Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Real-Life Test] Pengalaman Menangkap Pesona Pemandangan Malam dengan OPPO Find X2 Pro



Sebagai smartphone flagship atau kasta tertinggi, kemampuan kamera kini menjadi nilai jual. Smartphone tercanggih sebuah brand harus memiliki kualitas foto terbaik di segala suasana, termasuk di kondisi minim cahaya. Itulah yang memacu pabrikan smartphone di seluruh dunia menghadirkan beragam teknologi yang dapat menyempurnakan pengambilan foto di malam hari atau kondisi gelap.

OPPO Find X2 Pro belakang

Termasuk OPPO dengan Find X2 Pro. Smartphone tercanggih OPPO di tahun 2020 ini mengandalkan Ultra Night Mode 3.0. Tidak hanya untuk foto malam, OPPO Find X2 Pro juga punya spesifikasi kamera belakang yang menarik seperti berikut.

Ultra Night Mode 3.0

Untuk memotret pemandangan malam hari atau dalam kondisi cahaya temaram, OPPO Find X2 Pro mengandalkan Ultra Night Mode 3.0. Modus pemotretan malam hari ini bisa digunakan di semua kameranya, termasuk kamera depan.

Dengan Ultra Night Mode 3.0 ini, kamera OPPO Find X2 Pro bisa mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis mengatur setting kamera sesuai pencahayaan dan subyek yang difoto.  Ultra Night Mode 3.0 juga memiliki fitur pengurang noise canggih untuk menjaga detil foto saat dijepret pada kondisi gelap. Pada ColorOS versi 7.1, sistem AI ini telah menganalisa lebih dari 10 ribu foto untuk menyempurnakan algoritme pengurang noise.

OPPO Find X2 Pro kamera malam

Di atas kertas, tampaknya teknologi Ultra Night Mode 3.0 ini amat menjanjikan. Tapi bagaimana dengan hasil fotonya di dunia nyata? Saat mencobanya, kami cukup terkejut melihat hasilnya. Berikut contoh beberapa foto malam hari dengan Ultra Night Mode 3.0 di kamera belakang utama, tanpa penyuntingan sama sekali.

night mode

night mode

Ketiga foto di atas diambil tanpa bantuan tripod. Hasil foto terlihat tajam dengan detil dan warna yang tetap terjaga. Seperti biasa, pastikan tangan tetap stabil dan tidak berguncang terlalu berlebihan agar hasil foto lebih tajam. Ini penting mengingat modus ini membutuhkan waktu beberapa detik untuk memroses hasilnya.

Seperti disebutkan, Ultra Night Mode 3.0 juga bisa digunakan dengan kamera ultra lebar dan telephoto OPPO Find X2 Pro. Dari pengujian, ada perbedaan kualitas hasil foto. Untuk foto malam hari dengan kamera ultra lebar, hasilnya mengalami penurunan yang cukup kentara. Baik dari sisi exposure, detil hingga saturasi warna, hasil foto malam hari kamera ultra lebar Find X2 Pro masih di bawah kamera utamanya.

Berikut perbandingan kamera utama dan kamera ultra lebarnya dalam Ultra Night Mode 3.0.

Kamera utama

night mode

hp 200 g3 aio 728 yc

Kamera ultra lebar

ultra wide night mode

Namun jika pencahayaan tidak terlalu gelap, hasilnya cukup identik dengan kamera utama seperti contoh foto berikut.

IMG20200608180533

IMG20200608174903

Kamera telephoto

Tidak hanya dengan kamera ultra lebar, Anda juga bisa menggunakan Ultra Night Mode dengan kamera telephoto. Memotret dalam kondisi minim cahaya dengan kamera telephoto memang lebih menantang. Tapi ternyata Ultra Night Mode 3.0 ini amat membantu untuk menghasilkan foto tajam dan terang.

Berikut hasil foto dengan lensa telephoto Find X2 Pro, tanpa penyuntingan.

zoom 5x

OPPO Find X2 Pro

Menggunakan setting zoom 2x, hasil foto masih terlihat tajam dan penuh detil. Tidak berbeda jauh dengan hasil foto zoom 1x yang menghasilkan foto terbaik di semua kondisi. Namun melewati 2x zoom, hasil foto juga menurun drastis. Terlihat dari noise lebih banyak, detil gambar berkurang, serta efek cat air yang mulai bermunculan.

Tapi kekurangan ini hanya terlihat jika gambar diperbesar hingga ukuran 100% di layar komputer. Jika hasil foto hanya dilihat di layar ponsel, kekurangan tersebut tidak akan jelas terlihat.

Memotret jadi mengasyikkan

Setelah mengujinya selama dua bulan terakhir, kami amat puas dengan hasil foto OPPO Find X2 Pro dalam kondisi cahaya yang amat gelap. Tapi yang lebih penting, memotret dengan OPPO Find X2 Pro itu merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Kamera ultra lebar, normal, dan telephoto yang dimilikinya memiliki kualitas yang nyaris sama, sehingga pengguna tidak perlu banyak berpikir saat ingin berkarya. Dengan kamera yang handal, pengguna akan lebih berkonsentrasi menciptakan foto keren. Dan salah satu hal utama yang dituntut dari sebuah smartphone flagship ini berhasil dipenuhi OPPO Find X2 Pro.

More Stories
colorzen
Color Zen: Game Puzzle Penuh Warna Yang Menghanyutkan