Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Gadget Guide] 5 Tablet Terbaik 2020 untuk Menunjang Kegiatan Belajar Anak



Last updated:

Di era digital seperti sekarang ini, tablet merupakan salah satu perangkat paling ideal yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar anak. Tablet, baik Android maupun iOS, dapat mengakses beragam aplikasi edukasi yang bisa diunduh secara gratis atau berbayar.

Samsung Tab for Study

Tablet juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan bakat anak. Apalagi beberapa tablet yang dijual di Indonesia saat ini sudah mendukung fungsi stylus. Dipadukan dengan layar besar sebagai kanvas, anak-anak bisa lebih leluasa menggambar atau menciptakan desain kreatif mereka kapanpun dan di manapun.

Bukan cuma itu, di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan sebagian besar siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online, tablet cocok menjadi alternatif pengganti laptop. Lalu, bagaimana soal harga? Anda bisa membeli tablet untuk anak dengan pilihan budget sesuai dengan kebutuhan, dari yang murah hingga yang paling mahal dengan segudang fitur ekstra.

Berikut kami sajikan beberapa tablet terbaik 2020 yang ideal untuk menunjang kegiatan belajar anak:

1. Samsung Galaxy Tab A 8.0

Samsung Galaxy Tab A 2019 PesonaEdu 2

Bicara tablet sudah pasti nama Samsung akan menjadi yang pertama muncul di benak kami. Pasalnya, hingga saat ini Samsung masih menjadi brand yang paling rajin meluncurkan tablet terbaru untuk pasar Indonesia. Salah satu seri andalannya adalah Galaxy Tab A 8.0 yang dijual dengan harga cukup terjangkau, yakni 1,9 jutaan rupiah.

Galaxy Tab A 8.0 mengusung layar 8 inci dengan aspect ratio 16:10 yang cukup memadai untuk menampilkan konten edukasi. Performanya didukung Snapdragon 429 dengan RAM 2 GB dan storage internal 32 GB (ada slot microSD). Yang menarik, Galaxy Tab A 2019 didukung dual-speaker untuk memaksimalkan pengalaman multimedia.

Dari spesifikasinya, tablet ini dinilai ideal unuk mengakomodasi kebutuhan gawai anak-anak, baik dari sisi dimensi, kapasitas, maupun fitur keamanannya. Tidak ketinggalan, Samsung juga telah melengkapi Galaxy Tab A 8.0 2019 dengan fitur Kids Mode.

Namun nilai jual utamanya sebagai perangkat untuk menunjang edukasi datang dari kolaborasi Samsung dengan PesonaEdu. Bagi yang belum tahu, PesonaEdu menghadirkan materi belajar interaktif di Galaxy Tab yang digunakan untuk Samsung Smart Learning Class di sembilan sekolah di Indonesia. Samsung Smart Learning Class sendiri merupakan konsep kelas digital untuk sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

2. Samsung Galaxy Tab A with S Pen

Samsung Galaxy Tab A with S Pen 5

Masih dari keluarga Galaxy Tab A, bedanya tablet yang satu ini sudah mendukung teknologi S Pen. Berbekal stylus andalan Samsung tersebut, anak-anak akan lebih nyaman saat menuangkan kreativitas mereka di layar 8 incinya.

Galaxy Tab A with S Pen juga cocok untuk mengembangkan bakat anak seperti menggambar, membuat sketsa, hingga mewarnai. Selain itu, untuk kebutuhan belajar sehari-hari, mencatat pelajaran menggunakan S Pen di Galaxy Tab A akan terasa lebih menyenangkan.

Bicara soal layar, Galaxy Tab A with S Pen memakai teknologi TFT dan resolusi 1920 x 1200 pixel. Layar ini telah dibekali Blue Light Filter untuk menjaga agar mata tidak cepat lelah. Sementara untuk S Pen, fitur-fiturnya kurang lebih mirip dengan Galaxy Note Series. Bagi yang berminat, Galaxy Tab A with S Pen dijual dengan harga Rp4.499.000. Simak review lengkapnya di tautan berikut ini.

3. iPad Mini Generasi 5

iPad Mini 7.9 inci
iPad Mini 7.9 inci

Anda yang mencari tablet untuk Anak dengan platform iOS bisa memilih iPad Mini Generasi 5. Dari segi harga memang jauh lebih tinggi dibanding dua tablet Android di atas, tapi tentunya sebanding dengan spesifikasi canggihnya yang didukung chip A12 Bionic. Dijamin, dengan chipset super kencang ini performanya akan super mulus.

hp 200 g3 aio 728 yc

iPad Mini Gen 5 mengusung layar Retina 7,9 inci dengan True Tone. Tampilan gambarnya sudah pasti memanjakan mata dan sangat memuaskan untuk menyajikan konten-konten edukasi. Asyiknya lagi, tablet ini juga sudah mendukung Apple Pencil.

Sesuai namanya, iPad Mini Gen 5 punya bodi yang tipis dan ramping. Bobotnya pun ringan, sekitar 300 gram sehingga ideal bagi anak-anak agar lebih mudah menggenggamnya. Bagi yang berminat, iPad Mini Gen 5 bisa dibeli dengan harga mulai dari 8,5 jutaan rupiah.

4. Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Galaxy Tab S6 Lite Book Cover

Samsung Galaxy Tab S6 Lite merupakan opsi yang sedikit lebih premium untuk Anda yang mencari tablet Android untuk kebutuhan belajar anak. Galaxy Tab S6 Lite menawarkan layar PLS 10,4 inci yang memiliki resolusi 2000 x 1200 pixel, serta speaker ganda besutan AKG dan teknologi Dolby Atmos 3D surround sound.

Kombinasi tersebut tentunya akan memberi kenyamanan bagi anak-anak saat menonton video pelajaran yang diberikan oleh guru mereka. Desain Galaxy Tab S6 Lite juga tampak stylish dan ramping dengan bobot hanya 467 gram.

Untuk menunjang produktivitas, tablet ini didukung S Pen andalan Samsung yang akan memudahkan berkreasi seperti membuat catatan, menggambar, hingga mewarnai. Samsung mengklaim, ujung pena pada S Pen yang hanya 0,7mm akan memberikan tingkat presisi yang lebih baik.

Di Indonesia, Samsung menjual Galaxy Tab S6 Lite dengan harga Rp6.999.000. Kalau Anda ingin tahu lebih lanjut, langsung saja simak video ulasan Galaxy Tab S6 Lite dari Yangcanggih.com di bawah ini:

5. iPad Gen 7

Tablet terbaik lainnya dari brand Apple untuk menunjang kegiatan belajar anak adalah iPad Generasi 7. Dengan layar Retina 10,2 inci, anak-anak bisa belajar, berkreasi, dan bermain dengan nyaman menggunakan perangkat ini. Dukungan aksesori pendamping seperti Smart Keyboard akan lebih memudahkan anak menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Sementara Apple Pencil asyik dipakai untuk mencatat pelajaran dan sekadar corat-coret pada materi yang dianggap wajib diingat.

iPad 10.2 inci

Apple sempat menjelaskan bahwa iPad yang ditenagai chipset A10 Fusion ini mampu memberikan performa multitasking yang lebih mulus. Ada pula dukungan floating keyboard, akses ke SD Card lewat aplikasi Files, maupun fitur video editor baru di aplikasi Photos. Bagi yang berminat, iPad Gen 7 model WiFi only dijual dengan harga resmi 6 jutaan rupiah.

Nah, itulah beberapa tablet yang bisa diandalkan untuk menunjang kegiatan belajar anak. Dengan pilihan harga yang cukup beragam, semoga artikel kali ini bisa membantu Anda menentukan mana yang paling cocok dengan kebutuhan. Yang pasti keberadaan stylus pada sebuah tablet patut dipertimbangkan. Selain berguna untuk memudahkan membuat catatan, stylus bisa menjadi alat yang menyenangkan untuk bermain dan berkreasi.

More Stories
gopro hero
GoPro Hero+: Kamera Aksi Seharga US$200 dengan Wi-Fi