Bentuk persegi panjang dengan sedikit sentuhan desain industrialis dalam bentuk logo Synology di sisi samping rangka tak hanya terlihat rapih namun juga berguna, karena selain untuk menonjolkan identitas, ia berfungsi sebagai ventilasi udara masuk.

heading

Tak hanya ventilasi dari sisi samping, terdapat lubang ventilasi besar di sisi bawah sehingga memaksimalkan sirkulasi udara dan mencegah kerusakan drive HDD karena suhu panas. Skema pendinginan DS220j dibantu dengan kipas aktif 92 mm di sisi belakang yang dapat disesuaikan kecepatannya berdasarkan suhu internal maupun diatur secara manual sesuai kebutuhan dan tingkat suara yang dikehendaki. DS220j juga dibekali dengan 2 buah USB 3.0 yang mendukung penambahan HDD/SSD eksternal.

1e4b7748 80eb 40c0 85b3 b07a62ab0885

Dari tampak depan, jajaran lampu LED menampilkan status fungsi, koneksi serta kondisi drive dengan cukup terang. Namun bila dikehendaki, Synology juga memberikan fitur untuk pengubahan tingkat penerangan lampu LED hingga dari menyala terang, redup, hingga mati total. Tombol power fisik juga tersedia untuk mengaktifkan NAS. Dalam hal manajemen fisik, membuka NAS dilakukan dengan cara menggeser setengah dari casing ke arah depan dengan mudah. Memasang drive 3.5” dapat dilakukan hanya melalui pemasangan empat buah sekrup untuk sepasang drive yang ditempatkan berdampingan secara vertikal.


Dapur pacu fleksibel

Dapur pacu Synology DS220j dilengkapi dengan prosesor Realtek empat inti berkecepatan 1.4 GHz dilengkapi dengan RAM 512MB. Sayangnya memori RAM NAS ini tidak dapat ditingkatkan karena menggunakan modul yang disolder ke motherboard. Setidaknya, harga NAS ini relatif terjangkau dan sudah mendukung fitur RAID 0, RAID 1, JBOD, dan Synology Hybrid Raid sehingga secara fitur inti sudah sangat baik. Adapun DS220j mendukung penyimpanan hingga 32 TB (2x drive 16TB).

Annotation 2020 07 02 182254

Setelah melakukan instalasi fisik, pengaktifan pertama DS220j akan memakan waktu beberapa menit untuk melakukan inisiasi awal drive-drive yang terinstal. Setelahnya, instalasi aplikasi Synology yang terkenal mudah dapat dijalankan. Untuk mengendalikan instalasi DS220j, penggunanya hanya memerlukan perangkat komputer tersambung dalam satu jaringan yang sama dan sebuah web browser.

Annotation 2020 07 02 182347

Dengan mengetikkan perintah “find.synology.com” dalam browser favorit dan dengan kondisi NAS aktif, maka web assistant Synology akan terbuka secara otomatis lengkap dengan panduan yang mudah untuk diikuti. Pada saat instalasi ini, penggunanya akan diberikan pilihan untuk mendaftar akun Synology untuk mendukung fitur port forwarding sehinga DS220j juga bisa diakses dari luar jaringan rumah atau kantor baik melalui smartphone ataupun tablet. Setelah instalasi selesai, maka DSM (DiskStation Manager) siap digunakan. Pengguna DS220j tidak memerlukan melakukan instalasi aplikasi untuk mengendalikan DSM karena dapat dilakukan melalui browser.

hp 200 g3 aio 728 yc


DSM Kunci Sukses DS220j

DSM adalah kunci sukses Synology, sebuah sistem operasi NAS yang dapat berjalan penuh melalui browser. Dengan tampilan serupa Windows, penggunanya dapat melakukan instalasi aplikasi melalui bank data Package Center, ataupun mengatur fitur NAS melalui Control Panel. Melalui DSM, pengguna DS220j dapat melakukan beragam fungsi kendali utama seperti pengunduhan file melalui aplikasi download center tanpa harus menggunakan komputer.

Annotation 2020 07 07 110514

Begitu juga dengan fungsi-fungsi kendali server yang membuat DS220j berfungsi sebagai sebuah server mini untuk kebutuhan usaha ataupun hanya sebagai alat kendali media. Puluhan aplikasi yang tersedia di Package Center menawarkan aplikasi dari Synology maupun dari pihak ketiga seperti WordPress yang mengizinkan DS220j berperan sebagai sebuah web server. Perlu kami ingatkan, performa NAS sebagai sebuah server bergantung pada kecepatan penyedia Internet dan jaringan internal dimana NAS tersebut tersambung. Satu kritikan kecil kami adalah ketiadaan tutorial mengenai fitur-fitur tambahan dari DSM, sehingga pengguna awam mungkin akan sedikit terhambat menggunakan DS220j.

Annotation 2020 07 07 105707

Sebagai sebuah media server, penggunanya dapat menggunakan tampilan web langsung untuk menonton atau melakukan mapping network drive pada komputer berbasis Windows maupun MacOS yang menjadikan DS220j sebagai sebuah drive dalam jaringan komputer rumah atau kantor. Kecepatan transfer DS220j diklaim hingga 112 Megabyte per detik, tergantung kecepatan jaringan, yang berarti router Anda harus mendukung kecepatan Gigabit untuk kecepatan optimal. Kami pun menguji melakukan streaming video 720p dan 1080p tanpa kendala. Dukungan USB 3.0 yang berada di belakang DS220j juga mengizinkan NAS ini berperan sebagai penghubung media penyimpanan pada HDD ataupun SSD eksternal. Hanya saja ada jeda antara permintaan transfer file melalui jaringan ketika skema penyimpanan tambahan ini digunakan. Kami pun menyarankan penggunaan HDD ataupun SSD eksternal digunakan untuk menyimpan file ke dalam HDD internal NAS saja atau melakukan backup data yang ingin dibawa keluar dari NAS.

Dengan mendaftar akun di website Synology, maka otomatis penggunanya mendapatkan fitur port forwarding yang mengizinkan akses jarak jauh untuk DS220j. Pada saat pengujian, semua fungsi berjalan dengan baik, namun sangat tergantung dengan kestabilan jaringan terutama ketika mengakses file-file besar seperti video 1080p. Synology juga menyediakan aplikasi-aplikasi di Google Play serta Apple App Store untuk mengendalikan fitur maupun sebagai ekstensi fungsi dari DS220j. Salah satu aplikasi yang kami coba yaitu DS Video menawarkan beragam fungsi yang menarik, seperti menarik metadata dari IMDB untuk video-video yang didukung.


Kesimpulan

Cukup mudah bagi kami untuk merekomendasikan Synology DS220j. Inti dari kekuatan produk Synology terletak pada fitur sistem operasi DiskStation Manager yang sangat berguna. Tak hanya sebagai NAS, DSM juga dapat dijadikan sebagai server mini. Seiring dengan perkembangan teknologi hardware yang seakan mencapai titik paritas, DSM memberikan angin sejuk untuk mereka yang ingin mencoba dunia NAS. Tentu saja dengan RAM yang tidak dapat ditambahkan, jumlah user yang digunakan pada kondisi bisnis akan terbatas, begitu juga dengan berapa banyak aplikasi yang dapat dijalankan pada saat bersamaan pada sistem operasi DSM. Namun bila digunakan untuk kondisi rumah dengan 4-5 pengguna sekaligus, DS220j menawarkan sebuah solusi NAS kelas pemula yang ideal.


Kelebihan Synology Ds220j:
+ Rangka bangun yang kokoh
+ Ventilasi udara baik
+ Mudah digunakan

Kekurangan Synology Ds220j:
– Ekspansi memori terbatas
– Tidak ada tutorial fitur software tambahan

Cocok bagi Pengguna Rumahan
Cukup mudah bagi kami untuk merekomendasikan Synology DS220j. Inti dari kekuatan produk Synology terletak pada fitur sistem operasi DiskStation Manager yang sangat berguna. Tak hanya sebagai NAS, DSM juga dapat dijadikan sebagai server mini. Seiring dengan perkembangan teknologi hardware yang seakan mencapai titik paritas, DSM memberikan angin sejuk untuk mereka yang ingin mencoba dunia NAS. Tentu saja dengan RAM yang tidak dapat ditambahkan, jumlah user yang digunakan pada kondisi bisnis akan terbatas, begitu juga dengan berapa banyak aplikasi yang dapat dijalankan pada saat bersamaan pada sistem operasi DSM. Namun bila digunakan untuk kondisi rumah dengan 4-5 pengguna sekaligus, DS220j menawarkan sebuah solusi NAS kelas pemula yang ideal.
4
More Stories
Honor 10 Lite
Dibanderol 3 Jutaan Rupiah, Honor 10 Lite Resmi Hadir di Indonesia